Fashion

KOLABORASI PERSIS SOLO DENGAN BRAND LOKAL RILIS KOLEKSI MERCHANDISE TERBARU UNTUK MENYAMBUT HARI VALENTINE

Menyambut hari valentine, Persis Solo merilis merchandise edisi terbaru mereka. Edisi terbaru yang dirilis kali ini adalah koleksi women series yang berkolaborasi dengan Taka Craft dan Kaynn.

title

FROYONION.COM - Industri penjualan merchandise dari sebuah klub sepakbola saat ini berkembang semakin luas. Klub-klub sepakbola tidak hanya menyasar para penggemar atau pecinta sepakbola dan olahraga, namun lebih dari itu seperti para pecinta fesyen dan para kolektor. Akhir dekade ini, tidak sedikit klub sepakbola dari berbagai penjuru dunia berkolaborasi dengan brand-brand high-end untuk keperluan bisnis industri ini. Mereka ingin meraup pasar yang lebih luas dan lebih atas dalam penjualan merchandise timnya.

Salah satu klub sepakbola di Indonesia yang mencoba hal tersebut adalah Persis Solo. Klub peserta Liga 1 asal Surakarta, Jawa Tengah ini terus mencoba untuk berinovasi dengan terus mengeluarkan produk-produk merchandise yang keren dan menarik bagi para penggemarnya, baik itu produk keluaran klub itu sendiri ataupun berkolaborasi dengan brand lokal lainnya. 

BACA JUGA: SERING DIKECEWAKAN, LANTAS MENGAPA KITA TERUS BERHARAP TERHADAP PERSEPAKBOLAAN INDONESIA?

Salah satu merchandise yang dirilis dalam koleksi women collection edisi terbaru. Sumber: Hypebeast.com
Salah satu merchandise yang dirilis dalam koleksi women collection edisi terbaru. Sumber: Hypebeast.com

Sebelumnya, Persis Solo berhasil menarik perhatian para pecinta football fashion dan para kolektor dengan merilis jersi ketiga mereka dengan konsep “Royal Mangkunegaraan Heritage”. Jersi ketiga dengan konsep tersebut menghadirkan dua jersi untuk musim ini dengan warna hitam dan teal yang unik. 

Terlihat ada perbedaan detail dengan jersi kandang yang sudah dirilis terlebih dulu secara detail, khususnya di bagian kerah. Kedua jersi edisi ini tidak menggunakan kerah polo shirt sehingga terlihat lebih kasual. Penempatan logo dan sponsor juga terlihat sama, tetapi ada detail yang terlihat lebih mewah ketimbang jersi kandang dan tandang yang sudah rilis terlebih dahulu.

BACA JUGA: APA IYA SEPAK BOLA HARUS DIPISAHKAN DENGAN POLITIK?

Jersi 3rd player and goalkeeper Persis Solo Musim Ini. Sumber: persissolo.id
Jersi 3rd player and goalkeeper Persis Solo Musim Ini. Sumber: persissolo.id

Jersi ketiga yang drilis untuk musim ini merupakan bentuk penghormatan kepada Kadipaten Mangkunegaran, keraton yang memiliki kedekatan nilai sejarah dengan Persis Solo. Jersey ini menandakan kekuatan, kebanggaan dan kegigihan semangat seperti halnya yang dimiliki oleh tentara kerajaan Mangkunegaran saat berperang dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Jersey ini sudah digunakan saat Persis Solo bertandang ke Madura melawan Madura United.

Warna hitam dengan detail emas di bagian kerah dan lengan membuat penampilan  jersi ketiga keluaran terbaru Persis Solo ini terlihat jauh lebih berkelas. Untuk jersi warna teal tetap menggunakan detail emas yang sama, sekaligus memiliki kesan sama dengan jersi Inter Milan dan Real Madrid pada musim 2019/2020. Khusus jersi warna teal ini dijadikan sebagai jersi goalkeeper.

Untuk harga jersi ketiga sendiri, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp 750.000 untuk kategori player issue, Rp 369.000 untuk kategori replica dan Rp 275.000 untuk kategori supporter version.

Pada perayaan tahun baru China atau Imlek yang lalu, klub berjuluk Laskar Sambernyawa tersebut kembali merilis jersi edisi khusus untuk memperingati hari tersebut. Bukan hanya jersi saja yang dirilis, tetapi juga ada knitwear yang dirilis berbarengan. 

Jersi dan Knitwear yang dirilis untuk edisi tahun baru China. Sumber: hypebeast.com
Jersi dan Knitwear yang dirilis untuk edisi tahun baru China. Sumber: hypebeast.com

Jersi yang dirilis khusus untuk edisi tahun baru China ini tentu saja menggunakan warna merah dan emas yang khas dengan motif kelinci di bagian sleeve dan collar menggunakan teknik Flat Knit. Sedangkan untuk motif kelinci di seluruh bagian jersey ternyata memaksimalkan teknik Sublime Print, sekaligus dilengkapi pemilihan font yang memiliki vibe Chinese sebagai bukti totalitas Persis Solo.

Namun artikel yang paling unik dari koleksi keluaran edisi ini adalah perilisan knitwear yang emang lagi naik daun dalam industri fashion lokal dalam beberapa waktu terakhir. Dalam rilisan terbaru ini, Mereka mengkombinasikan barisan warna yang menjadi representasi Persis Solo tanpa harus memperlihatkan secara gamblang bahwa koleksi knitwear ini merupakan produk dari klub sepak bola asal Surakarta tersebut. Untuk harga jersi edisi tahun baru China ini sendiri, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp 350.000 untuk sehelai jersi ini.

Setelah meluncurkan banyak koleksi merchandise edisi khusus dan kolaborasi dengan brand lokal lainnya, kali ini Persis Solo merilis koleksi merchandise terbaru berupa koleksi Women Series untuk menyambut hari Valentine. Koleksi merchandise edisi spesial hari Valentine kali ini tidak hanya dikreasikan sendiri oleh tim berjuluk Laskar Sambernyawa tersebut, mereka juga berkolaborasi dengan dua brand lokal, yaitu Taka Craft dan Kaynn. 

Ada beberapa artikel yang dirilis dari hasil kolaborasi ini yang terdiri dari Buggy Nylon Shorts, Court Boxy Oversized Shirt, hingga Lunar Canvas Bag dalam ukuran mini dan medium size. 

Koleksi women collection edisi terbaru khusus memperingati hari valentine. Sumber: Hypebeast.com
Koleksi women collection edisi terbaru khusus memperingati hari valentine. Sumber: Hypebeast.com

Perpaduan gradasi warna pink, peach, dan merah dipilih menjadi visual utama koleksi keluaran terbaru ini dengan tambahan ilustrasi abstract yang unik. Namun, mereka tetap tidak lupa menggunakan warna monochrome sebagai penetral sehingga bisa menjadi kombinasi yang mix and match untuk para penggunanya. 

Produk Women Series ini hanya dijual eksklusif berbarengan dengan Women Jersey Football dari tim Persis Women sendiri. Seluruh produk yang mulai dirilis pada 17 Februari ini bisa kamu dapatkan di Persis Store Manahan (offline) dan untuk pembelian online bisa kamu beli via marketplace kesayangan kamu dan website Persis Store beserta produk merchandise edisi khusus dan produk kolaborasi lainnya. Untuk harga produk sendiri dibandrol dengan harga Rp 259.000 sampai Rp 389.000.

Merchandise keluaran klub sepak bola Indonesia saat ini sudah mulai menunjukkan inovasi-inovasi yang menarik dan kreatif, baik itu produk keluaran klub sendiri maupun berkolaborasi dengan brand lokal lainnya. Harapannya, inovasi ini terus berlanjut dan tidak berhenti sampai sini saja. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Satrio Adi Pradipto

Hamba tuhan yang selalu mencintai sepakbola (dan kamu).