Esensi

KULIAH DI KAMPUS TOP: WORTH IT ATAU NGGAK SIH BUAT KARIR?

Banyak orang yang bingung, sebenernya worth it nggak sih buat kuliah di kampus top, toh banyak juga kok yang sukses yang nggak dari kampus top.

title

FROYONION.COM - Halah juga lu ngapain capek-capek kuliah di kampus top, ujung-ujungnya juga sama-sama kuliah, dan lagian hari gini emang masih ngaruh apa? Recruiter bukan ngeliat lu kuliah dimana, tapi ngeliat kemampuan lu kali.

Nah, pernah nggak sih Civs lu denger kalimat-kalimat itu, entah dari temen-temen lu atau cuman sekadar di sosmed. Sejujurnya gue juga penasaran banget sama hal yang satu ini, dan beneran nggak sih kalau tuh kampus bakalan ngaruh ke karir kita kedepannya. Soalnya banyak dari orang-orang sukses yang asalnya dari kampu-kampus top, tapi di lain sisi juga ada orang-orang sukses yang notabene asalnya dari kampus yang biasa-biasa aja dan bahkan terkesan antah berantah.

Okay, tanpa berlama-lama lagi kuy kita bahasa bareng-bareng!!!

SELF-SELECTION BIAS VS SURVIVORSHIP BIAS

Sebenarnya buat ngejawab pertanyaan ini agak susah ya, dan biasanya buat ngejawab pertanyaan ini jawabannya bakalan terbelah jadi 2, yaitu:

  • Kaum A: “Pastinya ngaruh dong”.
  • Kaum B: “hhmm, ngga juga tuh. Noh temen gua bukan lulusan kampus top juga sukses”.

Loh, kalau gitu yang bener yang mana nih jadinya? Okay sekarang mari kita buktikan kebenaran dari argumen dari kedua kaum tadi.

Nah kaum A di ilustrasi tadi mengalami apa yang disebut sebagai self-selection bias. Jadi para alumni yang asalnya dari universitas top memang bener banget banyak yang jadi orang sukses. Tapi lu  jangan lupa juga kalau mereka tuh sebenarnya juga representasi manusia pada umumnya. Tapi ada hal yang membedakan dari kita pada umumnya, yap bener banget karena mereka itu punya privilege, entah itu dari segi financial support, koneksi keluarga, dll. Jadi kalaupun mereka itu nggak kuliah di kampus top pun, toh mereka juga bakalan jadi orang yang sukses kedepannya.

Misal, kita ambil contoh Mas Menteri,  Nadiem Makrim. Seperti yang lu tahu kalau menteri yang satu ini lulusan dari kampus top. Jadi meskipun mas menteri yang satu ini kuliahnya di kampus yang antah beranta, beliau akan sukses karena privilege-nya tadi.

Nah beda sama kaum B yang ngalamin apa yang disebut sebagai survivorship bias. Dimana dia nganggep kalau “heh, gue lulusan kampus antah beranta bisa sukses juga tuh”. Tapi dia ngga mempertimbangin juga kalau seberapa banyak sih porsi output dari lulusannya yang sukses kalau dibandingin sama lulusannya yang yaa bisa dikatakan kurang sukses.

Selain itu, si B ini bisa jadi juga merupakan fenomena outlier dari lulusan kampus dia. Dimana cuman dia yang kesorot sama terangnya flashlight, tapi dia ngga ngeliat orang-orang yang ngga kesorot tadi.

JADINYA GIMANA?

Okay, untuk ngeliat bener ngga sih kampus ini bakal berpengaruh ke karir kedepannya, maka kita juga harus bisa ngeliat hubungan sebab akibat antara kampus dan karir. Jadi dalam hal ini kampus jadi penyebabnya, dan karir yang jadi akibatnya.

Tapi yang jadi permasalahannya gimana kita bisa mastiin kalau initial endowments yang dimilikin oleh setiap orang itu sama. Emang bisa ngontrol gituh? Nah, untuk itu gue bakal ngerujuk ke salah satu hasil penelitian yang udah dilakuin sama Behrman et al (1996) dimana dia dalam penelitiannya menggunakan anak kembar di Minnesota pada rentang tahun 1936-1955 yang dijadiin sebagai subjek penelitiannya.

Kenapa harus kembar?

Jadisingkatnya anak kembar itu punya initial endowments yang relatif sama, entah itu akses ke sumber keuangan, perhatian orang tua, bahkan tingkat IQ yang relatif sama, dll. Nah untuk itu, si pak Behrman ini pingin neliti gimana sih pengaruh dari pilihan kampus dia berkuliah ke tingkat upah yang bakalan didapetin sama si anak kembar tadi. Bakal ada perbedaan atau ngga?

Dari penelitian ini Behrman et al (1996) nemuin kalau anak kembar yang bisa masuk ke kampus dan fakultas dengan passing grade yang ketat akan memiliki pendapatan yang lebih  tinggi dibandingkan sama saudaranya yang nggak tadi.

Okay, pastinya kurang afdol dong kalau kita cuman liat dari satu hasil penelitian doang. Nah, selain penelitian yang dilakuin sama Behrman et al (1996) tadi ada lagi nih penelitian yang dilakuin oleh Anelli (2016). Jadi dalam penelitiannya ini Anelli (2016) ngelakui pengamatan ke 30 ribu anak-anak muda di italia dari semanjak masih SMA hingga mereka bekerja. 

Dalam penelitiannya itu orang dengan hasilnya juga sama,mereka yang berkuliah di kampus top memiliki pendapatan yang lebih tinggi, meskipun mereka punya tingkat kecerdasan yang relatif sama yang dilihat dari nilai UTBK-nya.

Jadi, ternyata dari kedua penelitian yang udah gue paparin tadi ternyata emang bener kalau kuliah di kampus top itu bakalan berpengaruh ke karir lo kedepannya. Nah, jadi moral value dari cerita gue tadi (buat lo yang mau milih kampus) adalah lo harus terus ngusahain buat bisa masuk ke kampus dan prodi yang susah, ya karena udah kebukti worth it buat karir lo kedepannya. Lo jangan mudah percaya sama omongan orang lain kalau kampus nggak bakalan berpengaruh ke karir lo kedepannya, karna ya dari sisi akademik juga udah terbukti juga.

Akhir kata gue mau bilang kalau “It's true that life isn't equitable, but you should get used to it !!!” (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Naam Amta Muh Shinin

Coder, writer, and Pengagum Amartya Sen