Beauty

7 KOLABORASI PRODUK KECANTIKAN LOKAL YANG BEDA DARI LAINNYA TANPA ENDORSE ARTIS KOREA

Ada nggak sih produk kecantikan lokal yang nggak collab sama artis Korea? Ya ada lah, nih gue kasih tau.

title

FROYONION.COM - Beberapa waktu belakangan memang banyak banget produk kecantikan lokal yang berkolaborasi dengan artis Korea. Mulai dari Scarlett, Somethinc, Whitelab, Y.O.U, Avoskin, dll. Ini dikarenakan adanya efek demam drama Korea yang terjadi saat pandemi kemarin. Bahkan produk Scarlett juga muncul di episode terakhir drakor Today's Webtoon dan dipakai langsung oleh aktris Kim Se-jeong.

Memang sih bikin penjualan naik, tapi rata-rata pada beli cuma karena artisnya, bukan karena produknya. Biasanya pada ngumpulin photocard sama stikernya doang. Kayak anaknya tante gue, beli Scarlett cuma buat koleksi photocard-nya member Twice, heran deh gue. Akun Twitter @seterahdeh juga mengeluh lewat cuitannya yang berbunyi, "Lu pada bosen nggak sih brand lokal collab ama artis Kpop mulu?"

Gue sendiri bukan karena bosen sih, tapi lebih sebel aja gitu. Produk yang awalnya gue suka pakai karena cocok sama ingredient-nya, eh jadi susah dicari karena cepet abis, contohnya sunscreen Azarine yang hydrashoote SPF45. Sejak collab sama Lee Min Ho, stok sunscreen ini cepet abis di toko online/offline store kesayangan gue. Beberapa ada yang masih stok tapi harganya rada mahal dikit.

BACA JUGA: REKOMENDASI PRODUK SKINCARE LOKAL UNTUK 2023 YANG LEBIH ‘GLOWING’

Gue sebenarnya bersyukur karena Azarine makin terkenal sampai penjuru negeri, tapi ya gitu, nyari sunscreen-nya rada gampang-gampang susah. Itu yang bikin gue kesel ketika skincare kesayangan gue collab sama artis Korea. Namun, ada juga loh beberapa brand kecantikan lokal yang  kolaborasinya out of the box dan tidak meng-endorse artis Korea, tapi antusiasnya juga tinggi. Memangnya apa aja sih?

1. IMPLORA X RELAXA

(Foto: Implora Cosmetic)
(Foto: Implora Cosmetic)

"Ini mah nanti yang suka cowoknya, wkwk."

Itu yang pertama kali terlintas di pikiran gue, lo tau maksud gue lah ya, hehe. Ye, Implora x Relaxa ini kolaborasi yang unik menurut gue. Mereka mencampurkan bahan permen dan lip cream mereka menjadi satu. Hah, gimana maksudnya?

Jadi, Implora x Relaxa ini berkolaborasi mengeluarkan lip produk yang memiliki sensasi seperti permen Relaxa. Harum, dingin, dan enak karena quick set dan transferproof. Mereka punya 3 varian produk yang bisa lo beli di sini.

Varian yang lama berisi 2 lip cream dalam satu box, yaitu shade Barley (nude agak merah sedikit) dan shade Grape (merah agak ungu sedikit). Untuk varian barunya yaitu Lemon (nude agak oren) dan Cherry (merah agak gelap).

BACA JUGA: 8 REKOMENDASI PARFUM COWOK BRAND LOKAL YANG BIKIN LO WANGI DAN PERCAYA DIRI

2. MIZZU X KHONG GUAN

(Foto: Mizzu)
(Foto: Mizzu)

Pasti kalian udah tau sama produk yang satu ini karena kolaborasi ni sempat viral juga. Mizzu x Khong Guan ini berkolaborasi dan menghadirkan face palette in 1, yaitu blushhighlighter, dan contourPackaging produk ini juga ringkas, dibarengi dengan gambar ibu dan anak yang menjadi ciri khas produk Khong Guan.

Kalau produk modelan face palette kayak gini sih bisa dijadikan eyeshadowblushcontourhighlighter, dan lain sebagainya. Jadi lebih ngirit aja sih buat dipakai sehari-hari, tergantung warna yang ditawarkan. Sayangnya stok produk ini di marketplace resminya udah kosong semua. Nggak tau deh bakal produksi lagi apa enggak.

3. STUDIO TROPIK X KOPIKO

(Foto: Studio Tropik)

Bagaimana jadinya jika permen Kopiko yang bikin anti ngantuk berkolaborasi dengan produk kecantikan? Yep, Studio Tropik ini jawabannya. Kali ini Studio Tropik mengeluarkan produk lip treatment, semacam pelembab bibir gitu, tapi oil base. Pastinya juga ada pilihan warnanya, yaitu Americano (warnanya seperti wine) dan Cappuccino (nude milky brown).

Produk ini cocok banget buat lo yang bibirnya kering dan pecah-pecah. Dipakai satuan? Bisa. Dipakai buat lip topper? Oke banget. Bahkan bisa digunakan sebagai blush on pipi lo agar terlihat alami dan glowing.

Kemasan produk ini berbentuk tube mungil gitu, jadi enak dibawa ke mana-mana dan tidak makan tempat. Kekurangannya cuma satu, produk ini nggak tahan lama. Namanya juga lip treatmentoil base pula, pastinya nggak bisa tahan lama dan kudu re-apply berulang kali. Lo bisa beli produk mereka di sini.

4. LUXCRIME X TANGO

(Foto: Luxcrime)
(Foto: Luxcrime)

Sama seperti Mizzu, Luxcrime juga mengeluarkan produk face palette yang berkolaborasi dengan Tango. Face palette ini isinya juga ada 3 warna, yaitu Peach Cobbler (blusher berwarna peach), Peanut Butter (bronzer berwarna coklat terang), dan Vanilla Delight (highlighter berwarna putih gading).

Kalau secara kemasan, menurut gue sama kayak punyanya Mizzu, bedanya isi dari produk Luxcrime ini lebih kecil. Namun, gue pribadi lebih suka sama warna shade yang ditawarkan Luxcrime. Mereka juga mengklaim produknya lebih long-wearing, complexion enhancing palette, dan ultra fine texture. Katanya sih produk ini limited edition, tapi stok di marketplace resmi mereka masih banyak banget.

5. ROSE ALL DAY HARRY POTTER COLLECTION

(Foto: Rose All Day)
(Foto: Rose All Day)

Bulan Juli lalu, Rose All Day mengeluarkan beberapa produk edisi Harry Potter dengan varian seperti di bawah ini.

  1. Eyeliner pen
  2. Liptint dengan 4 shade yang sesuai dengan nama asrama di Hogwarts.
  3. Eyeshadow palette isi 10 warna
  4. Lip balmshade, Autumn Lullaby dan Velvet Crimson

Dari keempat produk tersebut, yang bikin gue salfok adalah liptint-nya. Warna dari varian Ravenclaw lebih ke-pink natural kayak warna bibir. Kalau Hufflepuff warnanya agak oren dikit tapi masih kelihatan warna pink-nya. Varian yang Slytherin juga cakep banget, warna merahnya bisa dipakai satuan maupun ombre. Yang paling favorit adalah varian Gryffindor, warnanya kayak coklat ada orennya gitu, cocok untuk semua warna bibir.

Eyeshadow palette-nya juga juara sih, warna eyeshadow-nya itu lebih ke warna natural yang biasa dipakai sehari-hari. Jadi nggak ada tuh yang namanya kehabisan warna tertentu aja tapi yang lainnya masih utuh. Lo bisa cek warna eyeshadow atau varian produk lainnya di sini.

6. MADE BY RUNA X ONE PIECE

(Foto: Made By Runa)
(Foto: Made By Runa)

Mungkin beberapa dari kalian belum ada yang tau dengan merk yang satu ini. Yep, Made By Runa ini produk kecantikan lokal yang vegan friendly dan cruelty free. Semua jenis produk kecantikan dari ujung kepala sampai kaki udah diproduksi oleh brand ini. Mulai dari make up, skincare, hair care, deodorant, bahkan alat make up juga.

Produk paling baru yang mereka keluarkan yaitu lip care (ada 4 shade, yaitu Monkey D. Luffy, Zoro, Nami, dan Sanji), gel mask, clay mask, dan body creme yang berkolaborasi dengan karakter anime One Piece. Untuk lip care-nya sih base-nya kayak lip oil serum gitu. Ada warnanya juga, tapi varian Zoro look-nya kayak lip gloss. Katanya yang varian Sanji lebih pigmented daripada varian lainnya.

Gue sendiri lebih penasaran sama body creme-nya. Ingredients-nya ada shea butter, AHA, BHA, dan PHA yang bikin kulit jadi makin lembab dan bersih. Yang paling gue suka yaitu adanya sweet almond oil yang kaya akan antioksidan. Lo bisa cek Instagram mereka untuk detail lebih lanjut.

7. JACQUELLE BEAUTY EDISI DISNEY DAN SPY X FAMILY

(Foto : Jacquelle Beauty)
(Foto: Jacquelle Beauty)

Yah, kalau Jacquelle mah nggak usah ditanya lagi lah ya, apalagi yang edisi Disney, banyak banget varian produknya. Ada yang skincare, make up, bahkan facial brush. Gue salfok juga sama produknya yang sheet mask edisi Minnie Mouse, gemes banget. Selain itu juga ada Winnie The Pooh, Princess Ariel, Mickey Mouse, Alice In Wonderland, dll.

Baru-baru ini gue dapet info kalau Jacquelle bakal launching produk barunya yang berkolaborasi sama Spy X Family di acara Sociolla Beauty Wonderland. Acara ini berlangsung tanggal 24 Desember 2022 nanti di Atrium Mall Kelapa Gading 3. Katanya sih produk ini super limited edition untuk merayakan ulang tahun Jacquelle yang ke 7 tahun.

(Foto : Jacquelle Beauty)
(Foto: Jacquelle Beauty)

Kalau di instagramnya Jacquelle sendiri tidak ada info lebih lanjut mengenai produk apa saja yang akan launching di acara ini. Yang gue tau cuma di poster acaranya ada gambar eyeshadow palette isi 4 dan 3 varian lip produk (kalau nggak salah). Lo bisa beli tiketnya via loket.com untuk menghadiri acaranya.

Itulah beberapa produk kecantikan lokal yang berkolaborasi dengan beberapa karakter kartun atau brand lainnya, nggak melulu endorse artis Korea. Gue masih nunggu brand kecantikan lokal yang mau kolaborasi sama Jujutsu Kaisen gitu. Misal kolaborasinya mengeluarkan produk body lotion dengan varian nama karakter Jujutsu Kaisen. Misal varian Gojou Satoru aromanya seksi gitu, atau Inumaki Toge wanginya kalem tapi menarik. Ngayal mulu, wkwkwk. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dynasti Savira

Investor Reksadana, pro player Blossom Blast Saga, pegiat hidup monoton, dan penikmat seni tapi bukan air. Motto hidup : Semua masalah pasti akan berlalu, iya berlalu lalang.