Esensi

NGELANJUTIN BISNIS PAPAH: BERKAH ATAU KUTUKAN?

Punya orang tua dengan bisnis yang sukses emang ga bisa dipungkirin merupakan sebuah kebanggaan buat seseorang. Setidaknya, ketika dia lulus kuliah ada pegangan kerjaan dan kesibukan jadi ga keliatan nganggur-nganggur banget. Tapi belum tentu itu yang dia mau lho!

title

FROYONION.COM - Tau nggak kalau Indonesia itu salah satu negara dengan angka pengangguran tertinggi di dunia? Dari data BPS per Februari 2021, tercatat 8,75 juta orang Indonesia masih milih (atau terpaksa milih?) buat rebahan di rumah. 

Banyak orang yang menyalahkan dirinya sendiri karena gagal mendapatkan pekerjaan. Tapi, ga sedikit juga yang menyalahkan orang lain karena kegagalan yang dialamin. 

Dari kegagalan tersebut, muncullah istilah baru bernama ”adu nasib”. Well, buat kalian yang sering nongkrong dan juga aktif di social media mungkin istilah ini ga asing di telinga kalian. 

Istilah ini biasanya keluar kalau ada perdebatan mengenai keberhasilan seseorang, dan salah satunya bisa kita temuin jika ada perdebatan mengenai pekerjaan seseorang. Salah satu kalimat yang muncul dalam adu nasib ini adalah “Lu mah enak bokap lu punya usaha jadi ga perlu pusing nyari kerjaan. Lah gua?”

Kalimat kaya gini ga bisa kita pungkiri sering banget ditemuin di social media dan bahkan juga di kehidupan sehari-hari. Kesuksesan orang tua seseorang dalam ngejalanin bisnis seringkali dijustifikasi oleh orang-orang yang gagal dapet pekerjaan atau nganggur. 

Seakan-akan faktor penyebab kegagalan mereka cuma didasari oleh privilege yang orang lain punya. Padahal, ga semuanya kaya gitu, dan ga semua orang ingin dan mau menjalankan privilege tersebut.

Punya bekingan bisnis papah ga selamanya berkah

Punya orang tua dengan bisnis yang sukses emang ga bisa dipungkirin merupakan sebuah kebanggaan buat seseorang. Setidaknya, ketika dia lulus kuliah ada pegangan kerjaan dan kesibukan jadi ga keliatan nganggur-nganggur banget. Tapi belum tentu itu yang dia mau lho!

Manusia pada hakikatnya punya hal yang dia suka, minati, dan tekuni. Dari sifat manusia inilah yang jadi dasar pertanyaan dari “Nerusin bisnis orang tua tuh berkah atau kutukan?” 

Pernah nggak kita yang memandang dari luar nanya: “Apa iya sebenernya lu mau nerusin bisnis orang tua? Atau sebenernya lu cuma terpaksa aja?”

Orang lain yang ga tau kehidupan seseorang mungkin menilai kalau ngelanjutin bisnis orang tua adalah keberkahan karena ga harus pusing-pusing nyari kerjaan. Tapi bagaimana dengan orang-orang yang sebenarnya secara terpaksa harus nerusin bisnis orang tuanya?

Coba kita bayangin, ada orang yang kuliah ngambil jurusan Teknik Nuklir karena dia punya ketertarikan dan ingin ngebangun Indonesia sebagai negara dengan kepemilikan teknologi nuklir terbaik di dunia tapi, karena resource yang kurang dia akhirnya susah nyari kerja. 

Tapi, di sisi lain keluarganya punya bisnis toko kelontong sukses yang sampe punya ruko di PIK 5 biji dan dia disuruh ngelanjutin toko kelontong tersebut dari pada nganggur. Emang, mungkin dia bisa aja nerusin toko kelontong orang tuanya, tapi perihnya dia juga harus ngubur mimpi dan cita-citanya jauh-jauh, waktu yang dia curahin selama kuliah, ilmu yang dia punya dari kuliah, dan bahkan inovasi-inovasi yang sebenarnya udah dia punya tapi ga bisa tersampaikan karena kurangnya resources. 

Asli, ketika mimpi yang udah lu bangun selama itu tiba-tiba ilang, sakitnya lebih parah daripada kelingking lu nabrak kaki-kaki meja. Perih, man!

Tanggung jawab seorang anak yang ngelanjutin bisnis orang tuanya juga menurut gue adalah tanggung jawab besar dan hal ini mungkin ga diketahui sama masyarakat Indonesia yang punya sifat judgmental dan hobi banget ngurusin idup orang. 

Buat orang-orang yang ga pernah ngerasain posisi tersebut mungkin cuma mikir, “Wah enak ya kerja di tempat orang tua lu, gak pernah diomelin, duitnya ngalir terus lagi.” 

Tunggu dulu, cuy! Mereka ga tau, kalau seorang anak yang kerja dan calon penerus bisnis keluarga punya rasa tanggung jawab yang lebih gede dibanding kerja sama orang yang ga dia kenal. Rasa ga mau ngecewain orang tua, rasa ga mau gagal, rasa takut ngancurin bisnis keluarga yang sudah dibangun bertahun-tahun, semuanya ada di pundak dan di pikiran anak itu. 

Ditambah, ekspektasi orang-orang dan juga pandangan-pandangan sinis juga tiap hari harus diterima, kayak gini: “Lu kan anaknya si bos, pasti bisalah gini doang.” Kalo tiap hari harus ngadepin pandangan-pandangan gitu, siapa yang kaga kena mental?

Beban kaya gitu harus jadi tanggungan sehari-hari orang yang ngelanjutin bisnis orang tuanya. Terlebih, kalau bisnis orang tua yang udah dibangun bertahun-tahun gagal dan hancur di tangan anak yang ngelanjutin, rasa malu dan kecewa yang dialami anak tersebut pastinya berat banget. 

Dan hal penting kaya gitu sering banget luput dari pandangan orang-orang yang nganggep nerusin bisnis orang tua sebagai berkah bagi seorang anak. Mereka ga paham rasa tanggung jawab yang ditanggung, dan rasa takut yang dirasain oleh orang yang ngelanjutin bisnis orang tuanya. Lebih parahnya, mungkin mereka ga peduli, selama hal tersebut bisa dijadiin alasan atas kegagalan mereka ya mereka happy-happy aja.

Setop bandingin

So, apakah ngelanjutin bisnis orang tua merupakan berkah atau kutukan? 

Buat orang yang emang punya interest dan kemauan buat nerusin bisnis orang tuanya, jelas berkah. 

Tapi, buat orang yang secara terpaksa harus ngebuang mimpinya karena alasan harus nerusin bisnis orang tuanya, jelas itu kutukan. 

Kenapa kutukan? 

Lu hidup bukan sesuai dengan apa yang lu mau dan terpaksa buat ngejalaninnya. Belum lagi beban dan rasa takut yang lu harus hadepin tiap harinya, jelas hal itu bikin hidup lu ga asik banget. Jadinya lu harus idup dengan dihantui rasa takut akan kegagalan, ga asyik banget.

Buat orang yang suka bilang “Idup lu enak, ada bekingan bisnis keluarga”, gua cuma ada satu pesen, please diem aja.

Ga semua hal harus lu compare sama kehidupan lu. Jangan jadiin kesuksesan, kebahagiaan, kesedihan, dan bahkan pengalaman orang buat jadi pembelaan dari kegagalan lu. 

Gagal ya gagal aja, mulai lagi dari awal. Orang yang nerusin bisnis orang tuanya juga belum tentu sukses, pastinya dia juga harus belajar dari nol. Semua orang bisa sukses kalau terus berproses. (*/Radhytia)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Radhytia Rizal Yusuf

Mahasiswa semester akhir yang hobi menonton anime dan memiliki ketertarikan dalam berbagai budaya populer seperti, anime, J-pop, K-Pop