Kreatif

DESTINASI WISATA POPULER BUAT ‘HEALING’-NYA ANAK MUDA: DARI BEKASI SAMPE LAOS!

Zaman sekarang anak muda Indonesia suka nyebut jalan-jalan dengan sebutan ‘healing’. Kenapa dah? Emang apa yang disembuhin? Kalopun ada yang mau disembuhin, emang bisa dengan jalan-jalan?

title

FROYONION.COMHealing. 

Menurut Google Translate sih artinya sembuh, penyembuhan, pengobatan, atau malah mujarab. 

Kalo kata Cambridge Dictionary, healing artinya proses untuk jadi sehat setelah sakit atau membuat seseorang jadi merasa lebih baik. 

Tapi kalo kata anak muda Indonesia, khususnya yang berdomisili di Jakarta Selatan kali yah, healing mah artinya jalan-jalan! 

Healing ke Bandung, ke Bogor, ke Garut, ke Labuan Bajo, atau bahkan Papua sekarang lagi nge-tren banget. Bermacam-macam destinasi wisata udah masuk ke dalam itinerary liburan, apalagi tempat-tempat yang belom banyak orang ketahui alias hidden gem! 

Pas banget nih, hari ini (27/9) dunia lagi merayakan Hari Pariwisata Sedunia, Civs. Berbarengan dengan hari spesial ini, Google juga meluncurkan fitur terbaru yang bisa membantu kita untuk nyari destinasi wisata yang unik dan seru. 

Fitur itu dinamakan Destination Insights yang bisa diakses oleh seluruh kalangan. Dalam fitur tersebut, kita dapat mengetahui pencarian terpopuler untuk destinasi wisata berdasarkan lokasi, tipe perjalanan, dan tanggal. 

Lewat fitur ini, sektor pariwisata di seluruh dunia khususnya Indonesia dapat diperbantukan dengan data-data yang diberikan oleh Google. Terlebih karena sektor pariwisata telah mengalami masa-masa yang cukup sulit saat pandemi karena orang-orang nggak bisa liburan ke mana-mana. 

Tapi sejak tahun 2021 lalu, pencarian kata ‘healing’ naik hingga lebih dari 500%, yang artinya banyak orang butuh liburan. Melihat yang viral adalah kata ‘healing’ dan bukan ‘liburan’ aja, bisa dilihat juga kalo kemungkinan yang butuh liburan adalah anak-anak muda. 

Termasuk lo juga kan? Hayo ngaku… 

Uniknya setelah ‘puasa’ liburan selama pandemi, destinasi wisata yang banyak dicari oleh orang Indonesia bukan lagi yang menawarkan wisata mewah. Tapi justru wisata yang berbau alam, unik, dan terpencil. 

Hmm.. Boleh juga ya selera anak muda Indonesia buat nyari tempat liburan? 

Destinasi wisata yang dimaksud adalah beberapa desa wisata di Indonesia seperti Desa Wisata Penglipuran di Bali yang mendapat penghargaan sebagai Desa Wisata Terbersih ke-3 di dunia, lho! Udaranya yang sejuk dan lingkungannya yang asri emang bisa banget manjain mata yang tiap hari liat layar gadgets dan kemacetan ibu kota, Civs. 

BACA JUGA: HIDUPKAN KEMBALI DESA WISATA KULON PROGO LEWAT PAMERAN EKONOMI KREATIF DI YIA

Selain Bali, beberapa destinasi wisata di Indonesia yang dulunya jarang dilirik juga. Seperti Lombok, Singkawang, Danau Toba, dan Ijen. Kebetulan Froyonion juga pernah nih jalan-jalan ke Kawah Ijen. 

Emang sih, indahnya Kawah Ijen itu unik dan bisa ngasih pengalaman yang nggak bakal didapatkan di tempat lain. 

Kalo lo juga pengen liburan ke Kawah Ijen juga, coba intip dulu petualangan kita di sana lewat video ini, Civs. 

Nah, tapi ternyata ada nih satu destinasi wisata lokal yang nggak disangka-sangka, yaitu Bekasi! Iya, Bekasi yang katanya panas banget dan jauhnya udah melebihi Bumi ke Mars itu. 

Kalo dicek di Destination Insights, pencarian Bekasi sebagai destinasi wisata bahkan ada di atas Lembang yang notabene banyak tempat-tempat menarik untuk dikunjungi. Wah, jadi penasaran sebenernya ada apa sih di Bekasi? 

Ternyata setelah ditelusuri, banyak juga destinasi wisata alam di Bekasi. Seperti Curug Parigi, Camping Ground Kalam Kopen, dan Taman Rusa Kemang Pratama. Destinasi-destinasi inilah yang anak muda Indonesia sebut sebagai hidden gem yang cocok untuk healing, Civs. 

Hasil penelusuran yang mencengangkan juga muncul kalo kita cari destinasi wisata luar negeri. Kalo yang mainstream kayak Amerika, Jepang, dan Korea tentunya udah ketebak lah ya. 

Tapi tahu nggak, kalo Kota Vientiane di Laos juga banyak diminati sebagai destinasi healing

BACA JUGA: CARA ANTI ‘MAINSTREAM’ MENIKMATI LIBURAN DI PANTAI AGAR LEBIH BERKESAN

Negara Asia Tenggara satu ini emang kurang populer kalo dibandingin sama Singapura dan Malaysia sebagai destinasi wisata. Tapi siapa sangka, kalo Laos punya banyak hidden gem yang sangat digemari anak muda Indonesia. 

Kalo lo punya rezeki lebih, boleh deh kunjungi Kota Vientiane, ibu kota Laos. Arsitektur kota ini ada udah unik banget karena nyampur sama arsitektur Perancis dan kentalnya penganut Buddha di sana. 

Di Vientiane lo juga bisa nemuin banyak kafe yang aesthetic dengan menu yang enak-enak. Seperti Cafe Once Upon A Time yang mengangkat tema Disney Princess pada dekorasi dan mural kafenya. Menu-menu di kafe ini juga banyak menuai pujian sehingga kafe ini dapet julukan ‘best cafe in Laos’, Civs. 

Suasana Cafe Once Upon A Time di Laos yang bernuansa rustic dengan dekorasi Disney Princess yang ramai digandrungi wisatawan lokal maupun internasional. (Foto: Trip Advisor)
Suasana Cafe Once Upon A Time di Laos yang bernuansa rustic dengan dekorasi Disney Princess yang ramai digandrungi wisatawan lokal maupun internasional. (Foto: Trip Advisor)

Tapi kalo kafe yang unik dengan makanan enak dirasa biasa aja, coba liat dulu deh harga menunya

Di Laos, nongkrong di kafe sampe rambut lo beruban juga paling cuma ngabisin Rp8.000-Rp52.000 rupiah aja! Murah bener kan? Pantes aja jadi hidden gem-nya wisatawan. 

Sekarang jadi nggak heran kenapa Laos jadi salah satu destinasi ‘healing’ yang populer di kalangan anak muda Indonesia. 

Mumpung lagi tanggal-tanggal gajian, coba ke Tiket.com buat dapet promo menarik untuk akomodasi ‘healing’ di Hari Pariwisata Sedunia ini!

Jadi pengen ‘healing’ juga deh. Ke Jababeka kali ya? (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.