Kolom Bang Roy

TIPS KENALAN ONLINE DENGAN TEMAN BARU DI KAMPUS

Di kolom yang tayang tiap Senin ini, siapa aja bisa nanya dan bakal dijawab langsung oleh Bang Roy sendiri. Kamu bisa nanya segala macem tema pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan muda-mudi zaman sekarang. Untuk kirim pertanyaan kamu, bisa kirim DM langsung via Instagram @froyonion.

title

Pertanyaan: 

“Bang Roy, punya tips kenalan online sama temen baru di kampus nggak?” -(@MSRI)



 

Jawaban Bang Roy:

Pertama-tama gue mau bilang selamat buat lo karena sekarang udah jadi mahasiswa yak.

Nantinya, lo bakal ngerasain hal-hal yang cukup berbeda antara kehidupan SMA dan kehidupan di kampus. Contoh yang paling gue rasakan adalah jiwa-jiwa individualistis lebih dijunjung tinggi di kampus dibandingkan pas SMA. Hampir semua mahasiswa, terutama di semester-semester akhir nanti bakal lebih prioritasin diri sendiri ketimbang sobi-sobinya.

Tapi, bukan berarti dari jaman maba gini lo udah mutusin untuk nggak mau berteman sama orang baru. Pergaulan dan pertemanan itu penting, apalagi kalo tujuannya menjalin relasi untuk kepentingan kerja di masa setelah lulus kuliah nanti. 

Apalagi di masa pandemi ini, pastinya cara-cara kenalan sama temen baru udah banyak yang berubah, yang tadinya bisa dengan mudahnya nyamperin temen baru dan ngajak kenalan langsung, sekarang lo kudu manfaatin media sosial buat deket sama orang baru.

Nah, mumpung lo masih di semester awal, lo harus bisa kenalan dengan sebanyak mungkin temen baru di kampus. Karena kalo bicara soal kerjaan, mana tau di antara mereka nanti ada yang bisa jadi jembatan rejeki buat lo.

Bang Roy punya beberapa tips yang bisa lo jadiin referensi dan lo ilhami (jiakkhh). Buat kenalan sama temen baru di kampus yang tentunya pandemic-friendly.

Tip pertama dari gue adalah aktif ngobrol dan diskusi di grup angkatan / kelas. Awalnya pasti banyak banget adek-adek maba yang males buat ngikutin obrolan di grup kampus, tentunya dengan berbagai alasan kayak canggung lah, malu lah, masih jaim lah, dan mungkin lo sendiri pun ngerasain hal yang sama.

Nggak dipungkiri, saat lo masuk grup baru yang isinya adalah orang-orang yang belom pernah lo kenal langsung pasti rasanya agak canggung dan males buat sekedar bilang “hai”.

Tapi, di kasus ini lo harus sadar, ‘mereka’ yang belom pernah lo kenal ini nantinya bakal jadi sumber kebahagiaan sekaligus kesedihan lo selama bertahun-tahun lo menjalani kehidupan ngampus kedepannya.

Jadi, mau nggak mau, cepat atau lambat, lo harus bisa kenalan sama mereka. Salah satu head start yang bisa lo pake adalah dengan aktif di grup kampus, terutama pas masa-masa registrasi maba.

Karena, pengalaman hidup Bang Roy pas maba dulu dan masih unyu-unyu gitu, rata-rata yang punya banyak temen dan dikenal luas sama orang se-angkatan adalah mereka yang aktif ngobrol di grup angkatan pas awal-awal masa registrasi mahasiswa baru.

Terus, seberapa penting sih ikutan ‘jbjb’ di awal-awal perkuliahan gini? Tenang, ini baru mau gue jelasin.

Jadi, ketika lo belom kenal satu sama lain, lo belom punya persepsi atau pandangan tentang sifat satu sama lain, antara lo ke si A, ke si B, dan begitu juga sebaliknya. Nah, di momen ini lo harus aktif. Lo ikutan ngobrol kek, nanya-nanya sesuatu kek.

Intinya, apapun hal yang lagi rame diobrolin di grup jangan sampe lo kehilangan momentum untuk ikutan tampil. Jadi, nantinya lo udah mengenal dan dikenal sama banyak orang bahkan sebelum ikut perkuliahan pertama, jadi nggak akan ada yang namanya canggung pas udah mulai aktif ngampus.

Tapi, kudu diinget juga, kenalan ke orang baru artinya lo kudu menjaga first impression diri lo ke mereka. Jangan sampe di awal-awal gini lo udah ngasih image kurang baik ke orang lain. Tetep jaga ‘kelas’!

Selain aktif di grup angkatan, lo juga bisa mulai pelan-pelan lewat jalur ‘belakang’ alias personal chat.

Nggak hanya mencoba kenal sama temen-temen baru di kampus lewat grup aja, personal chat juga jadi cara yang ampuh buat ngilangin rasa canggung. Metodenya hampir sama dengan kenalan lewat grup kampus, di personal chat juga lo harus tetep jaga image dan stay cool ya.

Apa manfaat sesungguhnya dari aktif ngobrol lewat personal chat? Yang jelas, lo bisa kenal sama temen baru dengan topik yang lebih personal, bisa cerita tentang topik perkuliahan itu sendiri, kayak “kenapa lo ngambil jurusan ini?”, “kenapa lo daftar di kampus ini?”, atau bisa juga topik yang lebih ringan kayak “udah mam belom?” atau “mau aku jemput sekarang nggak?”. Eehhh salah, itu mah bukan sama temen yang baru kenal yak.

Selain bisa kenal lebih deket secara pribadi dan jadi lebih akrab, keuntungan lainnya adalah lo bisa punya ‘backing-an’ kalo ngerjain tugas kampus. Kalo lo udah kenal sama seseorang, lo bisa dengan lebih mudah buat ngerjain tugas bareng atau saling ngajarin materi kuliah. Nggak mungkin kan minta tolong bantuin tugas ke orang yang belom lo kenal? Disinilah istilah ‘japri’ tuh jadi penting banget.

Lewat japri juga nih, biasanya tumbuh yang namanya benih-benih asmara. Nah, buat para ladies-nya Bang Roy yang baca artikel ini, tiati juga yak ama yang namanya buaya, karena buaya nggak cuma ada di kebun binatang, tapi juga banyak berkeliaran di grup adek-adek maba.

Jangan malu adalah tips Bang Roy yang selanjutnya.

Jadi, kenalan sama orang baru itu butuh banget yang namanya keterbukaan. Komunikasi yang lagi lo jalin sama si doi perlu terjadi dua arah. Arti simpelnya, lo nanya dan dia jawab, terus dia nanya dan lo jawab.

Jangan pernah ngerasa malu buat approach (menghampiri) duluan. Contohnya ya japri duluan dan bahkan follow IG mereka duluan. Nggak ada yang salah dari itu, dan nggak ada yang namanya ‘gengsi’ buat jadi inisiator dan mulai duluan.

Lo juga nggak perlu malu untuk nawarin bantuan atau sekedar sharing materi kampus atau hal apapun ke temen yang lagi butuh bantuan. Ini juga Bang Roy jamin ampuh buat ningkatin kualitas lo di depan temen-temen baru lo.

Dari pengalaman Bang Roy pas maba dulu, pernah ada masanya malu ngajak kenalan temen angkatan, alhasil ketika ada kegiatan kayak kerja kelompok dan praktek matkul bareng, eehh malah jadi canggung.

Nah, berkaca dari pengalaman itu, buat lo yang masih ragu buat kenalan sama temen baru di kampus, mending buang jauh-jauh deh perasaan ragu dan malu-nya! Perasaan ini bakal jadi hambatan internal di diri lo untuk masuknya peluang-peluang positif apapun yang bisa aja terjadi di hidup lo kalo lo berani ngajak kenalan temen duluan.

Sisi positifnya lainnya. lo bakal dinilai sebagai orang yang luwes dan supel karena udah berani jadi inisiator. Tapi inget, dari pendekatan yang lo lakuin ini, jangan sampe malu-maluin ya!

Di sini bagian yang lumayan seru. Kalo lo udah ngelakuin tips-tips sebelumnya, maka kalian kudu mulai ikutan online bonding. Biasanya kalo udah sering ngobrol di grup, terus juga udah sering chattingan lewat japri ke temen-temen baru, lama-kelamaan pasti ada ide yang tercetus dari salah satu temen baru lo, contohnya kayak “Guys, nonton film bareng lewat meet yuk”, atau “Gartic bareng yuk”.

Nah, kegiatan kayak gini biasanya disebut bonding, artinya sebuah kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kedekatan psikologis antara individu-individu ini. Kalo jaman Bang Roy dulu, bonding sama temen di kampus kudu nyamperin langsung dan sering-sering ngajak makan bareng di kantin fakultas. Sekarang, semua serba lewat conference call dan lo juga kudu manfaatin hal ini.

Kalo ada temen lo yang mencetuskan ide bonding, buruan gas untuk ikutan! Cara ini tuh Bang Roy nilai lebih ampuh daripada sekedar chatting-an di grup atau japri.

Alasannya, kalo lo ikutan bonding dan topik bonding di luar topik per-kampus-an, pasti kenalan sama orang baru bisa kerasa lebih enjoyhappy, dan nggak se-canggung kalo lagi ngebahas topik hectic-nya akademik kampus. Jadi, manfaatin momen seru kayak gini untuk menjalin pertemanan yang baru yak.

Berawal dari sering-sering ikut bonding, lo juga bisa menemukan sahabat-sahabat baru di hidup lo yang udah pasti bisa mempermudah perkuliahan untuk semester-semester selanjutnya. Yang penting, kalo udah ketemu temen-temen baru jangan sampe lupa sama temen-temen lama yes.

Jadi, dari sekian tips-tips yang udah dijelasin di atas, lo bisa ulik-ulik dan modifikasi lagi dari segi teknisnya. Tapi, gue pengen tau nih, apa aja yang udah lo lakuin buat kenalan sama temen-temen baru di kampus selama ini?(*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Bang Roy

Bang Roy