Esensi

UNPOPULAR OPINION: CARA NIKMATIN FILM ATAU SERIES LEWAT SPOILER

Mungkin banyak orang yang paling nggak suka dapat spoiler ketika mau menikmati suatu film atau series drama tertentu. Tapi, lo tahu nggak Civs kalau ada juga lho orang-orang yang rela nyari spoiler itu supaya bisa dapat kenikmatan tersendiri ketika menonton. Hal itu sebenarnya nggak salah, tapi jadi unpopular opinion saja sih~

title

FROYONION.COM - Salah satu unpopular opinion yang gue tahu soal cara menikmati film atau series drama adalah dengan mendapatkan spoiler sebelum menyelesaikan tontonan itu. 

Apa? Gimana? ...

Kebanyakan dari lo mungkin ngerasa kalau hal itu aneh dan tabu banget buat dilakuin. Pasalnya, orang bakal marah dan bete banget kalau mendapat spoiler dari internet ataupun teman terdekatnya.

Apalagi kalau film itu benar-benar dikemas dengan punya elemen surprise yang besar atau punya tingkat popularitas yang tinggi. Fix, kalau lo dapat spoiler biasanya bakal sangat ganggu experience lo nikmati tontonan itu.

Tapi perlu lo tahu juga nih, kalau ada beberapa orang yang nyatanya menikmati suatu cerita di film atau series dengan spoiler. Beberapa kerabat gue yang berasal dari kalangan anak muda pun punya sudut pandang serupa. 

Dari tulisan ini, mungkin lo bisa dapat sedikit gambaran tentang bagaimana cara menikmati tontonan dengan spoiler, Civs. 

Sebuah penelitian yang dilakukan Jonathan D leavitt dan Nicholas J.S. Christenfeld dari University of California mengungkap kalau ada efek ilmiah dalam studi psikologi yang terkadang membuat orang menyukai cerita yang diawali dengan spoiler atau petunjuk. 

Dalam penelitian itu, 800 responden diberi cerita pendek 4.200 kata dengan genre dan alur yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya mendapat bacaan yang sudah didahului oleh spoiler pada awal cerita, tapi ada juga cerita yang belum terungkap. 

Para responden diminta untuk menilai tingkat pengalaman membaca mereka. Hasilnya, notabene peserta memberi peringkat tinggi pada cerita yang sudah mengandung spoiler. Kenapa? karena mereka merasa lebih dimanjakan dan memiliki pengalaman membaca yang lebih menyenangkan. 

Penelitian tersebut pun secara sederhana menggambarkan kalau kita bisa menikmati efek spoiler meski terkadang aktif mencoba menghindarinya. Banyak alasan yang bikin hal tersebut bakal terdengar masuk akal. 

METODE KURASI AMPUH 

Salah satu teman gue, Ridi Fadilah (25) beranggapan kalau mencari spoiler sebelum memutuskan menonton suatu tayangan itu jadi salah satu kebiasaan yang harus dilakukan dulu. Tujuannya sederhana sih, cuma sekedar untuk memberi penilaian apakah film tersebut layak buat ditonton atau enggak.

Apalagi, kata dia, series-series di Netflix dengan jam tayang yang panjang terkadang memakan banyak waktu buat diselesaikan. Makanya penting banget buat dia menonton apa yang memang menarik buat disaksikan. 

"Sebenarnya terkadang bagus kalau gue dapat spoiler, buat nentuin lagi film itu menarik apa enggak. Kalau gue sudah dapat spoiler terus nggak menarik, nggak bakal gue tonton tuh film," kata Ridi dalam perbincangan kami. 

Gue pun sebenarnya juga setuju sama apa yang Ridi anggap. Terkadang, cara efektif buat kita menyelesaikan tontonan tanpa ada rasa penyesalan gara-gara filmnya bapuk adalah dengan setting ekspektasi kita sebaik mungkin.

Jangan terlalu banyak berharap sama film yang memang nggak sesuai dengan apa kesukaan kita. Nah, dengan memahami suatu cerita dengan spoiler kita terkadang bisa langsung mengkurasi film-film yang bakal nyambung dan nikmat buat lo saksikan, Civs.

Tapi menurut Ridi memang nggak semua film bisa lo nikmati dengan cara mencari spoiler. Beberapa film besutan sutradara atau rumah produksi yang mungkin lagi hype, kata dia, jangan di-spoiler. Soalnya lo bakal mendobrak banyak anggapan lain tentang cara menikmati film itu dari sudut pandang yang berbeda. 

"Kalau kayak film Marvel atau gitu-gitu yang terkenal kagak gue cari tahu (spoiler-nya). Tapi kalau kayak series untold di Netflix, gue cari tahu dulu tentang apa film itu," tambahnya. 

Pengalaman serupa juga dirasain sama teman gue yang lain bernama Felise (24). Doi cerita kalau pernah ngerasa zonk ketika nonton film yang mendapat rating tinggi dan menampilkan poster serta sinopsi yang menarik.

Setelah dia nonton itu lebih lanjut, ternyata cerita yang ditampilkan dalam film itu nggak cocok dengan selera dia atau dia sih bilangnya ‘nggak asik’. Nah, lewat tahu spoiler ceritanya Felise bisa belajar buat nge-set ekspektasi sehingga nggak gampang jadi kecewa. 

“Sebenarnya (spoiler) buat gue nurunin ekspektasi gue dengan perspektif yang lebih luas. Kadang kalau yang gue lihat poster menarik, terus sinopsisnya kok asik ya. Tapi begitu ditonton, ternyata ekspetasinya sudah terlalu tinggi dan malah resultnya jelek,” ucap dia. 

TEKA-TEKI

Dalam penelitian lain, sebagaimana dilansir dari Psychology Today, terdapat satu pembeda yang paling contrast kenapa orang bisa sangat suka mencari tahu spoiler dan ada juga orang yang sangat benci ketika mendapat spoiler.

Hal itu terlihat dari kebutuhan kognitif masing-masing individu yang berbeda. Beberapa orang yang sangat penasaran dan cenderung ingin berpikir lebih luwes terhadap suatu cerita pasti nggak akan suka mendapat spoiler.

Mereka menganggap hal tersebut mengganggu proses berpikir untuk memecahkan suatu cerita yang disuguhkan. Dalam penelitian tentang psikologi itu, disebutkan kalau kebutuhan masing-masing orang berbeda dan sangat kompleks. 

Eh tapi harus lo tahu juga nih,

Belum tentu juga semua orang yang suka 'dimanjakan' dengan mendapat spoiler suatu cerita itu nggak berpikir panjang ketika menonton suatu tayangan. 

Felise yang ngobrol sama gue tentang pengalamannya menonton film dengan spoiler ternyata punya pandangan berbeda. Dia menganggap kalau dengan mencari spoiler atau review tertentu akan suatu cerita membuat dia lebih bisa memproses cerita tersebut dengan lebih skeptis.

Jadinya, setiap proses dalam cerita bisa dimaknai dirinya secara lebih maksimal. Biasanya buat beberapa orang yang nggak bisa 'meraba' apa maksud dan tujuan dari suatu scene akan berakhir dengan pertanyaan besar di akhir film tersebut. 

Gampangnya sih lo bisa lebih menyerap inti dari film tertentu yang lo tonton. Hal ini biasanya sangat berguna buat beberapa film yang banyak menggunakan majas metafora atau teka-teki lainnya dalam tayangan. 

"Untungnya dengan mencari spoiler, mungkin gue jadi tahu atau setidaknya lebih rinci tentang filmnya," timpal Felise.  

Kalau menurut lo, apakah dengan mendapat spoiler bisa meningkatkan keseruan pengalaman menonton suatu film Civs? (*/)

BACA JUGA: BERTUALANG DI KALIMANTAN, FILM ‘PETUALANGAN SHERINA 2’ BAKAL HADIRKAN CERITA YANG LEBIH SERU

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Michael Josua

Cuma mantan wartawan yang sekarang hijrah jadi pekerja kantoran, suka motret sama nulis. Udah itu aja, sih!