Tips

5 KEGIATAN BERFAEDAH UNTUK UPGRADE DIRI LO SELAMA LIBUR SEMESTER

Di kolom yang tayang tiap Senin ini, siapa aja bisa nanya dan bakal dijawab langsung oleh Bang Roy sendiri. Kamu bisa nanya segala macem tema pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan muda-mudi zaman sekarang. Untuk kirim pertanyaan kamu, bisa kirim DM langsung via Instagram @froyonion.

title

Pertanyaan: “Gue bingung di libur semester ini enaknya ngapain yak, Bang Roy? Bosen juga kalau di rumah terus.”

Jawaban:

Tiap kampus ngasih libur ke mahasiswanya beda-beda; ada yang 1 bulan, 2 bulan, ataupun 3 bulan. Nah, liburan semester yang panjang ini biasanya dipakai buat leha-leha ataupun sekadar nongkrong aja sama temen.

Sebetulnya banyak banget yang bisa lo lakuin di waktu liburan semester yang lama itu. Di sini Bang Roy bakal ngasih sejumlah rekomendasi agenda yang bisa lo lakuin selama liburan semester:

1. MENGAMBIL MAGANG/PART-TIME

Banyak perguruan tinggi atau universitas yang ngasih libur ke mahasiswanya pada Desember 2022 sampai Februari tahun ini. Waktu liburan yang lumayan banyak itu bisa lo pakai untuk mengikuti program magang/part-time yang bisa mengisi CV ataupun tabungan lo.

Memilih untuk mengikuti program magang/part-time juga bagus buat jangka panjang. Pengalaman magang tentunya bakal dilirik begitu lo lulus kuliah dan mencari kerja. Lo bisa memilih tempat magang/part-time yang sesuai dengan jurusan ataupun hobi lo.

Sebagai informasi tambahan, Froyonion juga sedang membuka magang sebagai Motion Graphic Designer. Lo pun bisa membuka kolom Karir di website Froyonion untuk melihat lowongan kerja lainnya.

BACA JUGA: INI DIA, CARA JITU MENJADI KARYAWAN TETAP SETELAH MAGANG

2. MENCOBA TRAVELING

Traveling juga merupakan salah satu kegiatan pilihan untuk mengisi waktu liburan semester lo. Mengingat kalau lo udah menjalani kuliah selama satu semester full, lo patut merasa layak untuk healing alias jalan-jalan untuk melepas rasa penat sehabis mengikuti kuliah terus menerus (yang suka bolos kuliah nggak dihitung ya).

Biasanya yang menjadi destinasi untuk traveling adalah tempat yang jauh sekalian mumpung liburan semester lo juga panjang. Misalnya ke Pulau Seribu, Karimun Jawa, ataupun mendaki Gunung Semeru.

Traveling pun bisa jadi bakal lebih menarik dengan tinggal di destinasi wisata lebih dari sehari. Dengan begitu, lo bisa lebih mengenal masyarakat dan budaya di tempat lo berwisata.

3. SIBUK KEGIATAN UKM

Mahasiswa perguruan tinggi biasanya mengikuti organisasi kampus ataupun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) minat bakat. Nah momen liburan ini biasanya jadi ajang bagi mereka untuk menyiapkan event, seperti kaderisasi BEM, pelatihan jurnalistik LPM, ataupun pendidikan dasar Mapala.

Mereka biasanya sibuk mulai dari persiapan hingga membuat laporan acara. Kegiatan UKM semacam ini tentu memakan waktu, termasuk waktu liburan semester lo. Namun, hal itu merupakan kewajiban lo sebagai anggota UKM yang harus lo lakuin.

Kegiatan UKM pun bisa amat bermanfaat selama lo bisa menggali hal apa saja yang bisa ngembangin diri lo. Mulai dari kemampuan, seperti memotret, memanjat tebing, ataupun menganalisa film. 

4. MENGIKUTI KEGIATAN VOLUNTEER

Kegiatan volunteer ini termasuk yang luas banget ranahnya. Lo bisa bergabung ke volunteer festival musik, teater musikal, juga volunteer di wilayah terdampak bencana. Kota-kota besar juga sering mengadakan pentas seni seperti di Kota Tua dan terbuka bagi volunteer yang ingin mendaftar.

Mungkin lo beranggapan kalau nggak banyak keuntungan secara materi yang bisa didapat dari menjadi volunteer pada kegiatan semacam ini. Namun, perlu lo sadari bahwa kegiatan semacam ini turut membuka relasi yang bisa bermanfaat ketika lo membutuhkannya nanti.

Bisa jadi akan tiba waktunya lo akan bekerja sama dengan mereka, atau bahkan kerja di kantor mereka. Perlu lo sadari juga bahwa relasi yang luas juga harus diseimbangin dengan kemampuan diri yang mumpuni.

BACA JUGA: CARA UPGRADE DIRI AGAR LEBIH DISEGANI BUAT LO PEKERJA 9-5

5. MELAKUKAN PENGEMBANGAN DIRI (SELF DEVELOPMENT)

Pengembangan diri nggak melulu soal mencari relasi ataupun pengalaman kerja. Lo juga bisa melakukan pengembangan diri dengan belajar memasak, menyetir mobil, ataupun berenang. Kegiatan semacam ini tentu akan berguna bagi diri lo di masa mendatang.

Misalnya memasak, anak kosan tentu perlu menguasai kemampuan ini, minimal memasak menu makanan dasar. Memasak pun membuat lo menjadi lebih mandiri dan bisa mengatur keuangan untuk kebutuhan pangan.

Itulah 5 kegiatan berfaedah yang cocok lo lakuin selama libur semester ini. Upgrade diri sangatlah penting dan baru akan kerasa begitu usia lo semakin bertambah. Di saat liburan selesai, jangan sampai hal yang bisa lo banggain cuma meraih level tinggi dalam video game, kecuali lo atlet e-sport. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Bang Roy

Bang Roy