Viral

SIRKUIT MANDALIKA BIKIN PEMBALAP SULIT BEDAKAN LIBURAN DAN KOMPETISI

Lagi rame nih Civs soal balapan di Sirkuit Mandalika, banyak pembalap yang komentar soal aspalnya yang kurang bagus, lintasan yang nggak dibuat mudah menyalip dan lain sebagainya. Tapi menurut gue, mereka pasti puas sama keindahan alamnya dan orang-orang Indonesia yang ramah hehe.

title

FROYONION.COM – Memang ya wilayah timur Indonesia selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi turis dalam negeri maupun luar negeri. Keindahan alam yang tersaji bak surga tersembunyi. Bagi yang sudah menyempatkan ke sana mungkin ingin tinggal lebih lama. Rasanya nggak pengen waktu cepat berlalu. Apalagi sekarang jadi perhatian dunia gara-gara ada sirkuit terindah.

Nah Indonesia telah resmi kembali jadi tuan rumah pagelaran kuda besi nih, setelah 25 tahun puasa. Terakhir sirkuit yang dipake balapan MotoGP itu di Sentul, Bogor tahun 1997. Sekarang Sirkuit Mandalika nih bakal dipake buat balapan MotoGP 2022.

Sebelum MotoGP digelar pada 6 Maret 2022 nanti, para pembalap mengikuti tes pramusim. Selain untuk menemukan lebih banyak tentang mesin baru, pembalap juga diminta menjajal setiap sirkuit yang ada.

Pas banget, Sirkuit Mandalika masuk kategori sirkuit yang dijajal pembalap-pembalap dunia. Ada Marc Marquez, Fabio Quartararo dan kawan-kawan lainnya. Sayang banget, Valentino Rossi pensiun sebelum menjajal Sirkuit Mandalika.

Para pembalap dikasih kesempatan nih buat menjajal aspal Sirkuit Mandalika pada 11-13 Februari 2022 kemarin. Kesempatan itu nggak disia-siakan dong. Malah mereka sangat bersemangat menjajal sirkuit baru. Alih-alih menjajal, mereka nampaknya liburan singkat Civs. Siapa yang nggak mau kan, kerja sambil liburan?

KOMPETISI RASA LIBURAN

Dan benar saja, ketika para pembalap tiba di Lombok, mereka langsung jalan berkeliling sekitar area sirkuit. Keseruan mereka pun dibagikan dalam akun media sosial. Bahkan foto-foto mereka sampai mengundang tawa dan perhatian para pengikutnya, termasuk netizen Indonesia.

Mulai dari pembalap yang meniru emak-emak bonceng 4 penumpang naik motor, sampai berfoto ria di pantai seperti yang dilakukan Alex Marquez, Marc Marquez dan Fabio Quartararo. Ada juga yang memilih berendam air es di tong sampah seperti Alex Rins.

Tes pramusim ini seperti liburan buat mereka, belum lagi Sirkuit Mandalika yang menyuguhkan pemandangan bukit-bukit padang rumput tepat di sejumlah sisi lintasan. Jika dilihat melalui udara, begitu dekatnya lintasan sirkuit dengan bibir pantai berwarna biru.

Kayaknya penyelenggara sengaja menutup tes pramusim MotoGP di Indonesia, sekaligus menyuguhkan para pembalap untuk berwisata hehe. Dan mereka benar-benar memanfaatkan waktu di Lombok sebelum awal race MotoGP 2022 di Qatar.

DAPAT PUJIAN SELANGIT

Nah setelah tes MotoGP Mandalika selesai, beberapa tim MotoGP mengunggah dan memuji keindahan alam di area sirkuit nih Civs. Seperti yang dilakukan tim Ducati mengunggah sebuah cuplikan gambar disertai tulisan.

Dalam video yang ditayangkan di Instagram Ducati Corse menampilkan titik-titik sirkuit yang bersisian dengan tepi laut. Sembari dengan video pendek itu, Ducati juga menampilkan tulisan singkat dalam bahasa Inggris dan Indonesia.

"Paradise on Earth? Kami cinta, Indonesia! See you soon #MandalikaTest," tulis akun tersebut.

Nggak cuma tim dari MotoGP Civs, pembalap Suzuki, Alex Rins juga bilang bakal nggak sabar buat balik lagi ke Mandalika. Dia katanya dapat pengalaman yang menyenangkan selama berada di Lombok. Terlihat dari akun Instagram Alex Rins yang banyak membagikan momen menikmati suasana di Mandalika.

“Sirkuit Mandalika sangat keren. Saya tidak sabar untuk menunggangi sepeda motor di sini," tulis Rins dikutip CNN Indonesia.

Pujian juga disampaikan oleh akun media sosial resmi MotoGP yang dikelola Dorna Sport. Mereka mengunggah foto dan cuitan tentang Pertamina Mandalika International Street Circuit yang disebut sebagai sirkuit terindah di dunia.

Oiya Civs, buat lo yang belum tahu, Sirkuit Internasional Mandalika ni dibangun dipinggir pantai, di daerah Kuta Mandalika yang mungkin 4 atau 5 tahun yang lalu lebih dikenal dengan daerah Pantai Seger setelah Pantai Kuta dan sebelum Tanjung Aan.

PEMBALAP BANYAK BAGIKAN KEINDAHAN ALAM LOMBOK

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga ikut memberikan pujian tentang Sirkuit Mandalika nih. Dia bilang kalau keindahan alam Mandalika dan semangat pelaku UKM, telah berhasil menghipnotis pembalap untuk menikmati pulau Lombok.

“Keindahan Mandalika dan semangat pelaku UKM dalam mengelola wisata di Mandalika membuat pembalap sulit membedakan antara balapan atau sedang liburan,” tulis Sandiaga melalui akun Instagram @sandiuno

Gimana nggak ya? Pembalap lebih banyak mendapat perhatian ketika mereka membagikan momen menikmati keindahan alam Lombok, daripada momen mereka saat tes pramusim hehe.

Tapi Civs, ternyata penyelenggaraan di Sirkuit Mandalika ini sempat dikhawatirkan loh sama legenda MotoGP, Mick Doohan. Waktu itu dia menghadiri pre-launching Mandalika Grand Prix Association pada 23 September 2021, ketika dia lihat sekitar area, saat itu juga Mick bilang khawatir dengan aktivitas pembalap kalau digelar di Lombok.

"Saya takut pembalap tak bisa membedakan mana balap, mana liburan. Karena konsep Sirkuit Mandalika ini bisa dibilang wisata balapan," ujarnya dikutip Antara.

Dan perkataan Mick terbukti, pembalap sepertinya nggak bisa bedakan mana balapan dan mana liburan. Sebab mereka akan disuguhi keindahan alam yang luar biasa indah.

"Jadi di sini pembalap, penonton dan semua yang terlibat dalam MotoGP Mandalika ini bisa menikmati suasana konsep sirkuit yang menempel dengan pantai ini," kata dia.

Wah sepertinya para pembalap benar-benar sedang liburan ya Civs. Mereka sungguh menikmati setiap momen di sana. Menurut lo gimana, Sirkuit Mandalika cocok nggak nih buat balapan? (*/Photo credit: Maxcimilian Arcello)

BACA JUGA: PAWANG HUJAN MANDALIKA: MALU ATAU MALAH BANGGA?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Abdurrahman Rabbani

Cuma buruh tinta yang banyak cita-cita.