Tips

GIMANA CARANYA BISA NIAT NGERJAIN TUGAS AKHIR?

Di kolom yang tayang tiap Senin ini, siapa aja bisa nanya dan bakal dijawab langsung oleh Bang Roy sendiri. Kamu bisa nanya segala macem tema pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan muda-mudi zaman sekarang. Untuk kirim pertanyaan kamu, bisa kirim DM langsung via Instagram @froyonion.

title

Pertanyaan: 

“Bang Roy, gimana sih caranya bisa niat ngerjain tugas akhir?” -(@saepul.be)

Jawaban Bang Roy:

Dari pertanyaan ini, gue yakin lu sekarang lagi ada di kondisi yang bingung harus ngelakuin apa biar bisa cepet lulus. Tugas akhir mulai pelan-pelan lo kerjain, tapi mungkin lo masih ngerasa stuck di tempat.

Tapi gapapa, langkah pertama lu udah bagus, seenggaknya lu sadar dan berusaha menyelesaikan tanggung-jawab itu, meskipun masih di tahap ngumpulin niat sih ya.

Percaya atau nggak, bagian tersulit dari ngelarin tugas akhir atau skripsi adalah memulainya di awal. Ketika lo udah ngelewatin tahap itu, lo bakalan ngerasa lebih enteng dan pikiran lo bakal lebih jelas untuk ngelarin tugas akhir.

Jadi, emang rata-rata sih masalah yang anak-anak jaman sekarang rasain itu cukup relevan ya. Nggak cuma lo doang yang ngerasain hal ini, banyak di luar sana yang butuh jawaban ‘pasti’ dari masalah satu ini.

Sayangnya, gue bisa bilang kalo masalah ini nggak bisa dikelarin cuma dengan satu jawaban, alias nggak ada solusi ‘saklek’ untuk menjawabnya.

Gue cerita dikit yak, dulu gue juga sempet ngerasa kesulitan untuk bisa lulus. Gue sempet stuck di fase awal skripsi. Cukup lama waktu yang gue butuhkan untuk nyari judul yang pas, dan dari angle mana gue harus membahas skripsi gue.

Gue juga sering banget bimbingan sama dosen di waktu kosong. Karena menurut gue, kalo lo udah ngerasa bingung banget harus apa, dosen pembimbing bisa lo jadiin tempat diskusi dan sharing kendala-kendala apa aja yang bikin tugas akhir lo terhambat.

Nah, dari pengalaman gue di masa kuliah ini, gue bisa ngasih beberapa ‘wejangan’ buat lo yang lagi susah ngumpulin niat buat ngerjain tugas akhir.

Pertama, selalu pikirin orang tua yang yang ngebiayain lo di setiap semester kuliah lo. Ini jadi salah satu senjata gue ketika gue ngerasa males atau nggak ada niat buat ngelarin tugas akhir. Yaaa meskipun lo mungkin udah bisa bayar biaya kuliah lo sendiri, tetep nggak ada alesan untuk lo bermalas-malasan cuy. Orang tua udah ngededikasiin hidupnya dengan bekerja supaya lo bisa hidup sejahtera dari kecil sampe lo kayak sekarang. Jadi, selalu inget sosok orang tua lu ketika lu lagi males ngerjain tugas akhir.

Di kasus gue, ortu sempet ngomong di semester akhir kuliah gue, “pokoknya kalo kamu nggak kelar skripsi semester ini, semester depan mama sama papa nggak akan nanggung lagi,”. Nah tuh, siapa yang nggak geter kalo emak lo udah ngomong gitu?

Kalo mereka nggak pernah ngomong gini, bukan berarti lo nggak perlu ngelarin tugas akhir secepetnya. Mungkin ortu lo bukan tipe ortu yang suka menekan anaknya, tapi selama lo masih belom ngelarin tugas akhir, kuliah lo masih akan terus jadi beban berat bagi keluarga.

Kedua, gue bisa bilang, hampir 80% anak-anak semester akhir yang lagi ngerjain skripsi (seenggaknya di fakultas gue dulu yak) stuck di fase awal skripsian aja, kira-kira pas mau seminar proposal lah. Mulai dari bikin pendahuluan, tinjauan pustaka, sampe metode penelitian, ini beberapa tahap yang cukup nguras energi sama emosi gue, bener dah.

Nah, kalo di masa awal-awal ini lo udah stuck, lo kudu bisa mepet dosen pembimbing dan minta pendapat sama mereka. Lo sampein concern apa aja yang kira-kira lo rasain, dan minta nasihat sama mereka menyangkut apa aja yang lo harus siapin dan pelajarin.

Ketika lo udah ngelewatin tahap ini, gue yakin lo bakal lebih PD dan lancar ngerjainnya. Ibarat atlet, ada satu kondisi yang namanya ‘the zone’, di mana kondisi fisik dan mental atlet jadi lebih fokus dan perform maksimal kalo ngelakuin dan sadar sama hal tertentu.

Kalo gue pribadi, gue bakal ngerasain ‘the zone’ ini kalo gue udah nyoba memulai sesuatu seenggaknya 30 menit. Contohnya gue pas lagi skripsian, meskipun mood gue lagi nggak banget dan malesnya udah parah, gue tetep coba buka laptop dan ngetik apapun yang masuk di pikiran gue selama 30 menit. Kalo udah lewat masa itu, biasanya gue jadi lebih fokus dan malah nambah ‘terikat’ sama yang gue lakuin. Intinya sih lo kudu maksa diri lo ngelakuin sesuatu seenggaknya selama 30 menit. Selepas itu, gue yakin lo jadi lebih fokus dan niat lo untuk ngelarin tugas akhir jadi lebih maksimal cuy.

Ketiga, kalo lo termasuk orang yang extrovert, lo bisa ngerjain tugas akhir bareng temen-temen seperjuangan, atau kalo lo orangnya introvert, lo bisa rombak situasi kamar untuk ningkatin mood lo.

Pas jaman gue dulu, biasanya gue ama anak-anak bawa laptop ke warkop malem-malem. Bibir sambil nyeruput kopi panas, jari-jemari mulai mencet-mencet keyboard laptop, ditemenin juga sama candaan khas anak-anak warkop, lengkap dah tuh mood gue, jadi makin encer ngetik skripsian.

Kalo di jaman sekarang, banyak mahasiswa semester akhir yang google meet atau zoom meeting bareng ama temen-temen kampus buat skripsian. Esensinya sih tetep sama, lo ngelakuin sesuatu hal yang lo suka dibarengin sama ngerjain tugas akhir yang emang jadi tanggung-jawab lo, gue jamin lo bisa lebih encer buat nuangin ide dan pikiran di skripsi.

Kalo lo termasuk orang yang nggak terlalu suka skripsian sambil ngobrol atau mudah keganggu lingkungan, lo bisa rombak ulang posisi barang atau layout kasur di kamar tidur cuy. Suasana yang baru kayak gini gue rasa bisa memicu inspirasi dan niat lo dalam ngelarin tugas akhir.

Intinya, ketika ngomongin tentang tugas akhir atau skripsi, nggak perlu fafifu wasweswos buat sekedar memulai. Ngetik aja dulu, buka aja dulu file word skripsian lu, urusan make sense atau nggaknya itu belakangan, lo bisa selalu revisi dan minta pendapat sama dosen lu. 

Terkadang, lo terlalu banyak mikir untuk memulai sesuatu, ada semacam rasa insecure atau anxiety kayak “Nyambung nggak sih tulisan gue?” atau “Ntar dosen marah nggak ya sama tulisan gue?”.

Percaya aja, Civs. Kalo lo dah kelar tugas akhir nanti, lo bakalan ngeliat ke belakang dan bilang “Ah ternyata nggak sesusah itu ya tugas akhir.”.

Semoga apa yang gue sampein ke lo ini masuk akal dan membantu yak, semangat ngerjain tugas akhirnya cuy, moga cepet lulus! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Bang Roy

Bang Roy