Esensi

MOBILE LEGENDS: KEUNGGULAN MABAR SAMA TEMAN KETIMBANG BERMAIN SOLO

Mabar Mobile Legends sama teman punya banyak keunggulan ketimbang saat lo bermain solo. Apa saja?

title

FROYONION.COM - Bermain gim moba saat nongkrong bareng teman sudah menjadi tren anak muda Indonesia. Selain untuk melepas penat, mabar bisa menambah keakraban lo sama teman.

Salah satu gim moba yang paling digemari di Indonesia adalah Mobile Legends. Mobile Legends merupakan permainan 5 vs 5, di mana kekompakan tim bisa memperbesar peluang buat menang. Namun kekompakan tim ini sulit dicapai oleh para solo player, terlebih di meta sekarang ini.

Meta hyper carry sudah nggak relevan lagi. Jika dulu kemenangan bergantung pada satu hero saja, yang biasanya menjadi jungler sekaligus hyper carry di tim; sekarang ini, terlebih lagi di patch terbaru, kemenangan sangat bergantung pada kinerja seluruh tim. Satu orang mungkin dapat membawa dampak signifikan, tapi bakal tetap kalah dengan mereka yang bermain sebagai sebuah tim.

Di patch terbaru seorang jungler yang cenderung diisi hero berdarah tebal utamanya tank, nggak selalu menjadi hyper carry. Bahkan boleh dibilang, istilah hyper carry sudah nggak relevan lagi, lebih akrab sekarang disebut sebagai damage dealer, untuk menyebut hero-hero yang jadi pemberi damage

Sekarang ini, damage dealer andalan adalah mage dan marksman yang menghuni midlane dan goldlane. Seorang tank meski jadi jungler, tetaplah bertugas memberi back up pada damage dealer.

Jika melihat meta sekarang ini, gue rasa menjadi solo player sudah nggak masuk akal lagi. Lo mungkin beruntung bisa menang di satu-dua game, tapi lo bisa lose streak hingga lima kali match.

Buat lo yang sekarang ini masih suka push rank sebagai solo player, sebaiknya mulai berpikir mencari teman mabar. Nggak perlu lengkap lima player, mabar berdua atau bertiga pun jadi. Buat bahan renungan, gue bakal bagi enaknya main mabar ketimbang solo. Berikut daftarnya:

1# LO PERCAYA SAMA KEMAMPUAN TEMAN LO

Saat bermain mabar dengan teman party, lo pastinya sudah tahu kemampuan teman lo. Meski terdengar sepele, sebetulnya ini memperbesar peluang lo buat menang. Kok bisa?

Dengan tahu kemampuan teman mabar lo, lo percaya teman lo bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Misal, saat lo jadi damage dealer, lo bakal merasa lebih aman saat di-cover oleh teman lo yang jadi tank. Begitu pula sebaliknya, teman lo juga percaya kalau lo memang layak di-cover, sehingga ketika ia melakukan inisiasi war ia yakin lo dapat menyambutnya dengan ngebantai musuh.

Ini sulit terjadi ketika lo bermain solo. Bisa saja, saat lo jadi tank, damage dealer lo ternyata ampas, nggak bisa jaga posisi, sering maju-maju sendiri, dan feeder meski lo sudah mati-matian ngasih back up. Sebagai tank lo pastinya malas ngasih back up ke player macam gini kan.

BACA JUGA: KESALAHAN PLAYER MOBILE LEGENDS YANG BIKIN LO ‘MEMBUSUK’ DI TIER EPIC

#2 ADA YANG NGASIH TAHU KALAU MUSUH MAU NGEGANK LO

Saat lo bermain sebagai goldlaner atau midlaner seringkali lo menjadi sasaran utama musuh. Karena apabila sampai item lo jadi, lo bakal jadi bencana bagi mereka, pembantaian bakal terjadi.

Saat lo bermain solo, jarang sekali ada yang memberi lo peringatan kalau lawan menghilang dari lane dan kemungkinan besar lo bakal kena ganking. Tahu-tahu saja ada satu-dua musuh yang bersembunyi di semak dan menyergap lo saat lo terpancing.

Berbeda ketika lo mabar, teman lo bakal ngasih tahu kalau musuh menghilang dari lane mereka dan ada kemungkinan lo bakal kena ganking. Bahkan jika seandainya lo tetap ngeyel, mereka siap ngebacotin lo habis-habisan seketika itu. Hal ini akan membuat lo belajar mendengarkan.

#3 BISA TUKERAN ROLE

Sebagai publik, seenggaknya lo menguasai satu-dua hero dari setiap role yang ada. Meski pada akhirnya lo lebih cenderung memainkan fighter atau marksman, dengan punya hero andalan di setiap role, draft pick tim lo seenggaknya bisa mengimbangi tim musuh.

Ada kalanya hero-hero andalan lo kena banned atau diambil musuh, sehingga lo mesti memilih hero dari role yang bukan jadi role favoritmu. Daripada lo maksa memakai hero dari role favorit lo tapi nggak bisa mainnya, lebih mending jika lo milih hero yang lo kuasai meski bukan role favorit lo.

Saat mabar, lo bisa bertukar role dengan teman lo demi memperbesar peluang untuk menang.

Ini berbeda saat lo main solo. Seringkali lo mendapat tim yang egois yang maunya memainkan hero di role favoritnya saja, padahal role tersebut sudah terisi. Hal ini bisa terjadi karena lo sendiri nggak tahu mereka bisa main hero apa saja.

BACA JUGA: CARA AMPUH JAGO MAIN MOBILE LEGENDS PAKE HARLEY ALA SONIA

#4 ADA YANG NGASIH TAHU HERO MUSUH SUDAH ULTI APA BELUM

Dalam teamfight berguna banget buat tahu apakah hero musuh sudah mengeluarkan skill-skill pentingnya, utamanya ultimate dan skill crowd control mereka. Dengan mengetahui hal ini, damage dealer bisa aman masuk war dan membereskan sisanya. Karena jika nggak, malah bakal jadi bumerang. Damage dealer tim kalian bisa-bisa tertangkap, dan tim kalian malah rata.

Dengan mabar, teman lo bisa ngasih tahu lo, hero musuh siapa saja yang sudah mengeluarkan ultinya. Atau siapa saja yang sudah memakai battle spell-nya, utamanya spell flicker atau sprint yang biasanya dipakai buat kabur. Karena dengan begitu, lo bisa memutuskan mau overcommit atau membiarkan hero musuh mundur.

Selain itu, lo juga bisa mengetahui teman lo sudah memakai ultinya apa belum. Ini juga penting diketahui sebelum tim kalian set up untuk war.

Hal semacam ini sulit lo dapat saat bermain solo. Jangankan diminta ngasih tahu siapa saja yang sudah ulti atau membuang spell, ngasih tahu lawan menghilang dari lane saja belum tentu ada. Bahkan disuruh mundur atau nge-lord kadang saja susahnya minta ampun.

#5 BISA COMBO DENGAN TEMAN

Ada beberapa hero yang kalau diduetkan, alias combo, bisa sangat merepotkan sekaligus mematikan. Combo Johnson dan Kadita salah satunya. Atau combo Odette dan Diggie. Bisa juga combo Atlas dengan Kadita. Ada banyak sekali combo yang bisa diterapkan.

Namun buat menjalankan combo, dibutuhkan komunikasi buat mendapat timing yang tepat. Jika nggak, kemungkinan besar combo kalian bisa gagal. 

Sebuah combo harus dilatih berulang-ulang demi menemukan chemistry. Hal ini sangat mungkin dilakukan jika kalian mabar.

Buat lo yang solo memang bukan hal mustahil memainkan combo. Akan tetapi itu nggak mudah. Peluang keberhasilan kalian buat combo dengan publik random, amatlah kecil. Jangankan combo, saat tank open war saja, kadang para publik random itu nggak merespon.

Itulah keunggulan bermain secara mabar ketimbang bermain solo. Lebih lagi dengan mabar, lo bisa merayakan kemenangan bareng teman lo, dan tentunya kemenangan itu bakal terasa lebih meriah. Bukankah kebahagiaan bakal lebih kerasa kalau dinikmati bersama? (*/)

BACA JUGA: NYABU SEBELUM BEGADANG ‘PUSH RANK’ MOBILE LEGENDS, BUAT APA?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Shofyan Kurniawan

Shofyan Kurniawan. Arek Suroboyo. Penggemar filmnya Quentin Tarantino. Bisa dihubungi di IG: @shofyankurniawan