Kreatif

NONTON SERIAL ‘YANG HILANG DALAM CINTA’ DEH, SUPAYA LO NGGAK KEHILANGAN DIRI SENDIRI DALAM BERPACARAN

Lagi bingung nyari tontonan buat nemenin makan? Coba deh nonton serial ‘Yang Hilang Dalam Cinta’. Sedih, hangat, lucu, terharu, gemes, semuanya jadi satu deh. Sekaligus, serial ini akan mengajarkan apa yang terjadi kalo kita kebanyakan mengorbankan diri sendiri dalam sebuah hubungan.

title

FROYONION.COMSatu hal yang seringkali terlewat bagi para jomblo yang pengen banget punya pacar – yaitu untuk mengakui bahwa cinta itu rumit. 

Kelihatannya emang seru sih kalo punya pacar. Tapi komitmen di baliknya adalah tanggung jawab yang sering dikesampingkan, apalagi kalo pacarannya udah punya tujuan untuk serius. Komitmen itu termasuk juga untuk belajar saling menerima, saling memahami, memaafkan, dan proses itu nggak akan pernah berhenti. 

Sering kali hal ini justru pengen dihindari. Karena bohong banget kalo bilang proses ini nggak melelahkan. Butuh kesabaran dan kerja sama dua orang untuk bisa membuat suatu hubungan berhasil. Gimana kalo proses menerima, memahami, dan memaafkan ini nggak berjalan dengan benar? 

Salah satu kemungkinannya adalah terciptanya hubungan yang toxic. Pasti sering denger dong ya sebutan ini? 

Nah, serial Yang Hilang Dalam Cinta yang  baru rilis pada 30 Juli 2022 ini juga mengangkat fenomena serupa. Tayang di Disney+ Hotstar, serial karya sutradara Yandy Laurens ini mengangkat kisah Dara (Sheila Dara) yang akan menikah dengan calon suaminya, Rendra (Reza Rahadian). 

Namun dalam persiapan menuju pernikahan, banyak pertengkaran yang terjadi di antara mereka. Rendra yang memiliki sifat temperamental, suka ‘main tangan’, dan cemburuan, sering mencurigai Dara jika ia teleponan dengan teman kerja, atau bahkan sekedar menyapa teman lama. 

Dara yang nggak cuma sekali menerima cacian, amukan, dan pukulan Rendra pun nggak bisa melawan. Ia menganggap perilaku Rendra adalah bentuk cinta kepadanya, sehingga nggak ada pilihan lain selain memaklumi. Setelah bertengkar pun, Rendra akan meminta maaf sambil mengaku khilaf sementara Dara juga akan merasa bersalah. 

Tapi beda dengan pertengkaran mereka malam itu, satu hari sebelum hari pernikahan. Lagi-lagi amarah Rendra tersulut dengan kecemburuannya sendiri. Dara kembali hanya diam dan menerima semua perkataan Rendra yang cenderung merendahkan. Hingga satu kata ini diucapkan, “Kenapa? Mau sayat-sayat tangan lagi? Sayat aja! Biar tahu rasanya sakit tuh kayak apa!”

Dara yang notabene memang punya isu kesehatan mental itu memang punya riwayat menyakiti dirinya sendiri. Rendra sebagai pacarnya, tahu semua kelamnya Dara. Ibarat Dara ini adalah ‘kotak pandora’, Rendra adalah orang yang sudah membukanya dan merasa tahu semua tentang Dara. 

Di sisi lain, Dara yang merasa insecurities-nya telah diketahui Rendra merasa bahwa ia adalah satu-satunya laki-laki di dunia ini yang mau menerimanya. Pemikiran inilah yang membuat Dara selalu memaafkan Rendra setiap ia memukulnya, selalu memaafkan cacian Rendra yang menyakiti hatinya, dan memilih untuk mengorbankan dirinya sendiri. 

Hingga, Dara pun akhirnya kehilangan dirinya sendiri. Beneran hilang tapi, alias nggak kasat mata. Hanya teman masa kecilnya, Satria, yang diam-diam selalu menyukai Dara selama ini yang bisa melihatnya. 

APA SATU KATA UNTUK MENDESKRIPSIKAN CINTA? COBA TEMUKAN DEFINISINYA DI SERIAL YANG HILANG DALAM CINTA YANG BISA LO TOTON DI DISNEY+ HOTSTAR.
Tokoh Satria dan Dara dalam serial Yang Hilang Dalam Cinta karya Yandy Laurens. (Foto: Serial Yang Hilang Dalam Cinta)

Sampe episode 4 ini sih, Dara masih ‘batu’ ya. Masih mau memperjuangkan Rendra yang jelas-jelas toxic abis. Tapi coba deh, kita tunggu kelanjutannya, Civs. 

Dari konsep ‘menghilang’ ini, sebenernya serial Yang Hilang Dalam Cinta mirip sama anime Seishun Buta Yarou atau kalo di Netflix judulnya jadi Rascal Does Not Dream of Bunny Girl Senpai. Si tokoh utama sama-sama jadi nggak kasat mata karena alasan tertentu. Ceritanya juga lumayan mirip, yaitu untuk menemukan cara supaya tokoh utama ini bisa ‘terlihat’ lagi.

Gue rekomendasi serial ini buat lo tonton, Civs. Cocok buat nemenin makan, nunggu jemputan, atau mengisi waktu luang. Alur cerita, skrip, dan pengambilan gambarnya juga bagus banget untuk kelas serial. Setelah beberapa bulan lalu serial Layangan Putus cukup membekas di hati penonton, gue rasa serial ini punya potensi untuk menunjukkan industri perfilman Indonesia ke kancah nasional maupun internasional. (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.