Kreatif

MENGULIK ILMU MARKETING MOHAN HAZIAN UNTUK THANKSINSOMNIA

Sejak 2019, brand lokal mulai lebih diperhatikan sama masyarakat Indonesia sendiri karena munculnya sebuah hastag #localpride. Sebenarnya sebelum 2019, sudah ada beberapa brand lokal clothing line, termasuk Thanksinsomnia.

title

FROYONION.COM - Thankinsomnia adalah sebuah brand clothing line dari Tangerang Selatan yang sudah berdiri sejak 2013. Mohan Hazian merintis brand ini dari bawah. Mohan sendiri mengaku otodidak menjalani bisnis ini, semua dipelajari lewat internet, mulai dari mendesain, promosi, dan lain-lain. 

Awalnya, Mohan hanya menjual produk tas, tas ransel dan tas untuk papan skateboard lalu pelan-pelan mencoba terjun menjual berbagai macam pakaian, mulai dari pakaian ujung kepala sampai ujung kaki. Sampai sekarang, nggak hanya menjual pakaian saja, Mohan juga menjual accesories dan barang-barang unik lainnya. 

Nama Thanksinsomnia sendiri Mohan mengaku mengambil dari nama akun bot Twitter, tapi sebelum itu Mohan meminta izin ke pemilik akun tersebut. Titik di mana brand ini semakin besar namanya itu pada tahun 2015-2016. Gimana sih cara Mohan mengembangkan bisnis clothing line sampai bisa di titik ini? 

Nah, mari kulik isi kepala serta ilmu marketing-nya, Civs!

1. MEMBUAT PRODUKNYA TERKESAN EKSKLUSIF

Sebagian orang pasti pernah merasakan ketemu orang random yang memakai pakaian yang sama dengan pakaian yang lagi lo pakai saat itu, kalo lagi di momen itu kadang bikin lo malu karena baju lo kembar dengan orang random. 

Produk-produk Thanksinsomnia banyak diburu anak-anak muda karena ke-eksklusif-annya, Mohan emang selalu membuat produk yang stoknya bisa dibilang nggak banyak dibanding brand-brand lain tapi stoknya yang dikit justru menjadikan produk itu menjadi eksklusif. Jadi, kalo produk itu sold out, ya udah lo nggak bisa dapetin produk itu lagi karena Thanksinsomnia jarang sekali melakukan restock produk. 

Dengan Mohan menjadikan produk-produknya menjadi eksklusif juga membuat konsumen merasa puas dan bangga saat membeli produknya karena konsumen bisa mendapatkan “pride”. Thanksinsomia sangat cocok dengan kalangan anak muda karena banyak anak muda yang beranggapan kalo beda itu keren.

2. SERING BERKOLABORASI

Thanksinsomnia sering melakukan kolaborasi dengan brand lain, mulai dari brand dalam negeri sampai brand luar negeri yang mungkin untuk tujuan cross market. Biasanya, clothing brand berkolaborasi dengan clothing brand lain, tapi Mohan beda.

Mohan nggak cuma berkolaborasi dengan sesama clothing brand, tapi juga dengan brand yang berbeda industri dengannya. Thanksinsomia pernah berkolaborasi dengan Jujustsu Kaisen, Gundam, Bleach, Batman 1966 TV Series, Indomie, Alipjon, dan masih banyak lagi.

Selain untuk cross market, berkolaborasi juga secara nggak langsung membantu nama Thanksinsomia berkembang semakin besar karena menjadi ramai dibahas di sosial media. Semakin ramai di sosial media, orang-orang menjadi semakin pengen punya produk tersebut.

3. MELAKUKAN PROMO DI TANGGAL KEMBAR DAN TANGGAL PENTING

Pernah nggak sih lo mau belanja tapi ditunda dulu sampai tanggal kembar? Di dunia per-belanja online-an, tanggal kembar adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu. Kebanyakan orang kalo pengen belanja online menunggu saat tanggal kembar tiba karena banyak brand di marketplace melakukan promo.

Memberikan diskon di tanggal kembar adalah cara yang efektif untuk menarik pelanggan, sudah dibuktikan oleh banyak owner brand yang melakukan cara itu. Selain melakukan promo di tanggal kembar, juga bisa di tanggal-tanggal penting seperti saat menjelang lebaran dan menjelang tahun baru.

4. MEMANFAATKAN SOSIAL MEDIA DENGAN EFEKTIF

Mohan menjadikan sosial media untuk salah satu bentuk promosinya. Thanksinsomnia memanfaatkan beberapa sosial media seperti Instagram, Twitter, Tiktok, dan lain-lain. Dengan membuat konten-konten yang menarik di sosial media, akun Instagram Thanksinsomnia sendiri sudah mencapai 700 ribu lebih.

Mohan menggarap konten untuk sosial media Thanksinsomnia dengan serius, seperti photoshoot dengan model-model yang menarik dan video kekinian untuk produk-produknya dengan gaya cinematic.

Selain itu, Mohan juga membuat akun Instagram khusus untuk Thanksinsomnia katalog (@thxnsmncatalog) yang digunakan untuk memposting foto katalog produk-produknya secara detail. Dengan membuat akun seperti itu, mempermudah orang-orang memilih produk dengan mudah, cepat, dan lebih yakin karena sudah melihat fotonya dengan detail.

5. MEMBUAT PRODUK-PRODUK UNIK

Sering disebut Supreme-nya Indonesia oleh netizen karena nggak stuck dengan membuat produk-produk apparel, sering juga membuat produk yang unik-unik dan anti mainstream. Dengan otak kreatifnya, Mohan selalu membuat produk yang nggak terduga.

Produk unik yang sudah di-release Thanksinsomnia itu seperti sabun, penghapus papan tulis, lompat tali, magnet, lilin, stik drum, gunting, timbangan, alat pembuka tutup botol, dan masih banyak lagi. 

Nggak banyak brand lokal yang berada di industri fashion berani menjual produk unik pernak-pernik seperti itu, tapi Mohan memilih maju untuk mengambil resiko. Kerennya, justru produk uniknya selalu sold out dan nama Thanksinsomnia semakin membesar karena diberitakan oleh beberapa media dan menjadi bahan obrolan banyak orang saat me-release produk tersebut.

Thanksinsomnia nggak cuma berjualan online di website dan marketplace, tapi juga mempunyai toko offline untuk orang-orang yang ingin membeli dan meraba bahan produknya secara langsung. Toko offline Thanksinsomnia berada di jalan Angsana Raya sektor 1.1, blok A 1/6, Tangerang.

Mohan memposisikan dirinya di Thanksinsomnia sebagai creative director. Selain menjadi creative director, Mohan juga menulis beberapa buku yaitu ‘Goresan Seorang Berandal’ dan ‘Memulai Bisnis Kecil di Internet’. Buku yang ditulis membahas tentang proses kreatif, industri kreatif, dan industri fashion.

“Aku menyukai pekerjaanku saat ini. Berjualan pakaian, membuat desain grafis, belanja bahan ke pasar, memilih warna benang, melakukan foto produk, memasarkannya dengan iklan-iklan konyol yang ada di kepalaku. Aku senang melakukannya. Aku kerjakan sebagian yang seharusnya bukan lagi aku yang mengerjakannya, karena aku menyukai dan mencintai kegiatan itu. Kegemaran yang menjadi uang adalah hal paling indah di dunia ini.” -Mohan Hazian. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadel Ahnaf

Pengamat, penikmat, serta pelaku seni.