Kreatif

10 ISTILAH PENTING BUAT CALON PEKERJA KREATIF

Media sosial, selain jadi wadah yang menarik untuk berkomunikasi dan bertukar informasi, kini bisa jadi “ladang cuan” menarik. Banyak perusahaan yang kini mulai tertarik hire orang-orang creative untuk handle medsos company-nya. Tapi, sebelum kita coba peruntungan di creative industry ini, baiknya cari tau dulu deh istilah-istilah penting yang biasanya dipake.

title

FROYONION.COM - Bekerja di creatie industry khususnya media sosial kini menjadi pilihan job yang cukup populer. Well, gimana nggak, di bidang ini, kita dapat menyalurkan passion ataupun hobi dan hasilnya cukup menjanjikan.

Sebelum mulai pembahasan kali ini, absen dulu deh yuk, apa aja sih yang termasuk pekerjaan di bidang kreatif media sosial itu? Bisa seseorang copywriter, content creator, menjadi seorang influencer atau KOL, dan lain sebagainya.

Nah, sebelum lanjut terjun ke dunia yang mengasyikkan ini, lo harus tau beberapa istilah yang sering digunakan saat bekerja di industri kreatif nantinya, biar langsung sat set tanpa ngang ngong, hehe. Check this out!

1.    Brief

Ini dia yang biasanya ada di SOW, yaitu brief, yang artinya informasi mengenai suatu hal. Biasanya brief disampaikan oleh pihak kreatif pada KOL ataupun talent yang bekerjasama.

2.    Collab

Tadi ngomongin KOL udah, SOW, udah, brief juga udah. Berarti siap buat collab dong, ya? Istilah ini banyak digunakan pada kondisi satu pihak, baik content creator atau brand yang bekerja sama dengan pihak lainnya. Tujuannya tentu menguntungkan untuk kedua belah pihak.

BACA JUGA: MEMBONGKAR MITOS-MITOS YANG ADA DI INDUSTRI KREATIF

3.    CTA

Nah loh, apaan lagi nih? CTA itu singkatan dari call to action atau singkatnya merupakan ajakan pada audiens untuk melakukan hal tertentu. “jangan lupa subscribe dan nyalain loncengnya, ya!” itu dia salah satu bentuk CTA.

4.    Engagement

Istilah yang nggak kalah terkenal dari insight, nih! Engagement sendiri, artinya ikatan. Seumuran kita pasti pada banyak yang engagement, kan? Tapi kali ini, bukan mau bahas soal yang itu. Tapi, lebih kepada gimana interaksi kita dengan audiens, seperti comment, like, share dan yang lainnya.

5.    Insight

Arti dari insight itu sendiri adalah wawasan. Saat brainstorming, kita bisa saja mendapat banyak insight dari rekan tim. Namun di dunia media sosial, insight merupakan salah satu fitur yang memungkinkan kita untuk melihat perkembangan akun yang menjadi bahan analisis nantinya.

6.    KOL

Kata ini sekarang sering ada di mana-mana kan ya? Yaps, Key opinion leader adalah seseorang yang bisa dikatakan ahli pada suatu bidang sehingga menyebabkan pendapatnya didengar atau menjadi rujukan bagi orang lain.

BACA JUGA: SUKA DUKA BEKERJA DI CREATIVE AGENCY YANG SELAYAKNYA LO KETAHUI

7.    KPI

Key performance indicator adalah salah satu istilah yang nggak  asing lagi di dunia kerja, termasuk creative industry. Hal ini merujuk pada indikator kinerja seseorang atau bisa dikatakan juga sebagai parameter terhadap standar job yang diberikan.

8.    Niche

Anak-anak konten, udah paham banget kayaknya nih sama istilah yang satu ini. Supaya konten efektif dan tepat sasaran, lo mesti tau niche-nya dulu. So, kata ini dapat diartikan sebagai spesialisasi dari produk atau bisnis yang sedang dijalankan. 

9.    Rate Card

Sebelum kerjasama bareng KOL, yuk tanya dulu rate card nya berapa. Jadi, istilah ini bisa dikatakan sebagai harga yang ditetapkan suatu pihak untuk melakukan kerjasama/iklan.

10. SOW

Scope of Work umumnya sering digunakan ketika kita melakukan kerjasama dengan KOL. SOW nantinya akan berisikan persetujuan maupun instruksi kerjasama yang terjalin antara perusahaan atau brand dengan KOL juga influencer. Hal ini dibuat untuk menghindari adanya misunderstanding yang dapat merugikan salah satu pihak atau bahkan keduanya.

Semoga, tulisan kali ini bisa nambah insight sekaligus jadi motivasi untuk bekerja  di creative industry, ya. Nah, dari info di atas, mana aja yang pernah lo denger dan mana aja yang baru tau? Atau mungkin ada yang mau nambahin? (*/)

BACA JUGA: INDUSTRI KREATIF: DEFINISI DAN JENIS-JENISNYA YANG PERLU LO KETAHUI (BAGIAN 1)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Desprianti Barkah

Communication Enthusiast | Content Writer