Esensi

SERING MAKAN SAMBIL NONTON, BISA JADI LO KESEPIAN

Banyak yang setuju makan nggak sambil nonton kayak sayur nggak pake garam, hambar. Ada juga yang bilang, makan nggak nonton bikin gabut, bengong jadinya overthinking. Tapi lo mesti tau Civs, ini ada kaitannya sama kondisi psikologis seseorang.

title

FROYONION.COM - Makan sambil nonton memang udah jadi kebiasaan banyak orang. Lo bahkan sering nemuin temen atau keluarga lo yang makan sambil nonton di mana pun. Memang menyenangkan makan ditemani tontonan YouTube, Netflix atau beragam acara di tv. Apalagi, sambil mengisi waktu santai sehabis pulang kerja, jadi aktivitas paling dinanti.

Kebiasaan ini jadi obrolan agak serius nih di jagat Twitter. Diawali sebuah utas dengan pertanyaan receh seketika lewat di linimasa gue. “Kenapa orang-orang kalo makan mesti sambil nonton YouTube?

Nggak butuh waktu lama, ribuan pengguna membanjiri kolom komentar. Mereka saling komentar berpendapat dan sepakat dengan jawaban kurang nikmat rasanya menyantap makanan nggak sambil nonton.

Tren makan sambil nonton mulai menjamur di beberapa negara di dunia. Awal mulanya saat pandemi, ketika banyak bermunculan Youtuber yang melakukan aksi mukbang.

Nggak sedikit masyarakat yang merasa makan sambil nonton mukbang menambah nafsu makan. Tapi kondisi ini nggak sepenuhnya bener ya Civs, tiap orang punya preferensi yang berbeda-beda.

Komentar pada cuitan itu berlanjut, ada juga yang bilang aneh rasanya makan nggak sambil nonton. “Masa lagi makan cuma ngeliatin nasi sama lauk, kaya nggak ada kerjaan lain nggak sih?” kata salah satu pengguna Twitter.

Terkadang, seseorang belum akan menyantap makanan kalo belum menemukan tontonan yang bagus dan pas. Alhasil makanan yang sudah siap disantap, dibiarkan sampai dingin.

MERASA PENGEN ADA YANG NEMENIN

Banyak yang bilang kebiasaan makan sambil nonton adalah reaksi dari psikis kita yang merasa kesepian Civs. Coba lo perhatiin biasanya orang-orang yang nonton sambil makan memang cenderung berada pada suatu kondisi dirinya sedang sendirian.

Jarang kan lo temuin sekelompok orang atau dua orang yang berada di satu tempat akan memilih untuk nonton sambil makan. Ya meski ada, mungkin nggak bertahan lama dan akan beralih ngobrol atau diskusi.

Fakta baru bahwa orang yang menonton sambil menikmati makanan sebenarnya merasa pengen ada yang menemani. Mereka ada keinginan kuat buat makan sesuatu dengan teman atau keluarga, tetapi nggak kesampean, alhasil mendorong menonton tayangan yang disukai. 

Contohnya nonton tayangan kuliner pinggir jalan, atau kuliner Taman Jajan Bintaro. Ketika seseorang menonton tayangan ini, ada perasaan yang akan dirasakan oleh para penonton. Perasaan itu semacam terpenuhinya rasa ingin mereka ditemani.

Lo tau nggak? Kebiasaan makan sambil nonton cenderung membuat mereka melepas stres dan menghibur diri. Aktivitas ini membuat nyaman dan bahkan bikin kecanduan melakukan lagi dan lagi. Tapi perlu diketahui Civs kebiasaan ini dapat berdampak buruk loh.

KEBIASAAN NGGAK SEHAT

Melansir Kompas.com, psikolog Susan Albers bilang, nggak masalah kalo kita terkadang menonton sambil ngemil atau makan. Namun jika kita selalu melakukannya, maka hal itu akan menjadi kebiasaan yang nggak sehat.

"Kita cenderung tidak menikmatinya dan tak menyadari porsi yang telah kita lahap," ucapnya.

BACA JUGA: INI MANFAAT MAKAN BERSAMA KELUARGA BUAT KESEHATAN LO

KONSEP MINDFUL EATING NGGAK BERLAKU

Seorang dokter bedah bariatrik dan metabolik dr. Ramen Goel bilang, kalo kebiasaan makan sambil nonton bisa bikin pikiran lo terganggu. Bahkan, otak nggak bisa tuh koordinasi langsung dan bikin sadar, apakah perut udah kenyang atau belum.

Waktu lo duduk makan sambil nonton, konsep mindful eating (makan dengan penuh perhatian) sama sekali nggak berlaku. Pasalnya, lo lebih fokus menonton. Ini menghalangi kesadaran, akhirnya jumlah makanan yang masuk ke tubuh nggak bisa ke kontrol.

Emang sih makan sambil nonton itu asik dan nyaman. Tapi lo jadi nggak sadar makan lebih banyak, apalagi menu yang disantap adalah makanan cepat saji. Justru makan dengan cara ini bikin kalori tubuh jadi bertambah.

Buat yang masih suka makan sambil nonton, coba tanya sama diri lo, beneran kesepian apa nggak sih? Hehe. (*/)

BACA JUGA: POPO ‘WARPOPSKI’: MAKANAN ITU SIMBOL IBADAH DAN SEBUAH KARYA SENI

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Abdurrahman Rabbani

Cuma buruh tinta yang banyak cita-cita.