Kreatif

BELAJAR MARKETING DARI IKLAN MARJAN CINEMATIC UNIVERSE

Beragam iklan mulai bermunculan ketika mendekati bulan Ramadhan. Termasuk iklan yang paling ikonik di TV yaitu Marjan. Kenapa Sirup Marjan seniat itu bikin iklan?

title

FROYONION.COM - Setiap Ramadhan dan menjelang Idul Fitri maka minat masyarakat untuk berbelanja akan semakin melonjak. Nah, Sirup Marjan sudah pasti nggak akan ketinggalan mengambil momen ini dong?

Siapa yang nggak kenal dengan brand Sirup Marjan? Brand yang terkenal karena sangat jarang mengeluarkan iklan, namun ketika diproduksi hasilnya sangat totalitas. Setiap tahun perkembangan iklan Marjan pun semakin menarik. Bahkan tahun ini masyarakat banyak takjub dengan konsep iklan yang diberikan sampai memberi title MCU atau "Marjan Cinematic Universe".

BACA JUGA: KRITERIA IKLAN BAGUS MENURUT YOUTUBE DAN 3 CARA CUAN LEWAT YOUTUBE

Iklan Marjan
Sumber: 1cak

Sebenarnya apa sih alasan Marjan sangat jor-joran mengeluarkan iklan setiap bulan Ramadhan ini?

Gue pun sempat berkelakar, "Apa mungkin budget marketing dan iklan setahun penuh difokuskan untuk iklan brand Sirup Marjan setiap menjelang Ramadhan dan Idul Fitri?"

Oke, kita balik lagi.

Sirup Marjan Boudouin telah dibuat sejak 1975 dan berhasil bertahan melalui berbagai badai ekonomi yang menerjang. Strategi brand marketing yang dilakukan oleh Marjan cukup menarik. Sebuah konsep iklan berseri berupa film pendek dengan konflik kehidupan sehari-hari dengan dibumbui intrik pertarungan, kostum-kostum yang menarik dan pesan "moral". 

Sirup Marjan tahu betul bahwa penjualan produk akan meningkat tajam pada masa bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Tapi tahun ini, sirup Marjan Boudouin berani melakukan gebrakan yang luar biasa. Marjan menggunakan CGI dalam iklan mereka. Sebuah visual dan plot yang menarik dan unik sekelas layar perak.

STRATEGI MARKETING MARJAN

Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita pelajari konsep strategi marketing yang dilakukan sirup Marjan Boudouin sebagaimana disarikan dari Marissa, dkk. Dalam buku Strategi Pemasaran:  2022)!

1. Segmentasi Pasar

Setiap orang memiliki kebiasaan dan kebutuhan yang berbeda. Perusahaan harus mampu menemukan niche dan klasifikasi pasar yang cocok dengan produk yang ditawarkan. Dalam hal ini, sirup Marjan Boudouin sudah jelas menargetkan pasar masyarakat yang berpuasa pada bulan Ramadhan dan erat dengan budaya Takjil sebagai salah satu hidangan berbuka puasa.

2. Market Positioning

Mirip dengan penjelasan sebelumnya, market positioning adalah strategi brand untuk memperkuat penetrasi produknya terhadap target market. Contohnya brand sirup Marjan yang menggencarkan iklannya karena tahu kebutuhan orang-orang terhadap takjil untuk berbuka puasa sekaligus budaya menjamu tamu ketika hari raya.

3. Market Entry Strategy

Strategi perusahaan untuk memasuki segmen pasar tertentu bahkan memperbesar pasar. Sebagai contohnya, strategi marketing Marjan Boudouin tahun ini yang menggunakan gebrakan baru sehingga ramai dibicarakan oleh anak muda. 

4. Marketing Mix Strategy

Merupakan kumpulan variabel untuk mempengaruhi pemikiran konsumen terhadap produk atau brand. Misalnya dengan mengoptimalkan keunggulan produk, harga, target market dan ikatan emosional hingga menghasilkan konsep iklan yang meledak di pasaran.

5. Timing Strategy

Nah ini dia kunci brand campaign dari sirup Marjan. Pemilihan waktu dalam melakukan pemasaran perlu dipikirkan matang-matang atau dapat dikatakan Seasonal Marketing. Sirup Marjan sangat totalitas dalam memproduksi iklan menjelang bulan Ramadhan. 

VIRAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN SIRUP MARJAN

Menurut Investopedia, viral marketing adalah upaya menyebarkan informasi tentang suatu produk atau jasa melalui mulut ke mulut atau berbagi melalui internet dan media sosial. 

Hasil dari pemenuhan kelima komponen tadi dan dibungkus konsep yang unik menghasilkan iklan yang cemerlang. Hasilnya, iklan sirup Marjan langsung meledak di pasaran, sehingga menjadi viral marketing yang sangat menguntungkan. Karena banyak orang yang membicarakan tentang betapa keren dan epik-nya iklan sirup Marjan tahun ini.

Terlebih, keberadaan internet dan media sosial sangat mendukung penyebaran hal-hal viral. Salah satunya melalui meme. Banyak meme mengenai keberadaan sirup Marjan Boudouin yang berkedok jualan sirup padahal aslinya merupakan studio film. Bahkan sampai dibilang Marjan Cinematic Universe!

Meskipun gue bukan orang yang sangat paham mengenai estetika iklan dan marketing. Menurut gue, iklan sirup Marjan mampu "menggabungkan" dua dunia menjadi satu dunia yang baru. Keberadaan para aktor yang berpakaian seperti masa kerajaan namun memiliki kebiasan membuang sampah plastik di laut. 

Sebuah latar cerita yang imajinatif, namun tetap relevan dengan kehidupan sehari-hari. Berkaitan dengan tindakan membuang sampah sembarangan dan dampak buruknya, yang diwujudkan dengan kebangkitan sesosok monster.

Hal ini memberikan feedback yang positif bagi perusahaan. Jadi iklan sirup Marjan bukan berisi promosi produk pada umumnya, namun memiliki world building dan pesan yang ingin disampaikan, bukan hanya pembelian produk. Hasilnya? Sebuah iklan yang jarang keluar tapi sangat dikenang masyarakat. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dicky Surya

Freelance writer