Kreatif

LIRIK CARA KREATIF UNTUK EDUKASI KEAMANAN DIGITAL, GOOGLE INDONESIA KAMPANYEKAN P3KD DENGAN LOMBA KOMIK STRIP

Pernah takut akun Google-mu kena hack? Eits, sekarang nggak perlu khawatir lagi, Civs. Soalnya, Google punya serangkaian tips supaya kita bisa menjaga keamanan akun kita lewat komik-komik lucu yang pastinya mudah dipahami.

title

FROYONION.COM - Buat anak muda Indonesia, penggunaan internet tuh udah jadi kegiatan sehari-hari. Mayoritas anak muda pasti udah lancar banget berselancar di internet, menggunakan sosial media, hingga bisa berkreasi dan berbisnis secara digital. 

Nggak heran, kalo internet dan anak muda Indonesia itu udah kayak sohib. Ke mana-mana selalu nempel dan nggak bisa terpisahkan. 

Nah, karena itu juga sebenernya perihal keamanan digital itu penting banget untuk disadari sama anak muda. 

Pernah nggak lo mengalami peretasan akun baik itu email ataupun sosial media lainnya? Buat yang pernah, rasanya nggak enak banget kan?? 

Gue pun pernah mengalaminya. Hati deg-degan nggak karuan, keringet dingin bercucuran, dan takut banget kalo akun gue nggak bisa balik. Emang sih, bikin akun baru itu jauh lebih gampang daripada memulihkan akun yang kena hack. Tapi, khawatir banget nggak sih kalo kehilangan akun yang isinya berjuta-juta informasi pribadi kita?

BACA JUGA: HARI PRIVASI DATA: MOMENTUM BIAR LO LEBIH HATI-HATI SAMA KEAMANAN DATA PRIBADI

Keresahan ini ternyata udah disadari loh sama pihak Google khususnya Google Indonesia. Makanya, dalam upaya untuk menjaga keamanan para penggunanya serta untuk memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, Google Indonesia mengadakan kompetisi Safer with Google  yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat perihal Perlindungan Pertama Perkuat Keamanan Digital (P3KD) lewat media komik strip.

Alasan Google Indonesia mengadakan kompetisi ini adalah untuk mengemas informasi yang mungkin dirasa serius, dengan media kreatif yang dapat diterima semua kalangan yaitu komik strip. 

Dalam pelaksanaannya, telah terpilih 5 pemenang yang dinilai dapat mengemas informasi keamanan digital dengan baik lewat karya komik mereka. Kelima pemenang itu adalah Nana Maulana, Valdis Al Ghaffar, Aprizal Yogi Syaputra, Muhammad Alviandi Ryanizar, dan Ranti Amelia. 

Tim Froyonion.com juga sempet ngobrol nih sama Valdis, salah satu pemenang kompetisi ini. 

Dalam karyanya, Valdis mengangkat tema ‘Verifikasi 2 Langkah’ sebagai salah satu kiat menjaga keamanan digital dari Google. Lo sendiri mungkin udah nggak asing ya sama fitur satu ini. Pertanyaannya, udah digunakan atau belom nih? 

Nah, pesan itulah yang juga pengen disampaikan sama Valdis lewat komiknya. 

Mengambil adegan pendekar dengan menggunakan 4 warna khas Google – merah, hijau, kuning, dan biru – Valdis berhasil menyampaikan tips satu ini dengan kreatif sehingga mudah dipahami. 

“Kalo diperhatikan, ada alasan kenapa aku pake warna-warna tersebut. Contohnya kalo merah itu berarti karakternya sedang dalam bahaya. Kalo hijau artinya karakternya dalam kondisi yang tenang walaupun ada ancaman. Kuning artinya ancaman itu datang. Sedangkan biru artinya si karakter udah aman karena fitur verifikasi 2 langkah dari Google,” jelas Valdis saat ditemui tim Froyonion.com di kantor Google Indonesia pada Jumat (12/8) lalu. 

Wah, ternyata proses kreatif di baliknya cukup kompleks juga ya, Civs. 

Sehari-hari bekerja sebagai ilustrator, komikus, dan berkarya sebagai NFT artist, Valdis mengaku kalo proses pembuatan komik ini terbilang cepat – yaitu 1 minggu. Proses brainstorming dan pembuatan cerita merupakan proses yang menurutnya paling berat dibanding dengan pembuatan komik itu sendiri. 

BACA JUGA: IDE-IDE PENGGUNAAN NFT YANG BAKAL RELEVAN BUAT ORANG INDONESIA

Selain Valdis, juga ada keempat pemenang kompetisi P3KD 2022 lainnya yang karyanya bisa lo lihat di sini

ANAK MUDA INDONESIA SEPERTI TIDAK BISA DIPISAHKAN DARI INTERNET. TAPI DI SAAT BERSAMAAN, KESADARAN AKAN KEAMANAN DIGITAL JUGA MASIH PERLU DIUPAYAKAN. OLEH SEBAB ITU, GOOGLE INDONESIA MENGADAKAN INISIATIF UNTUK MENGEDUKASI MASYARAKAT LEWAT KOMPETISI KOMIK STRIP, SAVER WITH GOOGLE.
Karya lima pemenang kompetisi Safer with Google dalam upaya P3KD yang diumumkan pada Jumat (12/8) lalu. (Foto: Image Dynamics/Adita Putri)

Inisiatif Google Indonesia ini diharapkan dapat menjadi langkah kreatif untuk bisa memberikan edukasi keamanan digital kepada masyarakat. Ke depannya, mereka akan terus melirik dan mencari tahu tren-tren digital lainnya yang dapat dinikmati oleh semua kalangan seperti komik strip ini. 

Selain itu dengan adanya acara ini, Google Indonesia juga ingin memberdayakan insan-insan kreatif Indonesia seperti para ilustrator dan komikus yang terlibat untuk dapat berkarya dengan bebas dan aman di internet. (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.