Kreatif

KENAPA IDE KREATIF SUKA DATANG SAAT KITA DI KAMAR MANDI?

Kalian pernah ngalamin gak sih, tiba-tiba dapat ide kreatif sewaktu lagi di kamar mandi? Gagasan atau ide kreatif akan datang kepada kita, di saat pikiran kita mengalir bebas. Berdasarkan studi, otak kita bakalan encer di saat kita tidak banyak diatur.

title

FROYONION.COM - Di saat kita terlalu fokus dengan pekerjaan, tentu terkadang kita merasa suntuk. Seakan kehabisan ide dan akhirnya cuma buang-buang waktu. Bukannya ngeliat laptop, tapi malah laptop yang ngeliatin kita. Lu sendiri akhirnya jadi gak produktif dan cuma mainan hape. Hal kayak gini gak bisa dibiarin. Berikut bakal kita baca bareng-bareng caranya biar kita gak terus-terusan kontra-produktif.

Mengutip dari Forbes, studi saraf terbaru dalam Psychological Research menjelaskan, bahwa otak kita bakalan lebih encer ketika ia dibiarkan bebas. Dengan begitu, pikiran kita menjadi lebih terbuka, jernih, juga kreatif. Maka dari itu, kadang di saat kita lagi di kamar mandi atau sedang mencuci baju, tiba-tiba suka dapat ide buat ngetweet atau dapet ide buat bikin karya yang entah dari mana datangnya.

Nyari ide itu butuh keleluasaan. Kalo kata Fannie Flagg, “Jika Anda mengurung makhluk liar, dia akan mati.” Fannie Flagg ini seorang aktris, penulis, sekaligus komedian asal Amerika. Dalam kalimatnya, dia mengibaratkan pikiran itu kayak makhluk liar. “Tapi jika dibiarkan bebas, dia akan datang.” Makanya kadang ide kreatif datang di saat kita lagi nyabutin rumput, atau lagi bengong ngeliat ke luar jendela.

Pengetahuan bahwa ide bisa datang di saat pikiran kita mengalir bebas dapat diterapkan di lingkungan kerja juga. Lingkungan kerja yang memberikan keleluasaan kepada karyawan dinilai berdampak baik bagi fisik dan kesehatan mental karyawannya. Hal tersebut juga dapat berdampak baik pada produktivitas karyawan dan keuntungan perusahaan.

Karyawan membutuhkan kesempatan dan ruang untuk bergerak, istirahat, juga sekadar “cari angin” di luar kantor. Mereka, para karyawan, harus dapat bertukar pikiran dan menuangkan ide di dalam rapat, tanpa takut ditegur dan merasa dihakimi.

Hal ini berkaitan dengan pentingnya jam istirahat bagi para karyawan. Pada jam kosong tersebut, karyawan memiliki keleluasaan dalam menenangkan pikiran. Mereka memiliki waktu untuk sekadar memerhatikan pepohonan, berjalan-jalan, ataupun untuk membuat segelas kopi. Dengan begitu, pikiran menjadi lebih mengalir dan ide-ide kreatif dapat terlahir.

Studi baru dari Ergotron menunjukkan, bahwa model tempat kerja yang ergonomis (menjamin kenyamanan) dapat menunjang kesehatan dan kebugaran. 75% responden menunjukkan bahwa keseimbangan kerja dan kehidupan, atau yang biasa disebut dengan work life balance, turut menunjang produktivitas mereka dalam bekerja.

Penulis utama studi terbaru, seorang ilmuwan saraf bernama Dr. Barbara Händel dari Julius-Maximilians-Universität Würzburg di Jerman, memberikan sebuah contoh tekanan atau paksaan kepada karyawan, seperti ketika karyawan dibuat terlalu fokus menatap layar komputer. Handel mengungkapkan pentingnya kebebasan dalam bekerja. “Yang penting adalah kebebasan untuk bergerak tanpa kendala eksternal,” kata Händel. 

Kebebasan inilah yang jadi faktor dalam menemukan ide-ide kreatif. Karena mendapat kebebasan, makanya kita bisa aja dapet ide-ide kreatif di jam istirahat, di kamar mandi, bahkan di waktu solat. Yang gak kalah pentingnya nih ya. Jangan lupa dicatat begitu kalian menemukan ide, biar gak lupa. (*/)

BACA JUGA: METODE NARASI: MENGASAH KREATIVITAS BIAR LO JADI LEBIH KREATIF LAGI

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung