Esensi

SAAT SI MUDA MAKIN TUA DAN SI TUA MAKIN MUDA

Jangan karena selera lo berbeda, lo jadi ngerasa superior dan merasa jadi manusia paling keren di dunia.

title

FROYONION.COM - Pernah ga lo nongkrong di tempat yang dipenuhi anak muda yang gaul abis, dan lagu yang disetel adalah lagu-lagu yang ngehits di bulan tersebut? Atau lu pernah ga, jalan sama om atau tante lu dan lagu yang mereka setel lagu-lagu lawas tahun 80-90an? 

Pernah ga lo lagi nonton film-film hits di bioskop kaya Marvel Avengers dan studionya dipenuhin sama anak-anak muda? atau lu pernah ngeliat bokap nyokap lu lagi nonton sinetron Indosiar yang temanya kerajaan-kerjaan jaman Majapahit dan lain-lainnya? 

Dua hal yang gua sebutin sebelumnya adalah hal normal yang lumrah terjadi di sekitaran kita. Yang muda nikmatin sesuatu yang emang hits di zaman sekarang, dan yang tua nikmatin sesuatu hal yang memang mereka nikmatin di era mereka dulu. Dan jelas, fenomena ini adalah hal yang paling normal dan sering kita temui di kehidupan kita.

Tapi, pernah ga lo lagi nongkrong ke coffee shop yang dipenuhi sama anak-anak muda yang bahkan kadang masih make seragam sekolahnya, tapi lagu yang disetel justru lagu-lagu lawas tahun 80-90an? Atau lo lagi jalan sama om atau tante lo, tapi justru mereka malah nyetel lagu-lagu hits di era kelahiran lo? 

Atau, pernah ga lo nonton Avengers di bioskop tapi ada bapak-bapak atau segerombolan ibu-ibu yang ikut nonton Avengers? Dan pernah ga lo liat anak muda usia 20an tapi khusyuk banget nontonin film lawas item putih? 

Adanya dua fenomena yang lumayan nyentrik di mana yang muda justru lebih nikmatin hal-hal yang lawas dan terkesan old school dan juga ada orang-orang tua yang berusaha fit in sama tren-tren anak muda zaman sekarang merupakan hal yang cukup menarik buat dibahas, kaya apa alesan akhirnya si muda berusaha terlihat “tua” dan si tua mengapa berusaha terlihat “muda”.

Sebagai anak muda, jelas kita pastinya lebih mudah mendapatkan informasi-informasi baru, kaya album barunya musisi A atau film barunya artis B. Jelas kita dengan sangat mudah dapetin informasi-informasi tersebut. Tapi, sebagai anak muda mungkin kita ngerasa bosen dengan informasi-informasi terbaru tersebut. Dari rasa bosen tersebut kadang kita nyoba nyari hal-hal baru yang berbeda dan jarang orang ketahuin salah satunya tren-tren di zaman terdahulu, ya kaya musik, film, outfit dan berbagai macem budaya pop yang lagi ngehits di zaman tersebut. 

Makanya wajar aja kalo kita nemuin anak SMA make vespa tua, celana cutbray terus dengerin lagunya The Beatles. Karena buat mereka, mungkin gaya berpakaian yang lagi ngetren di zaman sekarang ga sesuai sama mereka dan udah banyak orang yang gunain gaya tersebut, sehingga mereka ngerasa ingin berbeda dengan orang lain dan akhirnya bisa jadi salah satu trendsetter buat orang lain.

Tapi, di satu sisi, kita juga sering ngeliat orang tua kita berusaha untuk fit in dengan tren-tren anak muda zaman sekarang, kaya lagu, film, dan bahkan outfit. Mungkin buat para orang-orang tua tersebut, salah satu cara untuk survive di era sekarang adalah dengan adaptif dan mengikuti tren zaman sekarang.

Jadi, jangan kaget kalo lo liat om-om usia 40an make kaos minimalis, celana pendek, make sneaker HYPEBEAST dan dengerin lagu Skrillex. Karena buat mereka gaya berpakaian tersebut adalah hal baru yang mereka ga pernah dapetin di zaman mereka muda, dan jelas, untuk hidup di era Gen Z orang-orang tua tersebut jelas harus adaptif agar bisa tetap survive untuk mempertahankan posisinya.

Apakah ada yang salah dengan dua hal tersebut?

Ya jelas engga, keduanya sama-sama mencoba hal baru yang jarang dan bahkan ga pernah mereka dapatkan di era mereka tumbuh. Jadi buat lo orang-orang yang merasa “tua” yang hobi banget cengin anak SMA dengerin lagu Oasis dengan bilang mereka poser dan lu merasa tau semuanya, mending diem atau lebih baik ngenalin hal-hal lain yang pernah jadi tren di era lo pas masih muda.

Dan buat lo anak-anak Gen Z yang paling melek teknologi dan paling cepet nyaring informasi. Kalo ada orang tua yang berusaha bergaya “muda” ga usah lu cengin, mereka cuma berusaha beradaptasi dan nikmatin hal-hal yang ga pernah mereka dapetin pas masih muda. Ajarin, kalo ada yang kurang pas ya kasih tauiin, jangan justru lu cengin dan lu jadiin konten buat bahan candaan.

Tapi bisa ga sih orang-orang yang seleranya ga sesuai umur ngeselin?

Bisa banget lah boi. Asli, gua sering banget nemuin anak-anak muda yang merasa hobi mereka atau selera mereka lawas dan old school mereka jadi ngerasa superior dan ngerasa paling edgy sampe ngatain selera orang lain. Buat orang yang kaya gitu, asli deh, selera itu hal yang subjektif, ga bisa dikatakan bener atau salah. Kalo lu suka sama tren-tren yang lawas, ya cari orang dengan selera yang sama, jangan justru lu malah ngatain orang dengan selera yang berbeda, alay. 

Dan buat orang-orang tua yang mencoba adaptif dengan tren jaman sekarang, tapi malah suka ngebanding-bandingin tren pas kalian muda dengan tren yang ada, please kurangin, zaman berubah jangan selalu cerita sejarah.  

Ga ada yang salah dengan terlihat “tua” dan “muda”

Pada akhirnya kalo kita ngomongin tren semuanya balik lagi ke selera. Banyak anak muda yang milih tren yang emang ada di zaman mereka muda, tapi ga sedikit juga dari anak-anak muda ini mencoba mengeksplor tren-tren lawas karena mereka merasa bosen atau ga fit sama tren yang ada, gada yang salah sama hal tersebut.

Banyak juga orang-orang tua yang berusaha untuk tetap fit in dengan tren yang ada, selain buat adaptasi dengan generasi yang lebih muda, mungkin ada rasa kenyamanan yang diberikan sama tren-tren baru ini buat mereka yang ga pernah mereka dapetin pas mereka muda.

Jangan sampai karena ada perbedaan selera ini bikin kalian merasa superior dengan selera kalian. Masing-masing penjual punya pelanggannya masing-masing, begitu pula dengan tren-tren yang ada di dunia. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Radhytia Rizal Yusuf

Mahasiswa semester akhir yang hobi menonton anime dan memiliki ketertarikan dalam berbagai budaya populer seperti, anime, J-pop, K-Pop