Esensi

MENGENAL TANDA TOXIC SELF-LOVE, AKIBAT MENCINTAI DIRI SENDIRI SECARA BERLEBIHAN

Self-love merupakan aspek penting dalam kehidupan, mencintai diri sendiri itu sangatlah penting agar terhindar dari gangguan mental. Namun, jika dilakukan secara berlebihan juga akan berdampak negatif. Kira-kira kalian mencintai diri sendiri sewajarnya atau berlebihan?

title

FROYONION.COM – Self-love akhir-akhir ini memang sangat sering digaungkan oleh kaum muda-mudi. Memang, self-love wajib diterapkan dalam kehidupan kita, dengan itu kita dapat menerima semua yang terjadi pada hidup kita. Tapi, harus tetap ada batasan agar tidak berlebihan, karena akan mengakibatkan dampak buruk kedepannya.

Jangan sampai hal ini merugikan diri sendiri maupun orang lain, banyak yang salah beranggapan ketika mereka mencntai dirinya sendiri maka berhak melakukan apapun pada dirinya. Padahal belum tentu itu bermanfaat dan berguna bagi dirinya, bisa aja itu merupakan kegiatan impulsif berkedok self-love.

Apapun yang dilakukan berlebihan tentunya tidak akan baik. Begitupun dengan self-love jika berlebihan maka akan berdampak buru ke diri sendiri. Akan muncul dampak negatif tanpa kita sadari maupun disadari. Untuk itu perhatikan tanda-tanda toxic self-love, agar kalian tidak berlebihan dalam mencintai diri sendiri.

SELF-LOVE BERBEDA DENGAN SELFISH

Self-love dan selfish adalah hal yang berbeda, mencintai diri sendiri bukanlah kita menjadi egois melainkan menjadikan diri kita menjadi pribadi yang lebih baik. Seseorang yang egois tidak akan memikirkan orang lain hanya fokus pada dirinya sendiri. Mereka cenderung selalu ingin diutamakan, tidak mau dikritik serta tidak akan mengalah pada apapun. 

Mencintai diri sendiri akan membuat kalian menjadi lebih positif. Lebih menerima kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri kita. Menerapkannya dengan baik maka kalian akan memiliki keseimbangan hidup, baik dalam kesehatan mental, fisik, maupun dalam kehidupan sosial. Kita tidak bisa terus menerus mengandalkan orang lain, pada dasarnya diri kita sendirilah yang akan selalu ada. 

MERASA KESEPIAN

Mencurahkan cinta bisa dilakukan untuk siapapun dalam hidup kita, terutama untuk diri sendiri. Namun, apa jadinya jika terlalu mencintai diri sendiri hingga lupa akan lingkungan sekitar. Mereka yang terlalu berlebihan dalam self-love tentu akan muncul rasa egois dan merasa tidak membutuhkan orang lain. Hal ini akan mengakibatkan orang-orang di sekelilingnya pergi menjauh karena merasa tidak dihargai dan tidak dibutuhkan. 

Dengan kata lain mereka akan merasakan kesepian karena tidak memiliki siapapun di dalam hidupnya. Hanya akan mengandalkan dirinya sendiri serta merasa ada sesuatu yang kosong dalam dirinya. Mereka tidak akan bisa merasakan bagaimana serunya bertukar pikiran dengan lawan bicara.

BACA JUGA: ‘SELF-LOVE’ JANGAN SAMPAI MERUGIKAN DIRI SENDIRI

SELALU MERASA BENAR

Mencintai diri sendiri memanglah suatu kewajiban, namun kalian tetap harus menghormati dan menghargai orang lain terutama dalam hal berpendapat maupun saat sedang bertukar pikiran. Jika dalam bersosialisasi kalian dengan sengaja membuat kesalahan dengan alasan “Kan sebagai manusia bebas berpendapat dan berekspresi”, sebaiknya tidak dilakukan. Meskipun memang bebas berpendapat dan berekspresi bukan tandanya kita tidak menghargai orang lain.

Belajarlah mendengarkan apabila seseorang sedang menasihati kalian, terkadang memang terdengar mengesalkan tapi kalian harus terbiasa menerimanya. Jadilah orang yang fleksibel atau luwes saat bersosialisasi jangan menjadi sosok yang tidak ingin disalahkan.

ACUH TERHADAP PERASAAN ORANG LAIN

Self-love bukan berarti bisa menyakiti perasaan orang lain, sebagai manusia yang memiliki akal budi tentunya kita harus memikirkan perasaan orang lain termasuk lawan bicara kita. Jangan hanya lebih condong memikirkan perasaan dan diri sendiri. 

Kalian tentunya tidak ingin kan disebut sebagai orang yang toxic, tetaplah berusaha menjaga perasaan orang lain bukan hanya perasaan sendiri. Iya walaupun memang konsepnya disini kita membahas mencintai diri sendiri, tapi perlu diingat kalian hidup di lingkungan sosial.

BACA JUGA: MEMAHAMI SELF LOVE UNTUK PELIHARA KESEHATAN MENTALMU 

BERTINDAK SEENAKNYA

Kalian pasti memiliki jalan hidup yang bervariasi sesuai dengan versi kalian. Hal ini membuat kalian tidak akan membatasi diri kalian terhadap apapun selama itu baik dalam pandangan kalian. Tapi, perlu diingat kalian juga tetap harus mentaati norma-norma yang ada. 

Setiap manusia memiliki pemikiran yang berbeda, saat itu baik bagi kalian belum tentu bagi orang lain itu juga baik. Tidak mau kan kalian dijauhi orang lain karena tindakan kalian yang seenaknya tanpa memikirkan norma-norma yang berlaku.

Cintai diri sendiri memanglah wajib, tapi jika dilakukan secara berlebihan justru akan menimbulkan toxic self-love dalam diri. Jadi, jangan lakukan apapun secara berlebihan ya termasuk Self-love. Ayo, cintai diri sendiri untuk hidup yang lebih indah. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Canda Christie Setiawan

Writer