Esensi

OTAK KREATIF BAWAAN DARI LAHIR ATAU JUSTRU BISA DICIPTAKAN?

Jaman sekarang, pekerja kreatif semakin banyak dibutuhkan. Kreativitas seseorang munculnya dari mana?

title

FROYONION.COM - Hampir semua perusahaan membutuhkan pekerja kreatif untuk berbagai macam job desk (job description). Setiap perusahaan wajib mempunyai pekerja kreatif karena butuh ide-ide gilanya untuk mengembangkan perusahaan tersebut. 

Pekerja kreatif pekerjaannya banyak membutuhkan kinerja otaknya untuk lebih berpikir kreatif yang lebih liar lagi. Banyak orang yang bilang kalo orang punya pemikiran kreatif itu karena bawaan dari lahir, ada juga orang yang bilang kalo orang kreatif itu bisa tercipta karena lebih sering traveling, sering membaca buku, dan lain-lain. 

Ciri-ciri orang kreatif salah satunya adalah orang yang mempunyai banyak perspektif atau bisa mempunyai banyak sudut pandang dalam memandang suatu hal yang sedang dibahas. Nggak semua orang mempunyai banyak perspektif. 

Masalahnya, perspektif itu sesuatu bawaan dari lahir, muncul dari gimana cara parenting orang tua lo sejak kecil, circle pertemanan lo gimana, perlakuan orang-orang di lingkungan sekitar lo gimana, dan lain sebagainya.

Nah, gimana caranya lo tetap bisa berpikir kreatif kalo perspektif lo yang bawaan dari lahir kurang luas?

SERING TRAVELING

Cara pertama, sering traveling adalah salah satu cara yang cukup ampuh untuk memperluas perspektif lo agar bisa lebih berpikir kreatif. Kok bisa sering traveling bisa bikin lo jadi lebih kreatif, apa hubungannya?

Kalo lo sering traveling, pola pikirmu bakal lebih terbuka (open minded) karena lo melihat hal-hal yang belum pernah lo lihat sebelumnya, seperti budaya orang-orang yang tinggal di daerah lain, gaya hidup orang-orang yang tinggal di daerah lain, dan lain sebagainya. 

Banyak hal-hal yang menarik saat lo traveling. Di saat lo traveling lo harus lebih peka ke hal-hal yang ada di sekitar lo, peka dengan hal-hal kecil juga bisa bermanfaat karena justru hal-hal kecil itu jarang dibahas oleh orang lain. Jadi, kalo lo ngebahas hal-hal kecil itu dengan dibungkus dalam sesuatu yang menarik itu bakal keren. 

Saat lo ikut membaur ke warga sekitar saat traveling, lo bakal lebih open minded dan dapat melihat gaya hidup dengan perspektif baru. Traveling dapat mengasah kreativitas juga karena lo dituntut untuk lebih bersikap fleksibel. Sikap fleksibel atau nggak terpaku terhadap satu hal sangat sering berdampingan dengan orang-orang kreatif.

BANYAK MEMBACA BUKU

Nggak sedikit orang yang mempunyai kepribadian introvert. Cara ini sangat cocok untuk lo yang merasa introvert, karena di cara ini lo nggak perlu bersosialisasi dengan orang lain, cuma butuh tempat yang sepi untuk bisa fokus membaca buku.

Untuk mengasah kreativitas nggak cuma dengan cara traveling, tapi juga bisa dengan cara banyak membaca buku. Semakin sering lo membaca buku, juga semakin luas wawasan dan semakin terbuka pola pikir lo.

Nggak harus buku-buku yang pembahasannya serius, membaca novel dan komik juga bisa mengasah kreativitas. Novel dan komik bisa membuat imajinasi menjadi semakin liar, semakin sering lo berimajinasi, semakin lo menjadi kreatif.

Jangan cuma stuck membaca buku dengan genre yang sama, lo harus mencoba membaca buku genre-genre lain. Sering-seringin baca buku. Lebih baik, kalo lo membuat target sebulan setidaknya membaca 1-3 buku, tergantung kemampuan lo sendiri.

BANYAK NGOBROL DENGAN ORANG ASING

Ini cara yang sering dilakukan oleh pekerja kreatif untuk mencari ide biasanya. Kenapa kok ngobrol sama orang asing? Ya, karena lo udah terlalu sering ngobrol sama circle sekitar lo. Jadi, lo harus mencoba sering-seringin ngobrol dengan orang yang nggak lo kenal sebelumnya.

Kalo lo terus-menerus ngobrolnya cuma sama circle lo sendiri, lo nggak akan dapat sesuatu hal yang baru, tapi kalo lo ngobrol sama orang-orang random yang nggak sengaja lo temuin seperti mas-mas ojek online, mbak-mbak warteg, pedagang bakso atau apapun itu lo bakal dapat sesuatu yang baru.

Kalo lo ngobrol sama orang random yang lo temuin, topik obrolannya semakin variatif, apalagi kalo lo dan orang yang lo ajak ngobrol itu berbeda latar belakang, profesi, kelas sosial, ekonomi, suku, budaya, dan lain-lain lo bakal dapat banyak masukan-masukan baru dari orang tersebut untuk menambah perspektif dan mengasah kreativitas.

KEBIASAAN MENCATAT

Saat lo menjalani keseharian, secara nggak sadar otak kan selalu bekerja terus. Kadang-kadang lo melihat hal-hal yang ada di sekitar lo, kemudian lo terlintas sebuah ide yang ada di otak lo. Nah, biasanya tuh orang-orang nggak terbiasa untuk menangkap ide tersebut dan menuangkannya ke dalam catatan.

Sewajarnya orang kalo nggak sengaja menemukan ide, orang itu terlalu menyepelekan seakan-akan bisa mengingat ide tersebut, tapi yang terjadi malah lupa terhadap idenya. Begitulah manusia, gampang banget lupa terhadap hal-hal kecil yang ada di dalam pikiran.

Jadi, biasakanlah mencatat ide atau hal-hal kecil apapun itu yang terlintas di otak lo. Kalo tiba-tiba dapat ide, jangan sesekali menunda dan menggampangkan untuk mencatatnya. Hal-hal sekecil apapun itu, tetap catat. Karena kamu nggak bakal tau kalo mungkin hal-hal kecil itu bisa dirangkai menjadi sesuatu yang menarik nantinya.

Kembali lagi ke pertanyaan awal, apakah otak kreatif bawaan dari lahir atau justru bisa diciptakan?

Menurut gue, intinya, memang ada beberapa orang yang memang terlahir kreatif, imajinasinya sejak kecil sudah liar. Ada juga yang orang terlahir biasa aja, tapi orang itu berusaha mengasah otaknya untuk kreatif itu juga bisa, yang penting rutin untuk melakukan cara-cara yang dapat membuat pemikiran menjadi kreatif. 

Yang perlu lo ketahuin, jaman sekarang udah nggak ada ide yang benar-benar original. Jadi, banyakin referensi lalu menggabung ide dari beberapa referensi lo menjadi sesuatu yang lebih menarik. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadel Ahnaf

Pengamat, penikmat, serta pelaku seni.