Kolom Bang Roy

KELEBIHAN SERTA JENIS PEKERJAAN YANG COCOK BUAT EXTROVERT, ANAK MUDA KREATIF WAJIB TAHU!

Di kolom yang tayang tiap Senin ini, siapa aja bisa nanya dan bakal dijawab langsung oleh Bang Roy sendiri. Kamu bisa nanya segala macem tema pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan muda-mudi zaman sekarang. Untuk kirim pertanyaan kamu, bisa kirim DM langsung via Instagram @froyonion.

title

Pertanyaan: “Bang, kerjaan yang cocok buat extrovert apaan yak?” 

Jawaban: 

Secara garis besar, extrovert punya salah satu kelebihan yang penting dimiliki dalam dunia kerja, yaitu mudah berinteraksi dengan orang lain.

Nah, dari kualitas yang positif ini, tentunya bisa membuka jalan karier yang luas dan variatif buat lo, Civs, terutama segala pekerjaan yang membutuhkan lo untuk berinteraksi dengan orang lain.

Dari salah satu riset, katanya orang extrovert punya 4 keunggulan yang konsisten ketimbang orang lain, terutama di tempat kerja.

Pertama, orang extrovert lebih mudah termotivasi oleh penghargaan, sehingga membuat orang extrovert jadi lebih percaya sama kemampuan diri ketimbang orang lain.

Kedua, orang extrovert juga biasanya lebih sering berpikir positif ketimbang orang-orang introvert. Kualitas ini penting dimiliki karena bisa menutupi rasa lelah yang diakibatkan kerja. Orang-orang extrovert juga lebih banyak disukai orang lain, karena bisa memberikan energi positif.

Ketiga, mereka yang extrovert adalah orang-orang yang punya skill komunikasi yang baik. Seperti yang gue bilang di atas, orang extrovert memiliki kecenderungan untuk berinteraksi dengan orang lain, dan biasanya memiliki skill negosiasi yang baik.

Keempatextrovert lebih terkenal proaktif dan inisiatif dalam pekerjaan. Orang-orang ini lebih cenderung berani untuk mengemukakan pendapat dan hal-hal yang menurut mereka berdampak baik bagi perusahaan. Makanya, orang extrovert juga (biasanya) punya kesempatan naik jabatan yang lebih tinggi ketimbang orang introvert, Civs.

Dari beberapa keunggulan extrovert itu, ada beberapa jenis pekerjaan yang lebih baik dimiliki oleh seorang extrovert ketimbang introvert nih.

Contohnya, zaman sekarang, extrovert rata-rata bisa jadi JournalistContent Writer, atau Digital Marketer. Ketiga profesi ini akan lebih baik dilakukan sama orang yang extrovert, karena mereka bisa mengisi energi dengan bertemu orang lain, beda halnya kalo lo introvert, yang ngisi energi dengan berdiam diri dan nggak ngobrol sama orang lain.

Public Relation (PR) dan Customer Success juga cocok dikerjakan oleh orang extrovert, Civs. Lo bisa kerja di agensi PR dan sukses dalam karier itu kalo lo suka bertemu dan bersosialisasi dengan orang baru. Customer Success pun sama, sehari-hari mereka bakal ngobrol sama nasabah / customer, tentunya nggak semua orang punya energi yang cukup buat melakukan itu sehari-hari, terkecuali orang extrovert.

Nah, berhubungan dengan pekerjaan yang cocok dengan lo yang extrovert, ada kabar baik nih buat lo yang lagi nganggur dan sering ngabisin waktu untuk ngobrol dan ngasik di Discord. 

Froyonion lagi buka lowongan magang jadi Community Associate, nih.

Tapi disclaimer dulu, lowongan kali ini khusus buat yang cewek-cewek dulu. Buat yang cowok agak mengalah dulu lah ye, Civs, biar di kantor suasananya jadi lebih fresh dan nggak ngebosenin karena tiap hari selalu rame cowok-cowok yang main FIFA mulu, h3h3.

Jadi pertama-tama, kerjaan Community Associate itu kayak gimana sih?

Nantinya, day-to-day lo bakal meladeni Civilions terutama yang ada di Discord. Kurang lebih, lo bakal berlaku seperti Humas / PR-nya Froyonion gitu deh. Terus misalnya Froyonion mau bikin konten yang butuh responden / talent, itu juga lo yang mencari, Civs.

Intinya secara umum, keseharian lo bakalan ngobrol, mencari, dan mendekati orang untuk mendapatkan informasi tertentu. Lo kudu punya mindset yang eksploratif dan kepo-an, intinya sih nggak stuck di ‘situ-situ’ aja.

Passionate sama interaksi antar manusia juga menjadi sebuah keharusan, Civs, karena keseharian lo nantinya bakal sering ngobrol sama orang lain. Skill komunikasi lo juga vital banget nih. Jangan diem-diem bae di grup, kudu bisa inisiasi obrolan dan bikin komunitas Froyonion di Discord jadi ‘hidup’ dan rame, Civs.

Kalo lo merasa tertarik untuk jadi bagian dari Froyonion, mending langsung cek di sokin aja yak untuk langsung apply magang jadi Community Associate!

Ditunggu lamarannya ye~ (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Bang Roy

Bang Roy