Esensi

MINDFUL EATING: BIAR BISA MAKAN ENAK DAN BERAT BADAN LO TETAP TERJAGA

Mau makan enak tapi nggak bikin berat badan naik? Teknik ‘mindful eating’ jawabannya.

title

FROYONION.COMHari ini udah habis berapa toples nastar, Civs? Atau lo udah siap ngincer mau makan apa pas datang open house di rumah nenek? Eits, bukan berarti momen hari raya atau lebaran lantas badan malah jadi tambah lebaran (baca: lebar-an) ya! Hihihi.

Kita tau kalau nahan godaan makan apapun pas Lebaran itu berat banget! Ada opor ayam, rendang, soto, aneka kue kering, kripik sampai aneka minuman manis yang seger emang sering bikin lo kalap dan rasanya pengen makan semuanya. Ya nggak ya?

Tapi kesehatan tetap yang utama! Bukan hanya karena efeknya yang bisa bikin berat badan lo jadi naik, khawatirnya berbagai macam masalah kesehatan seperti gula darah, kolesterol juga ikutan naik. Kalau soal harga minyak goreng naik, itu beda cerita yah, Civs. Hehehe.

Lantas, apa nih solusinya biar bisa tetap makan enak tapi nafsu makan terjaga dan nggak berimbas ke berat badan atau masalah kesehatan lainnya? Sebelum kita beberkan jawabannya, satu kata kuncinya adalah menerapkan pola makan dengan teknik mindful eating.

APA ITU MINDFUL EATING?

Apaan tuh mindful eating? Konsep mindful eating agaknya masih asing terdengar di telinga ya? Tapi justru hal ini lagi banyak diobrolin para milenial dan gen Z. Mindful eating merupakan turunan dari konsep utama bernama mindfulness atau kesadaran penuh.

Seperti dilansir dari laman seributujuan.id pada Selasa, 3 Mei 2022, mindfulness (kesadaran penuh) adalah keadaan pikiran yang berfokus pada pengenalan tentang apa yang dirasakan saat ini, terlepas dari penilaian dan bagaimana lo mengenali pikiran, emosi dan perasaan fisik. 

Jadi, mindful eating adalah makan dengan kesadaran penuh, sehingga lo bisa menikmati dan betul-betul memerhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Cakupan mindful eating dimulai ketika lo belanja bahan makanan, memasak, sampai ke tahap makan.

MANFAAT

Jujur, deh. Ketika lo menerapkan mindful eating di setiap kesempatan makan, maka lo juga akan dapet bonus berbagai manfaatnya. Manfaat pertama, mindful eating dapat membantu lo belajar untuk nggak langsung memilih makan secara asal yang hanya dipengaruhi emosi, tapi lebih menekankan kepada apa yang saat ini tubuh lo butuhkan.

Manfaat kedua adalah diri lo mampu mendorong perilaku makan yang positif. Contohnya, lebih bijak memilih makanan yang sehat dibanding makanan yang  enak di lidah tapi cuma bikin masalah di tubuh aja. Jadi, positive vibes bisa lo temukan nih karena pakai teknik mindful eating.

Manfaat ketiga, mindful eating mencegah lo dari rasa terobsesi atau cemas ketika ketemu makanan favorit tapi diri lo harus menjauhi atau hanya makan sedikit aja. Makanya banyak yang udah ngerasain mindful eating tetap bisa makan enak dan cocok buat lo yang lagi diet. Asyik, nggak tuh, Civs?

BACA JUGA: SERING MAKAN SAMBIL NONTON, BISA JADI LO KESEPIAN

TAHAPAN MEMULAI 

Tahapan atau langkah-langkah dalam memulai teknik mindful eating sebenarnya nggak perlu peralatan atau langkah yang khusus, lebih jelasnya mending lo simak, catat dan praktekkan tips berikut ya!

  • Mencatat rencana

Semua hal baik diawali dari rencana yang matang, sama seperti halnya teknik mindful eating yang dimulai dari mencatat rencana makan selama seminggu ke depan. Rencana tersebut mencakup rencana untuk makan di luar atau rencana ketika lo ingin mencoba bahan baru setiap hari.

Tulislah rencana tersebut pada sebuah buku catatan atau notes digital yang ada di smartphone lo. Kemudian yang nggak kalah penting, lo harus ingat rencana yang telah dibuat supaya lebih leluasa membuat pilihan makanan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

  • Berhenti dan renungkan

Teknik mindful eating akan mengajak lo untuk selalu berhenti sejenak dan merenungkan dari setiap perencanaan makan yang telah ditetapkan. Maka jangan heran bila lo diharuskan untuk istirahat dan merenungkan sejenak karena itulah esensi dari mindful eating.

Cara asyiknya, lo bisa berhenti sejenak untuk memeriksa apa yang tubuh lo rasakan. Anggap aja dari 1-10, seberapa kenyang yang dirasakan? Kalau lo masih merasa lapar, ya makanlah. Tapi, kalau nggak lapar, lebih baik lo simpan makanan untuk disantap nanti lagi.

Oh iya, lo juga bisa merenungkan berbagai pertanyaan seputar makanan yang akan disantap. Misalnya: ‘Seberapa lapar gue sebenarnya?’,’Apa yang tubuh gue butuhkan?’.’Seberapa kenyang yang gue rasakan di tengah malam ini?’,’Apakah gue ngerasa porsi makanan ini kebanyakan atau rasanya nggak enak?’.

  • Membuat pengingat yang gampang

Nggak mungkin dong, selamanya harus diingetin orang terdekat supaya lo makan dengan penuh kesadaran. Nah, tips mudahnya, lo bisa siasati nih dengan menggunakan gelang peningat yang bertuliskan kalimat untuk selalu makan mindful eating.

Lo juga bisa menuliskannya di dinding dekat meja makan. Terlihat sepele tapi pengaruhnya jelas besar untuk lo yang baru memulai teknik mindful eating. Jadi nggak lupa dan ngerepotin orang lain untuk mulai makan dengan penuh kesadaran. Ya nggak ya, Civs?

  • Jangan malas libatkan indera

Kita tau nih, Civs. Jika lo kalau lagi makan, mayoritas sambil nonton drakor atau film favorit di smartphone lo, kan? Hehehe. Mulai sekarang, yuk perhatikan lagi lebih seksama apa yang lo makan. Termasuk berdoa dan syukuri sejenak sebelum makan biar kerasa lebih nikmat.

Porsi yang sesuai dan nggak terlalu banyak apalagi sedikit juga penting yah. Intensitas mengunyah menurut berbagai penelitian juga kurang lebih sebanyak 32 kunyah sebelum menelan. Dengan demikian, lo bisa makan dengan penuh kesadaran dan memberikan sinyal rasa kenyang terhadap otak.

SAATNYA PRAKTIK!

Pengertian teknik mindful eating dan tahapan memulainya udah kita kasih tau. Selanjutnya langsung aja yuk, lo praktekkan teknik mindful eating dengan mencontohkan saat lo makan kue nastar, kue favorit lebaran.

  1. Ambil satu biji kue nastar dari toples dan letakkan di telapak tangan. Berhenti dan jangan ambil seenak diri beberapa kue nastar sekaligus.
  2. Ambil napas dalam-dalam, rileks dan bayangkan kalau lo baru pertama kali makan kue nastar.
  3. Masuk ke tahap yang lebih intens. Rasakan berat dan perhatikan seksama tampilan serta aroma kue nastar yang harum dan padat.
  4. Eits, jangan langsung dimakan. Mainkan lagi tangan lo untuk menggeser permukaan kue nastar ke jari-jari lo dan rasakan permukaan kue nastar.
  5. Siap-siap masuk ke mulut, tapi tahan dulu kue nastar di antara bibir dan tahan selama beberapa detik. Perhatikan apa yang lo rasakan.
  6. Gigit sekali aja kue nastar tapi jangan langsung dikunyah. Nah, di tahap ini apakah lo mengeluarkan air liur dan perhatikan apa yang lo rasakan.
  7. Sekarang, lo boleh mengunyah kue nastar dan perhatikan rasa dan tekstur yang terasa dalam tiap gigitan.
  8. Sebelum lo cerna itu kue nastar, pastikan kunyah sampai benar-benar lumat dan setelah ditelan, tutup mata lo sejenak dan perhatikan apa yang lo rasakan.

Akhirnya apa? Ketika lo lebih sadar apa yang lo makan, otomatis pikiran akan lebih tenang dan lo nggak khawatir lagi makan karena telah memilih cara yang tepat. Selamat mencoba ya, Civs! Kasih tau ke kita kalo lo udah nyobai teknik mindful eating ini! (*/)

BACA JUGA: MAKAN COKELAT SAAT SARAPAN BISA MENINGKATKAN KREATIVITAS LO

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas