Kreatif

GOOGLE SKILLSHOP: SERTIFIKASI GRATIS DARI GOOGLE YANG BISA DIPAKAI MELAMAR KERJA FREELANCE

Bermodalkan sertifikasi gratis dari Google, lo bisa memperbesar peluang untuk kerja freelance di berbagai high demand jobs.

title

FROYONION.COM - Era digital bisa dibilang sebagai era yang kompetitif banget, terutama buat urusan melamar pekerjaan. Ada banyak sertifikasi yang memungkinkan lo untuk mempelajari skill baru, salah satunya lewat Google Skillshop, memberikan kesempatan buat young adults untuk bisa berkembang dan berkarier – bahkan di bidang yang belum pernah dicoba sebelumnya.

Sertifikasi yang bisa lo ikuti secara gratis ini menyediakan bermacam product training dari Google. Mulai dari Google Ads, Google Marketing Platform, Google My Business, Analytics Academy, sampai Android Enterprise Academy.

Berbagai macam course yang ada di Google Ads Manager skillshop. (Sumber: Google)
Berbagai macam course yang ada di Google Ads Manager skillshop. (Sumber: Google)

Salah satu sertifikasi yang cukup menggiurkan untuk diikuti adalah Google Ads Manager. Dikutip dari glassdoor, rentang gaji / upah dari seorang Ads Manager berkisar antara $56K – $157K per tahunnya, setara dengan Rp839 juta – Rp2,3 miliar, Civs, tergantung dari pengalaman yang lo punya. Fantastis banget yak upahnya di luar negeri, hehe.

Untuk mengambil sertifikasi Ads Manager, cukup sign-in ke akun Google, kemudian masuk ke link ini. Nantinya, lo akan disajikan dengan silabus pembelajaran, untuk sertifikasi Ads Manager, berbagai course-nya rata-rata akan berlangsung selama 1 – 5 jam dan bisa ‘dicicil’. Cocok banget buat para pekerja muda untuk ambil sertifikasi pas weekend.

Sertifikasi ini level-nya dari beginner – intermediate yak, Civs. Lo nggak butuh keahlian khusus ataupun pengalaman di bidang tertentu untuk bisa ikutan. Cukup butuh waktu luang dan kemauan untuk belajar yak, dan pastiin bahwa lo mengambil course dari yang beginner dulu biar berurutan. Khusus untuk Ads Manager, bakalan ada assesment di bagian ‘Build a First-Party Data Strategy with Google Ad Manager’. Pastiin lo ikutin sertifikasinya dengan seksama dan teliti!

BACA JUGA: SETUJU GA KERJA ITU NGGAK USAH TERLALU NGOYO, SEADANYA AJA YANG PENTING DIGAJI?

Kenapa sertifikasi dari Google cukup membantu buat mendapatkan kerja sebagai freelance?

Berbagai skills ini memungkinkan lo untuk ‘memasarkan’ jasa sebagai seorang profesional, Civs. Banyak bisnis dan UMKM di era digital yang membutuhkan pakar di bidang pemasaran / periklanan untuk membantu mengkampanyekan produknya. Bahasa kerennya sih, ini tuh salah satu high demand jobs.

Nantinya, ketika lo lulus dari program ini, lo bisa menyantumkan sertifikasinya di resume atau CV lo, lumayan banget kan, bisa meningkatkan kesempatan lo untuk di-hire sama client baik dari dalam maupun luar negeri.

Tapi, ada baiknya lo membuka jasa volunteer – atau project kecil-kecilan untuk teman-teman atau lingkungan terdekat sebelum lo terjun langsung memasarkan jasa lo secara komersil, Civs.

Alasannya, kebanyakan client atau user butuh pekerja yang punya pengalaman dalam menangani project-project di ‘nyata’. Sertifikasi yang lo ikuti bagi sebagian perusahaan masih belum bisa dianggap cukup untuk membuat lo dianggap profesional. 

Untuk itu, pengalaman dalam meng-handle project secara nyata masih sangat dibutuhkan, kecuali lo kenal dekat dengan si client, atau punya ‘ordal’ yang bisa membawa lo dengan perusahaan tertentu, itu beda cerita.

Oiya, pembelajarannya juga menggunakan bahasa Inggris yak, Civs. Sejak dirilis tahun 2019 lalu, materi sertifikasinya memang belum mendukung bahasa Indonesia. Tapi, jangan patah semangat yak, belajarnya pelan-pelan aja dan anggap ini sebagai peluang untuk belajar, karena mana tahu, client lo nantinya dari luar negeri juga.

Tapi, terlepas dari kekurangan sertifikasi ‘gratis’ ini, nggak ada salahnya untuk tetap ikutan dan memperbesar peluang lo untuk menambah pundi-pundi percuanan, kan~ (*/)

BACA JUGA: INTERVIU KERJA SANA-SINI TAPI BELUM ADA YANG LOLOS? MUNGKIN LO MELUPAKAN HAL YANG SATU INI

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.