Tips

CARA NEMUIN JODOH LEWAT KARAKTER GENETIK BUAT ANAK MUDA YANG UDAH CAPEK MENCOBA

Di kolom yang tayang tiap Senin ini, siapa aja bisa nanya dan bakal dijawab langsung oleh Bang Roy sendiri. Kamu bisa nanya segala macem tema pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan muda-mudi zaman sekarang. Untuk kirim pertanyaan kamu, bisa kirim DM langsung via Instagram @froyonion.

title

Pertanyaan: “Susah banget perasaan nyari jodoh. Ada caranya nggak sih Bang biar lancar jodoh gitu?” -@deanalexander_123

Jawaban:

Kalo kata orang tua mah, jodoh di tangan Tuhan. Makanya terasa susah bener karena kita nggak tahu rencana Tuhan kayak gimana. 

Jiakh. Itu jawaban bijaknya. 

Kalo jawaban sok taunya, gue punya nih. Kebetulan malem Minggu kemaren gue abis nongkrong sama orang-orang yang lumayan intelek lah. Biasanya kalo beda tongkrongan kan beda bahasan juga, nah sama. Di tongkrongan yang ini, temen-temen gua sibuk ngebahas soal penelitian ilmiah. 

Gue mah join aja walau pusing juga dengernya. Tapi ada satu hal menarik nih dari bahasan tongkrongan kemaren, yaitu ternyata cocok apa enggaknya kita sama orang bisa ditentukan sama faktor genetik. Heran bener, tapi beneran ada penelitiannya ini. 

Nama konsepnya STIFIn, yaitu sebuah konsep untuk menganalisis kepribadian manusia dengan nge-scan sepuluh sidik jari. Hasil scan itu kemudian dianalisis dengan teknologi yang mereka kembangkan, terus hasil kepribadian kita bisa muncul deh. 

Gampangnya, konsep STIFIn ini mirip-mirip sama konsep MBTI. Tahu kan yang hasilnya ENFP, INTJ, dan lainnya itu? Nah, kalo dalam konsep MBTI mengakui adanya 16 kepribadian manusia berdasarkan tingkah laku, dalam STIFIn diakui 9 kepribadian manusia berdasarkan jenis kelamin, mesin kecerdasan, kemudi kecerdasan, kapasitas otak, dan golongan darah. 

Beuh, bahasanya tingkat tinggi bener ya. Biar gampang, liat gambar ini deh. 

Macem-macem mesin kecerdasan menurut konsep STIFIn (Gambar: schoolmedia.id)

Masing-masing mesin kecerdasan ini punya fungsinya sendiri-sendiri juga. Caranya supaya kita tahu bagian otak mana yang paling dominan di diri kita ya dengan mengikuti tesnya. Sayangnya, sampe sekarang tes STIFIn ini cuma bisa lewat sidik jari, belum ada terobosan supaya tesnya bisa online gitu. 

Dari lima mesin kecerdasan ini, kemudian akan dikombinasikan dengan kemudi kecerdasan yang terdiri dari ekstrover atau introver. Kalo ini mah nggak asing lah ya. 

Setelah dikombinasikan, jadilah ada 9 kepribadian: Si (Sensing Intorver), Se (Sensing Ekstrover), Ti (Thinking Introver), Te (Thinking Ekstrover), Ii (Intuiting Introver), Ie (Intuiting Ekstrover), Fi (Feeling Introver), Fe (Feeling Ekstrover), dan In (Insting). 

Terus apa hubungannya sama cari jodoh? 

Kemaren dibahas juga nih di tongkrongan, kalo ternyata masing-masing kepribadian bisa mendukung atau menaklukkan kepribadian lainnya. Biar lebih jelas, bisa liat gambar ini. 

Macem-macem mesin kecerdasan menurut konsep STIFIn (Gambar: schoolmedia.id)
Konsep hubungan antarkepribadian yang bisa diterapkan dalam berbagai hubungan, termasuk cinta. (Gambar: STIFIn Brain)

Misal nih, gue tipenya Fe. Terus gue lagi deket sama cewek yang tipenya Si. Nah, hubungan kita bisa jadi ideal karena secara genetik, gue akan mendukung cewek ini. Arti mendukung itu juga macem-macem sih, bisa jadi gua lebih klik sama dia, lebih gampang kompromi, dan sebagainya. 

Beda cerita kalo gue tipe Fe dan gebetan gue tipe Ti. Secara genetik, gue akan ‘menaklukkan’ tipe Ti. Mungkin artinya gue akan lebih dominan dan jadi susah kompromi kalo ada masalah. 

BACA JUGA: PLATONIC RELATIONSHIP: KARENA CINTA NGGAK MELULU SOAL NAFSU

Lo yang pernah pacaran berkali-kali, pasti pernah kan ngerasa pacaran tuh susah banget waktu masih sama si A, tapi waktu udah sama si B pacaran terasa mudah? Mungkin itu juga salah satu bukti penerapan konsep STIFIn ini. 

Jadi buat lo para anak muda yang udah capek putus-galau-jadian-putus-galau-jadian mulu, boleh deh coba tes ini. Tes aja waktu lo masih PDKT-an sama orang, jadi ketahuan deh cocok apa kagak. Tapi biayanya mayan sekitar Rp650.000, Civs.

Setelah pulang dari tongkrongan itu, gue pribadi sih percaya ya dengan perkembangan ilmu pengetahuan kayak gini. Tapi balik lagi ke kalimat pertama, gua masih percaya kalo jodoh itu di tangan Tuhan. Tuhan kan Maha Ajaib ya, jadi Dia juga bisa bikin orang yang genetiknya nggak mendukung secara konsep STIFIn, jadi cocok-cocok aja. 

Toh kalaupun ada perbedaan sama pasangan, kita masih bisa mencoba kompromi, saling menerima, saling memaafkan, dan beradaptasi. Menurut gue mah, nggak akan ada hubungan yang sempurna banget, meskipun secara genetik katanya udah cocok. 

Cara mana yang lebih baik dalam nemuin jodoh, kembali lagi ke pribadi masing-masing. Karena gue masih bisa menikmati proses naik dan turun dalam hubungan, gue pilih cara konvensional aja deh. (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Bang Roy

Bang Roy