Esensi

TINGGAL DI INDONESIA KOK JURUSANNYA BAHASA INDONESIA, MAU JADI APA?

Tak heran banyak orang awam yang merasa aneh ketika seseorang memilih untuk kuliah di Jurusan Bahasa Indonesia padahal ia sudah tinggal di Indonesia. Tapi lo ngerti gak sih kenapa ya mereka menganggap seperti itu?

title

FROYONION.COM - Pernah ga sih kalian yang kuliah di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia ditanya entah itu oleh kerabat, saudara atau orang asing dengan pertanyaan ‘Kuliah Jurusan apa?’ dan tentu lo akan menjawab dengan apa adanya sesuai dengan jurusan kalian. Namun terkadang setelah jawaban itu justru membuat jurusan ini terasa teremehkan seperti;

“Kamu kan orang Indonesia, kok jurusannya Bahasa dan Sastra Indonesia sih”

“Jurusan Bahasa Indonesia mau jadi sastrawan atau guru?”

“Jurusan Bahasa Indonesia pasti kuliahnya gampang ya, kan udah ngomong bahasa Indonesia dari kecil” begitulah kira-kira. 

Apa sih yang lo pikirin tentang mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia? Calon Sastrawan? Calon Guru? Atau mahasiwa yang belajar membaca dan menulis saja? 

Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah jurusan yang memang mempelajari segala hal tentang aspek bahasa dan sastra yang masih masuk terdalam budaya Indonesia. Disini kalian akan dituntut untuk terampil membaca, menulis, menyimak dan juga berbicara tentunya. 

Lalu kenapa mereka menganggap Jurusan Bahasa dan Indonesia tergolong pada jurusan yang diremehkan ya?

Mungkin hal simplenya adalah mereka tidak tahu apa yang dilakukan di jurusan ini. Atau mereka tidak tahu secara detail apa yang dipelajari. Secara mereka mengira jurusan ini adalah jurusan yang terlalu mudah dan lulusannya hanya menjadi seorang guru, sastrawan atau dosen. Padahal menjadi seorang guru, sastrawan atau dosen adalah pekerjaan yang lumrah saja bahkan bisa membawa Bahasa Indonesia ke luar negeri lho.

Banyak yang belum tahu kalau Jurusan Bahasa Indonesia tidak hanya mempelajari bahasa Indonesia saja lho, diantaranya ketika mereka dituntut untuk mau tidak mau baca banyak buku atau tulisan-tulisan apapun misalnya. Semua jurusan sudah pasti harus membaca buku juga, tetapi jurusan ini? mau tidak mau apalagi hal yang harus berhubungan dengan suatu karya sastra. 

Tidak hanya membaca saja namun juga membedahnya. Mempelajari sastra yang dimulai dari sejarahnya hingga membuat karya sastra itu sendiri. Dan mempelajari bahasa, bahasa adalah bagian dari sastra. Belajar bahasa bukan semata-mata belajar suatu bahasanya saja tetapi belajar tata bahasa, pembentukan dan pola bahasa dan lain-lainnya.

Sebenarnya tanpa disadari, jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia nggak melulu soal bahasa dan sastra. Jurusan ini banyak juga mempelajari dasar seni peran, penulisan naskah, pertunjukkan, membedah buku hingga dasar jurnalistik.

Di zaman sekarang yang semakin modern tentu jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia berkembang memiliki prospek kerja yang bagus juga seperti jurusan lain terutama di dalam Dunia Industri Kreatif. Lantas jurusan Bahasa dan Sastra Indonesiabisa kerja apa sih di era digital saat ini? Jawabannya adalah bisa bergabung di dalam dua industri yaitu Industri Media dan Industri Perfilman.  

Di dalam Industri Media, jurusan bahasa dan sastra Indonesia menjadi salah satu prospek kerja yang paling relevan di masa kini. Karena bahasa dan sastra Indonesia mempelajari ilmu jurnalistik sehingga mereka dapat bisa menjadi jurnalis, editor bahasa, content writer, scripwriter, reporter, copywriter dan redaktur.

Karena jurusan bahasa dan sastra Indonesia merupakan jurusan yang juga mempelajari tata cara kepenulisan dan keterampilan menulis, dan sekarang banyak banget perusahaan-perusahaan media yang membutuhkan skill ini. Jadi cocok banget buat kalian yang lagi belajar maupun suka nulis untuk bekerja di industri media.

Selanjutnya Industri perfilman, industri ini menjadi salah satu prospek kerja yang relevan untuk jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, karena dalam perfilman sudah pasti mereka memiliki peran penting pada suatu  karya-karya sastra seperti cerpen, novel, puisi dan teater. 

Jurusan bahasa dan sastra Indonesia juga memiliki mata kuliah yang berkaitan dengan perfilman yaitu ekranisasi. Ekranisasi merupakan pelayarputihan atau pengangkatan karya sastra ke dalam film. Jadi suatu karya sastra ditransformasikan menjadi film. Disini tidak hanya keaktoran saja tetapi bagaimana cara suatu kelompok memproduksi film.

Cocok banget buat anak Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk mengasah hardskill jika menyukai hal-hal yang berbau dengan perfilman, bisa menjadi peluang yang besar untuk pekerjaan di Industri perfilman ini. 

Dosen gue pernah bilang buat kalian yang ngerasa diremehin, mereka tidak berusaha untuk belajar dan mendalaminya jadi merasa terlihat mudah seperti apa yang terlihat dari luar saja. Jadi buat kalian jurusan apapun terutama jurusan Bahasadan Sastra Indonesia jangan berkecil hati, kalian harus tetap berusaha terutama buat kaum generasi sekarang agar terus banyak berkreasi menciptakan dunia kreatif yang lebih berkembang lagi.

Gimana nih Civs kalian masih mau beranggapan kalau jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia itu gampang? Eitss jangan salah kaprah yaa. Untuk informasi lebih lanjut tentang jurusan ini, kalian bisa banget loh tanya-tanya dan sharing sama anak jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dijaminn asikk abiz! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Anggi Frima

Anggi Frima Damayanti Mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Lahir pada tanggal 1 Januari 2001 di Bogor, Jawa Barat. Mahasiswi dengan hobby rebahan yang kini mulai belajar untuk menulis.