Kreatif

DARI SIRUP SAMPAI KE CAT BANGUNAN: BERAGAM IKLAN-IKLAN ANTI MAINSTREAM YANG MUNCUL DI BULAN RAMADAN

Bulan Ramadan nggak cuma jadi ajang memperbanyak pahala, tapi juga jadi ajang buat para brand untuk bikin iklan yang unik. Kira-kira, iklan apa aja yang anti mainstream di bulan Ramadan tahun ini, Civs?

title

FROYONION.COM - Kalo udah masuk bulan Ramadan kayak sekarang, biasanya brand berlomba-lomba buat cepet-cepetan bikin iklan yang menarik tentang produknya, baik di TV atau di media sosial. Beberapa di antaranya malah cuma ngiklan setahun sekali – atau mungkin setahun dua kali, dan itu cuma pas Ramadan aja (bisa dihitung jari lah frekuensi ngiklannya).

Treatment iklannya pun biasanya mirip-mirip ya, Civs. Ada produknya, ada talent iklannya, terus set lokasi dan wardrobe yang tinggal dibikin tema Ramadan aja. Kalo produknya FnB (makanan dan minuman), biasanya ada keluarga yang duduk di meja makan sambil nungguin suara bedug dan azan, terus akhirnya mereka buka puasa bareng sambil senyum-senyum gitu ke produknya.

Terus biasanya ada juga yang tema iklannya di jalan raya yang lagi macet dengan latar sore menuju Magrib. Pas ada suara azan, tiba-tiba langsung ada produk makanan atau minuman yang muncul dan langsung disikat sama si talent, juga masih sambil senyum-senyum ke arah produk itu.

Yak, bagaimanapun juga, yang namanya iklan tentunya bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk, selain itu, tujuan iklan juga mempertegas bahwa produk itu memang relevan dan dipakai sama banyak orang terutama di bulan puasa, terlepas dari iklannya yang terlihat ‘klise’ atau mirip-mirip sama iklan brand lainnya.

Tapi, seiring digitalisasi yang terasa makin cepat, dan juga SDM di bidang periklanan yang semakin kritis dan kreatif, iklan-iklan ini mulai jadi makin unik dan makin nggak bisa ditebak arahnya. Terkadang ada iklan yang bahkan si produknya pun baru muncul di akhir-akhir aja, cuma nampak beberapa detik aja tapi cukup ampuh buat bikin penonton bilang “Gila, keren banget”.

IKLAN SIRUP MARJAN BISA JADI SAINGAN FILM MARVEL

Bulan puasa belum lengkap rasanya kalo belum ada iklan sirup yang satu ini. Biasanya menjelang Magrib, iklannya Marjan selalu muncul hampir di tiap stasiun TV nasional, bikin kita secara nggak sadar mengasosiasikan Marjan dengan sirup yang pasti diminum hampir semua orang setiap lagi buka puasa dan lebaran.

Uniknya, iklan Marjan punya cerita yang beda-beda tiap tahunnya. Tahun ini, Marjan punya tema iklan yang heroik, mengisahkan tentang Dewi Sri Sang Pelindung bersama warga desa di ‘Lembah Ajaib’ yang bersiap menyambut panen raya.

Layaknya cerita superhero pada umumnya, Dewi Sri harus dihadapkan dengan seorang villain yang bernama Kala Wereng dan pasukannya yang berniat merampas hasil panen dari desa tersebut.

Yang bikin keren dari iklan ini adalah VFX-nya, Civs. Totalitas dan keren banget, vibes-nya berasa lagi nonton film ‘Doctor Strange’. Tapi nggak lupa, placement dari produk juga tetap ada di akhir video. Totalnya, ada sekitar 3 episode yang saling bersambung. Untuk lengkapnya, bisa lo tonton di kanal YouTube Marjan yak.

KHONG GUAN DENGAN VIBES ALA MAKOTO SHINKAI

Produk yang satu ini juga erat banget kaitannya sama momen lebaran. Hampir setiap keluarga yang ngerayain lebaran pasti terpampang kaleng Khong Guan di rumahnya. Kalo lagi hoki, biasanya isinya beneran biskuit, tapi kalo nggak hoki, ya isinya perlengkapan jahit.

Nggak kalah sama Marjan, iklan Khong Guan juga punya treatment yang unik dari beberapa tahun ke belakang. Salah satunya dengan merilis iklan dengan versi anime.

Meskipun bentuknya anime, tapi tetap bernuansa kelokalan khas keluarga Indonesia. Iklan yang berjudul “Sebuah Kenangan Manis” mengisahkan tentang sebuah keluarga yang nggak bisa merayakan lebaran bersama karena adanya pandemi, tetapi tetap bisa mengenang momen kebersamaan mereka lewat biskuit Khong Guan..

Gaya anime-nya juga mirip sama gaya yang digunakan Makoto Shinkai, yang pernah menciptakan film animasi berjudul “Weathering With You”. Menyegarkan mata banget deh rasanya iklan yang satu ini.

NIPPON PAINT NGIKLAN DI BULAN PUASA? KAYAK GIMANA TUH BENTUKNYA?

Kalo iklan yang ini, bisa dibilang sangat kreatif, Civs. Sebuah brand cat bangunan membuat sebuah iklan yang bertemakan Ramadan, kayak gimana tuh?

Jadi, Nippon Paint membuat iklan yang mempromosikan beragam warna cat mereka dan diasosiasikan dengan berbagai suasana atau keadaan yang biasanya terjadi di bulan Ramadan.

Lewat iklan itu, contohnya mereka membuat penamaan cat berwarna hijau dengan kalimat “Lembut Hijau Bolu Pandan-mu”, warna oranye dengan kalimat “Hangat Kuning Mentari Cahayamu”, dan berbagai warna lainnya, juga dengan menyertakan kode warna cat supaya calon pembelinya jadi lebih mudah pas mau membeli cat dengan warna yang serupa di toko bangunan.

Untuk video lengkapnya, bisa lo cek dalam playlistTren Warna Ramadan” di kanal YouTube Nippon Paint Indonesia.

Nah, menurut lo, selain 3 brand di atas, iklan apa lagi yang unik dan tergolong anti mainstream di bulan Ramadan kali ini, Civs? Coba komen di kolom komentar di bawah yak! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.