Tips

TIPS BIKIN BISNIS DARI NOL BUAT ANAK MUDA

Di kolom yang tayang tiap Senin ini, siapa aja bisa nanya dan bakal dijawab langsung oleh Bang Roy sendiri. Kamu bisa nanya segala macem tema pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan muda-mudi zaman sekarang. Untuk kirim pertanyaan kamu, bisa kirim DM langsung via Instagram @froyonion.

title

Pertanyaan: “Bang, kasih tips bisnis buat pemula dong.” -@rhtaa112

Jawaban:

Pilihan berbisnis mungkin kelihatan ‘seksi’ ya buat anak muda di Indonesia. Terlebih buat mereka yang merasa kerja kantoran itu bukan passion dan sedang mencari wadah lain untuk mengembangkan sisi kreatif mereka. 

Buat lo yang merasa kayak gitu juga, kebetulan banget nih gue abis beres ngobrol sama sohib gue yang udah ngejalanin bisnisnya selama kurang lebih 2 tahun, Franky. 

Kurang lebih, begini tips-tips berbisnis dari nol buat anak muda yang nyobain jadi pebisnis. 

Pertama, pastikan lo punya tim yang solid. Dalam arti lo bener-bener kenal mereka dengan baik, lo yakin bisa mengandalkan mereka sebagai partner bisnis lo, dan mereka punya keahlian di bidang yang dibutuhkan dalam mengembangkan bisnis. 

Misal lo pengen buat bisnis restoran, tapi lo nggak ngerti cara masak, cara ngatur duit, dan cara menggaet pembeli. Lo harus cari orang-orang yang ahli di bidang-bidang tersebut untuk membantu lo. Supaya enak juga nanti waktu bagi-bagi role-nya. 

Pemilihan tim ini sebenernya nggak harus keluarga atau temen deket. Bisa juga sama pasangan. Tapi kalo memilih berbisnis sama pasangan, inget ya kalo yang ‘dipertaruhkan’ bukan cuma bisnis tapi juga hubungan lo sama doi. Jangan sampe gara-gara punya bisnis bareng, hubungan kalian malah jadi renggang. Gue hanya menyarankan bikin bisnis sama pasangan kalo udah nikah aja deh supaya lebih secure. 

Kedua, riset pasar dan daya beli mereka. Setelah tahu mau bisnis apa dan punya tim yang solid, penting banget untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum melangkah lebih jauh. 

Masih pake contoh yang sama, misal lo mau bikin restoran. Menunya makanan Thailand deh misal. Nah, lo cari tahu dulu tuh orang Indonesia suka makanan Thailand nggak sih? Kalo ada yang suka, kebanyakan pada tinggal di kota apa? Kebanyakan umur berapa sih? Terus udah banyak belom restoran makanan Thailand lain yang juga buka lapak di daerah situ? 

Data-data kayak gini penting banget untuk menyusun rencana, strategi, dan batasan bisnis lo ke depannya. Walaupun belom tentu akurat dan pasti data-data itu butuh untuk dibuktikan, setidaknya data-data tersebut bisa jadi pegangan dulu. 

Riset daya beli juga jangan sampe lupa. Gunanya ada banyak, kayak membantu lo untuk set harga produk sampe nentuin promo-promo apa aja yang bisa dilakukan nantinya. Caranya dengan membandingkan banyak produk serupa dengan berbagai harga. Dari situ lo analisis deh kenapa kok produk A harganya segitu, bedanya sama produk B apa, dan seterusnya. 

Nah kalo udah riset, waktunya lo menentukan modal untuk berbisnis. Buat yang masih sambil kerja, lo bisa menyisihkan sekian persen dari gaji untuk modal bisnis. Rumus perhitungannya nggak ada yang pasti, suka-suka lo aja. Kalo yang gue tanya sih, biasanya pada 20-30% gaji yang disisihkan untuk bisnis sampingan mereka. 

Kalo yang nggak kerja kantoran dan nggak nerima gaji gimana dong? Pastikan lo punya dana darurat, baik untuk bisnis dan untuk kehidupan sehari-hari lo. Ini beda loh ya dan jangan sampe kecampur. 

Karena kalo udah memutuskan untuk berbisnis, kita juga harus mau belajar untuk bisa jadi profesional baik dalam ngatur uang sampe berhubungan dengan kolega nantinya.

Setelah punya modal, mulai deh jalan pelan-pelan. Bisa beli bahan baku dulu, trial and error dulu, bikin business plan, sampai akhirnya nemuin rumus yang paling cocok. Karena banyak hal yang harus dilakukan inilah, bisnis lebih baik nggak dilakukan sendirian. 

Setelah bisa jalan, baru deh lo tentukan target balik modal dan persentase untungnya. Buat poin ini gue juga nggak bisa kasih jawaban yang pasti. Karena beda bisnis beda rumus juga. Cuman, biasanya kalo margin profit tuh di atas 30% dan target kapan balik modal biasanya 1 tahun. 

Sebenernya tipsnya itu aja sih, Civs. Gimana prakteknya ya tergantung diri sendiri juga. Ngeliat temen yang sukses punya bisnis nggak menjamin bisnis kita sendiri juga akan sukses ya. Tapi kalo lo udah yakin untuk berbisnis, gas aja! (*/) 

BACA JUGA: MILLENNIAL MENDING CICIL RUMAH ATAU CICIL MOBIL?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Bang Roy

Bang Roy