Esensi

MINUMAN ALTERNATIF SELAIN KOPI YANG JUGA BISA MEMBANGKITKAN ENERGI

Faktanya memang nggak semua orang bisa minum kopi, soalnya efeknya bisa bermacam-macam, mulai dari diare atau bikin jantung terasa berdegup lebih kencang. Tapi, untungnya ada banyak alternatif minuman lain yang bisa bantu membangkitan energi.

title

FROYONION.COM - Buat Civs yang bisa minum kopi jenis apapun tanpa mengalami efek setelahnya, kalian termasuk ke dalam orang yang paling beruntung. Kalian mungkin tidak menyadari bahwa di luar sana banyak sekali orang yang tidak bisa minum kopi sama sekali, atau rela menyakiti diri mereka sendiri hanya untuk bisa minum segelas kopi kekinian seperti kalian.

Sedihnya, saya masuk dalam golongan orang yang tidak beruntung itu. Tetapi, ketidakmampuan tubuh saya dalam memproses kopi ini bukan sesuatu yang langsung terjadi. Awalnya, saya masih bisa meminum beberapa kopi susu tanpa masalah, namun lama kelamaan, tubuh saya mulai mengalami efek samping yang jika saya paksakan, saya seperti melukai diri sendiri.

Efek samping yang paling umum biasanya sakit perut dan diare. Wajar saja karena menurut beberapa jurnal ilmiah, kafein dalam kopi memang punya sifat laksatif. Nah, akibat sifat laksatif ini, maka ini bisa melancarkan pergerakan feses di dalam usus.

Kemudian, efek yang paling menyebalkan dari kopi bagi saya adalah membuat detak jantung terasa jadi lebih cepat. Kalau dalam dunia medis, ini disebut palpitasi jantung atau sensasi merasakan detak jantung yang jadi cepat, lambat, atau tidak teratur. 

BACA JUGA: APA IYA PENCINTA TEH KALAH PAMOR DENGAN PENIKMAT KOPI?

Pada dasarnya, minum kopi bagi sebagian orang bukan untuk sekadar gaya. Kopi jelas bisa membuat siapa saja yang meminumnya jadi lebih fokus dan merasa bertenaga. Dua efek inilah yang biasa dicari para pekerja, termasuk saya sendiri. 

Sayangnya, daripada menyakiti diri sendiri dengan efek kopi, saya lebih baik mencari alternatif lainnya.

Nah, buat Civs yang juga merasa tidak bisa minum kopi seperti saya, ada beberapa alternatif minuman yang bisa bikin kembali fokus dan bersemangat. 

Ini contohnya.

1. AIR LEMON HANGAT

Ini adalah minuman yang lebih murah dan mudah dibuat dan bisa menyegarkan pikiran seketika. Namun jika Civs punya masalah seperti asam lambung, sebaiknya jangan konsumsi minuman ini, ya.

Rasa segar nan hangat dari minuman ini bisa bikin semangat kembali meningkat dan pastinya jadi lebih fokus belajar atau bekerja. Ini semua ternyata berkat kandungan antioksidan dalam jeruk lemon itu sendiri.

Kabar baiknya lagi, minuman ini juga sangat bagus buat yang ingin menurunkan berat badan. Soalnya, di dalam lemon juga ada kandungan senyawa tepung yang disebut pektin. Nah, senyawa ini bisa membantu menahan rasa lapar di malam hari nanti.

2. SMOOTHIE

Ini adalah jus dalam versi yang lebih ringan. Civs bisa membuat smoothie dari campuran buah, sayur, yoghurt, dan sebagian air. 

Supaya bisa memberikan efek pembangkit semangat, Civs perlu memilih sayur dan buah yang punya kandungan antioksidan, seperti jeruk, pisang, dan lain sebagainya.  Buah-buahan ini juga bisa membuat kamu tetap waspada sepanjang hari.

Untuk resep yang lebih enak lagi, cobalah smoothie dengan campuran buah berry atau smoothie alpukat dengan madu.

Jadi, nggak cuma bikin lebih semangat, smoothie ini pastinya bisa memanjakan lidah dan meningkatkan suasana hati.

3. AIR KELAPA

Air kelapa juga tergolong sebagai minuman menyegarkan terbaik untuk dinikmati di tengah hari yang terasa berat. Minuman ini bisa mengembalikan keseimbangan elektrolit dan mencegah dehidrasi. 

Kabar baiknya lagi, minuman satu ini juga bisa meningkatkan tingkat metabolisme tubuh sehingga membantu Civs yang lagi ingin menurunkan berat badan. 

Harganya pun masih cukup terjangkau. Kalau Civs ngga menemukan kelapa murni, ada juga minuman air kelapa yang biasanya dijual di minimart terdekat.

4. TEH HIJAU

Nah, kalau Civs sebenernya ingin tetap mengonsumsi kafein tapi dalam jumlah yang lebih sedikit supaya ngga muncul efek yang berlebihan, teh hijau bisa jadi pilihan.

Soalnya, teh hijau mengandung lebih sedikit kafein dan pelepasan kafein dalam tubuh juga terjadi lebih lambat. Asam amino yang ada dalam teh hijau membangun kekuatan konsentrasi dan membuat kalian tetap fokus.

Baiknya lagi, teh hijau juga membantu pencernaan, jadi minuman ini cocok banget dikonsumsi setelah makan siang yang berat.

5. KOMBUCHA

Pernah denger kombucha sebelumnya, Civs? Ini adalah teh probiotik atau teh yang sudah melewati tahap fermentasi. Kalau kata penelitian ilmiah, kombucha ini jadi cara yang enak untuk mendetoksifikasi, menyembuhkan, dan meningkatkan tingkat energi tubuh.

Kombucha adalah campuran teh seduh dan SCOBY (koloni simbiosis bakteri dan ragi) yang menghasilkan enzim organik, asam amino, dan vitamin.

Setelah minum kombucha, Civs pastinya bisa merasa lebih berenergi, soalnya memang minuman ini jadi salah satu  minuman energi alami terbaik.

Minuman ini juga sekarang sudah banyak yang jual atau bisa dibeli secara online. Bahkan kalau Civs punya waktu luang, Civs bisa coba buat sendiri kombucha di rumah. Bahan yang dibutuhkan pun mudah, yakni cuma teh dan ragi khusus yang bisa dibeli di situs marketplace

****

Ternyata banyak ya Civs minuman selain kopi yang bisa meningkatkan energi seharian. Tapi, ingat, sebaiknya jangan menambahkan gula terlalu banyak juga ke minuman-minuman ini, ya.

Soalnya, rasa sedikit asam alami dari minuman ini yang juga bisa kasih sensasi segar dan melawan kantuk. 

Jadi, buat Civs yang merasa nggak bisa minum kopi karena efek sampingnya, minuman-minuman alternatif tadi bisa jadi pilihan. (*/)

BACA JUGA: RISET: MASYARAKAT INDONESIA LEBIH SUKA NGOPI DI KEDAI KOPI LOKAL

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Rizky Setiawan

Penulis dan editor. Tertarik dengan isu-isu seputar gaya hidup.