Esensi

MENGENAL SIGMA FEMALE, TIPE KEPRIBADIAN YANG NGGAK KALAH KEREN DARI ALPHA FEMALE

Apa itu sigma female? Ketahui ciri-cirinya di artikel ini biar bisa membedakannya dengan alpha female!

title

FROYONION.COM - Sebagian besar orang mungkin pernah mendengar atau bahkan akrab dengan istilah alpha female, suatu kepribadian wanita yang dikenal memiliki sifat kuat, tegas, dan dominan. Selain alpha, ada pula tipe kepribadian sigma yang cukup unik, namun masih jarang diketahui oleh kebanyakan orang. 

Sekilas, beberapa karakteristik sigma female nampak sama dengan alpha female meskipun keduanya berbeda. Sigma female memang sering terlihat menjadi pemimpin, namun mereka cenderung tidak suka mengikuti aturan. 

Sama seperti alpha, sigma juga perempuan yang mandiri dan percaya diri. Namun, mereka kerap dijumpai sebagai pengusaha atau orang yang menjalankan bisnisnya sendiri.

Hal ini karena mereka merasa memiliki 'ide' sendiri, sehingga kurang senang jika bekerja di bawah tekanan orang lain. Mereka juga dikenal memiliki kebiasaan yang rajin, tegas, pemikir yang bebas, dan tidak takut memperjuangkan mimpinya.

BACA JUGA: LONE WOLF: ORANG DENGAN KEPRIBADIAN YANG SUKA MENYENDIRI, DAN MUDAH MENGENAL DIRI SENDIRI

KARAKTERISTIK SIGMA FEMALE

Inilah beberapa karakter sigma female yang melekat dalam dirinya:

  1. Karismatik, tapi Introvert

Karakteristik sigma female pada dasarnya mampu memainkan peran sebagai pemimpin. Mereka memiliki karisma yang kuat dan tidak segan untuk berbicara di depan umum untuk membagikan pemikirannya.

Hanya saja, perempuan sigma lebih banyak memilih untuk mengambil kegiatan atau pekerjaan yang tidak banyak melibatkan orang lain. Bahkan, mereka lebih nyaman untuk bekerja sendiri, misalnya dengan mengambil proyek solopreneur atau freelance.

2. Memiliki Pendirian yang Kuat

Mereka yang berada di bawah bendera  sigma adalah orang-orang yang logis, cerdas, dan berpendirian kuat. Mereka tidak ingin melakukan sesuatu hanya karena orang lain melakukan hal yang sama.

Sigma female juga melakukan sesuatu berdasarkan caranya sendiri, memiliki kegemaran yang unik (atau aneh), dan memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang kehidupan.

Mereka tidak berusaha keras untuk mengikuti tren kecantikan atau fashion untuk terlihat modis, tetapi lebih memilih untuk mengenakan apa yang membuatnya merasa nyaman dan percaya diri.

BACA JUGA: TEROBSESI MENJADI SIGMA MALE PERSONALITY SAMPAI LUPA RENDAH HATI

3. Menyukai Kebebasan dan Fleksibilitas

Perempuan sigma memiliki kepribadian introvert yang menonjol, namun mereka juga mampu bersosialisasi dengan berbagai macam orang. 

Mereka sangat menghargai kebebasan dan waktu yang dikeluarkan untuk dirinya sendiri. Tidak seperti alpha female yang mencoba dominan di tempatnya berada untuk ‘naik kelas', sigma female justru disukai dan dihormati karena keautentikannya.

4. Dualistik

Karakteristik unik yang dimiliki sigma female adalah dualistik. Ketika beberapa hari merasa murung atau tertutup, bisa saja beberapa hari kemudian ia nampak ceria ketika bersosialisasi dengan orang lain. Perempuan sigma juga memiliki selera humor yang mengejutkan dan terkadang bisa bersikap sarkastik.

5. Tidak Anti Sosial, tapi Pandai Membuat Batasan

Dalam pertemanan, perempuan sigma lebih menyukai hubungan dengan sekelompok orang secara mendalam. Mereka juga cenderung sangat berhati-hati dalam memilih pasangan karena cukup mudah terikat secara emosional dengan orang yang disayanginya dalam hidup.

Meskipun demikian, sigma female tidak takut untuk menegaskan batasan dengan kuat karena ia menghormati dirinya sendiri. Dikarenakan alasan inilah, ia mampu terlihat dingin dan sulit didekati bagi orang asing.

BACA JUGA: APA IYA MUSIK BISA MENENTUKAN KEPRIBADIAN KITA?

SIGMA FEMALE VS ALPHA FEMALE

Baik sigma female maupun alpha female sama-sama menarik dari segi intelektual dan juga fisik. Kedua karakter ini sangat menawan dan mampu mencuri hati orang lain dalam sekejap. 

Saat dihadapkan pada situasi genting, maka sigma dan alpha cenderung menggunakan logika dalam menyelesaikan masalah.

Baik sigma maupun alpha sangat mencintai kemandirian. Mereka bukan tipikal orang yang mudah tunduk kepada siapa pun dan hanya akan mendengarkan diri mereka sendiri.

Sebab, mereka tahu apa yang mereka inginkan dan cara mendapatkan keinginan itu. Lalu, apa saja perbedaan dari kedua karakter wanita tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Alpha Female Aktif, sedangkan Sigma Female Pasif

Salah satu ciri khas alpha female adalah memiliki sifat yang keras. Mereka memiliki karakter yang sarkas dan terkadang blak-blakan. Mereka juga tidak suka basa-basi, sehingga akan langsung memulai percakapan pada intinya tanpa ragu.

Saat semua mata tertuju padanya, alpha female begitu menikmati momen tersebut. Ia bersosialisasi secara aktif dan senang menjadi bagian dari keramaian. Kebalikannya, sigma female tidak suka berbicara terlalu banyak dan memancarkan aura yang misterius. 

Banyak orang yang beranggapan bahwa ia kesepian dan terisolasi, namun sebenarnya kesendirian itu merupakan pilihannya sendiri. Seorang sigma female tidak peduli jika iya menjadi pusat perhatian atau tidak.

Namun, jika ia tidak mempunyai pilihan selain menghadapi situasi sosial, maka ia tetap dapat mengatasi situasi tersebut dengan begitu baik.

2. Alpha Female Senang Berorganisasi, sementara Sigma Female Senang Bekerja Sendiri

Alpha female merupakan pemimpin yang ramah, sedangkan sigma female lebih senang menyendiri.

Jika alpha female dimasukkan ke dalam suatu organisasi, maka ia akan dengan senang hati memperoleh tugas sebagai pemimpin. Ia senang membantu, membimbing, dan mengajar orang lain karena ia juga suka belajar.

Alpha female tidak akan segan membantu siapapun yang membutuhkan bantuannya serta mengajak rekan-rekan timnya untuk berkembang bersama.

Sementara itu, sigma female lebih senang bekerja sendiri dan cenderung menghindari tugas kelompok. Mereka akan menghindari kontak yang tidak terlalu perlu dengan banyak orang. Hal ini karena sigma female lebih menyukai ketenangan karena menikmati kesendiriannya.

3. Alpha Female Menyembunyikan Perasaannya, sedangkan Sigma Female Tidak Diam Saja Saat Disakiti

Alpha female sangat pandai menyembunyikan emosi mereka. Bahkan ketika seseorang membuat mereka marah, mereka bisa tetap tenang dan fokus mengerjakan pekerjaannya.

Mereka tidak mengizinkan orang lain untuk tahu bahwa mereka terpengaruh atau tertarik dengan apa pun. Hal ini karena mereka tahu jika pelaku mengetahui hal-hal yang mempengaruhinya, maka mereka bisa saja akan memanfaatkannya.

Di satu sisi, sigma female lebih sering tidak menunjukkan emosinya, tapi jika seseorang menyakitinya, kaka ia tidak akan diam saja.

Sigma female akan memastikan bahwa siapapun yang membuat mereka emosi harus membayarnya sebagai bentuk balas dendam.

Jika teman-temannya terluka, mereka juga tidak akan membiarkannya. Bisa dibilang, sigma female adalah kawan yang baik dan sedikit protektif. Jika ada yang membuat air mata kawannya berlinang, maka mereka akan membuat perhitungan.

Sigma female adalah tipe kepribadian yang unik dan mengagumkan. Meskipun memiliki beberapa kesamaan dengan alpha female, namun sigma female memiliki sisi misterius yang membuatnya semakin menarik di mata orang lain. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dilla Hardina

Content writer dan Japanese pop culture entusiast