Kreatif

GIATKAN INDUSTRI KREATIF, KEMENPAREKRAF GELAR WORKSHOP FILM PENDEK DI MANDALIKA

Nama Mandalika akhir-akhir ini sering disebut oleh media. Tak heran karena pemerintah sedang gencar banget menggiatkan nggak cuma sektor pariwisata tapi juga industri kreatif di sana.

title

Pemerintah makin giat dalam mendorong perkembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Mandalika. Setelah publisitas besar-besaran soal Sirkuit Mandalika dan kunjungan para pebalap internasional buat persiapan event bergengsi “MotoGP Mandalika 2022”, kini pemerintah menggelar event workshop AKSILIRASI, yang memfasilitasi para peminat industri film untuk mempelajari seluk-beluk film pendek di Mandalika tanggal 3 sampai 5 Maret lalu.

Dilansir dari Antara News, workshop film pendek ini ingin meningkatkan daya saing Indonesia dalam kancah persaingan film pendek dunia.

AKSILARASI ini adalah sebuah program yang melatih dan memberikan bimbingan bagi sejumlah komunitas kreatif lokal terutama komunitas yang berada di sekitar 4 tujuan wisata super prioritas yakni Mandalika, Labuan Bajo, Borobudur, dan Danau Toba.

Diharapkan dengan adanya program sejenis ini, perkembangan produksi konten kreatif di negara kita juga bakal naik. Dan pada gilirannya akan memacu pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia yang bisa membantu memulihkan perekonomian nasional pasca pandemi.

Workshop ini bagian dari tahap inkubasi  program AKSILIRASI di sub-sektor film di Mandalika. Sebelumnya tahap pertama sudah usai di tahun 2021. Di tahap awal ini digelar produksi film pendek oleh komunitas-komunitas dalam negeri, demikian menurut pernyataan Mohammad Amin, Direktur Musik, Film dan Animasi di Kemenparekraf.

Di tahap kedua, diadakan workshop-workshop sejenis untuk memperkaya khasanah film pendek dalam negeri.

Di inkubasi tahap kedua, para peserta workshop akan diberikan kajian media agar mereka dapat memahami lebih dalam konsep dan tujuan proses produksi film  pendek. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Akhlis

Editor in-chief website yang lagi lo baca