Kreatif

PARIS FASHION WEEK ADALAH ACARANYA JEWEL ROCKS DAN SEAN SHEILA, BUKAN YANG LAINNYA

Tiap buka Twitter dan Instagram, isinya selalu bahas acara Paris Fashion Week dihadiri oleh brand asal Indonesia, tapi lo tau gak sih, brand yang ikut acara itu nama brand-nya apa?

title

Jagat dunia maya sempat diramaikan oleh brand-brand yang mengaku menghadiri acara Paris Fashion Week (PFW). Acara ini memang bergengsi jadi wajar aja banyak yang pengen panjat sosial (pansos) sama acara tersebut. Tanpa disadari, kehebohan yang terjadi telah mengaburkan nama brand yang seharusnya mendapatkan panggung.

Brand asal Indonesia yang menghadiri acara PFW ada dua, yaitu Jewel Rocks dan Sean Sheila. Selain mereka berdua, bisa ditebak kalau mereka itu ya sekadar ngaku-ngaku alias pansos. Namun, brand Indonesia yang mengaku ikut acara PFW ternyata banyak, dan nama-nama mereka juga familiar.

BRAND-BRAND YANG PANSOS

Yang paling bikin ramai jagat dunia maya tentu saja Geprek Bensu, padahal brand tersebut juga bukan brand fashion sebetulnya. Brand Indonesia lainnya yang mengaku mengikuti acara PFW adalah MS Glow dan Scarlett.

Brand Greenlight3Second, dan BINUS Northumbria School of Design juga ikutan pansos. Klaim yang mereka lakukan bisa disebabkan atas penilaian mereka, bahwa orang Indonesia tidak akan tahu-menahu mengenai acara tersebut. Sebetulnya cara lain buat terkenal ada banyak, gak harus bikin klaim kontroversial modelan begini.

KENALI JEWEL ROCKS DAN SEAN SHEILA

Sean Sheila yang mengikuti acara PFW adalah sebuah brand fashion yang berdiri sejak tahun 2014. Patut diapresiasi, sejak awal Sean Sheila dibentuk, mereka memang sudah mendapat banyak penghargaan.

Sean Sheila telah mendapat penghargaan New Emerging Brand of The Year, Elle Award (2016), Martel Rise Above Award, Craftmanship (2016), juga Winner of Asia New Generation Award, Malaysia and Indonesia (2014).

Lalu Jewel Rocks adalah brand perhiasan yang berasal dari Seminyak, Bali. Jewel Rocks membuat kerajinan perhiasan seperti kalung, gelang, dan cincin. Produk yang mereka buat terlihat begitu authentic.

Jewel Rocks telah berdiri sejak 2006. Produk yang dijual berasal dari bahan logam, batu mulia, dan manik-manik. Mereka juga membuat anting dan tali masker yang cantik. Produk yang dijual oleh Jewel Rocks dapat digunakan oleh perempuan maupun laki-laki alias unisex.

Kita patut bangga dengan keikutsertaan Sean Sheila dan Jewel Rocks di acara PFW. Sayang disayangkan terdapat brand-brand lain yang mengaku ikutan PFW, padahal mah gak ikut. Dengan mengklaim ikutan PFW juga, trus bikin heboh di media sosial, akhirnya cuma jadi keren di pikiran mereka sendiri.

Netizen juga akhirnya tahu mana brand yang hadir di PFW dan mana yang bukan. Mengungkap kebohongan yang udah terjadi sebetulnya bukan karena alasan benci, tapi karena netizen juga tidak suka dibohongi. 

“Awal denger berita tentang brand lokal yang ikut Paris Fashion Week, aku seneng dan bangga, sekaligus bingung sebenernya karena yang ikutan brand non-fashion,” ujar Evi Artana, product manager Froyonion Wear

“Bentuk fashion show ini masih belum jelas di bayanganku. Secara Paris Fashion Week itu acara fashion bergengsi di dunia yang menampilkan fashion product dari brand-brand fashion ternama,” tambahnya. 

Menurut Evi, walaupun brand non-fashion ini berkolaborasi dengan fashion brand lokal, pemberitaan brand non-fashion lebih dominan dibandingkan fashion brand yang berpartisipasi. Evi turut mempertanyakan kehadiran fashion influencer di acara tersebut.

“Sebagai orang Indonesia, aku juga bangga brand-brand lokal bisa go international,” terang Evi, “Tapi kalau integritas penyelenggaraan acara masih dipertanyakan, kuatir hal ini berdampak kepada Fashion Industry Indonesia ke depannya.” 

Lewat pemberitaan ini semoga masyarakat lebih kritis dalam mengelola informasi. Evi berharap Gekrafs/Kemenparekraf dan pihak-pihak yang terlibat bertindak dan memberikan informasi yang jelas terkait hal ini, demi melindungi reputasi Fashion Industry lokal di mata Internasional.

Akhir kata, selamat buat Sean Sheila dan Jewel Rocks! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung