Esensi

“KOTARO LIVES ALONE”: BELAJAR JADI KUAT BERSAMA KOTARO! 

Hidup sebatang kara tentu bukan hal yang mudah. Tapi Kotaro menunjukkan bahwa  hidup sendiri bisa membuat lo jadi pribadi yang lebih kuat dan bisa membawa lo ke  petualangan dan keluarga baru! 

title

FROYONION.COMPernah nggak sih lo kepikiran buat tinggal sendiri? Mungkin se-simpel mau kuliah di  luar kota, biar bisa keluar dari rumah dan bebas hidup sendiri. Atau, lo pernah  dihadapkan pada pilihan untuk bekerja di luar kota dan hidup sendiri atau mencari  pekerjaan lain di kota sendiri, biar nggak jauh dari orang tua?  

Kalo itu masih menjadi 'pikiran' atau niat, lo adalah orang yang sangat beruntung!  Kenapa? Karena Kotaro nggak punya pilihan itu di hidupnya. Tinggal sendiri, bukan  jadi pilihan baginya, melainkan sebuah keharusan.  

Kotaro Lives Alone adalah drama Jepang yang berisikan 10 episode berdurasi  kurang lebih 23 menit di tiap episodenya. Drama ini merupakan adaptasi dari manga  dengan judul serupa 'Kotaro wa Hitorigurashi'. Dirilis pada 24 April 2021, drama ini  menyajikan cerita yang hangat dan menggemaskan. Kehangatan dari drama ini bisa  lo rasakan di setiap episodenya. Walau berkisah tentang perjalanan hidup Kotaro  untuk belajar mandiri dan menjadi kuat, kita juga diajak untuk mengenal lebih dekat  tetangga-tetangga Kotaro di kompleks apartemen yang ia tinggali.  

Drama ini cocok buat lo tonton sebelum lo memutuskan untuk meninggalkan rumah.  Atau buat lo yang lagi kangen berat sama suasana rumah. Kotaro bakal ngajak lo  buat jadi manusia yang berdikari dan jadi pribadi yang kuat. Nah, berikut tips-tips  dari Kotaro buat kalian yang mau tinggal sendiri!  

MAKE THE BEST FIRST IMPRESSION! 

Katanya, penampilan pertama adalah segalanya. Bener banget kan? Ketika pertama  kali ketemu sama orang lain, kalian pasti langsung memberi penilaian dan  judgement tentang bagaimana orang tersebut. Entah itu penampilan atau sikap dari  orang yang bersangkutan. Emang bener kalimat Don't judge a book by its cover,  tapi pertemuan dan impresi pertama adalah penentu orang lain ingin menjalin  hubungan dengan kamu atau tidak. 

Oleh karena itu, alangkah baiknya kalau lo selalu memperhatikan gaya berpakaian  lo dan juga dapat menyesuaikan sikap dengan tempat baru kalian. Gaya berpakaian  nggak perlu heboh-heboh, cukup tampil jadi diri sendiri dengan pakaian yang sopan,  sesuai dengan norma yang berlaku di lingkungan baru lo. Sikap juga perlu  disesuaikan, paling enggak dimulai dari tata bahasa dan cara bicara lo.  

PEKA DENGAN LINGKUNGAN! 

(Foto oleh Google-IDN Times)  

Lo pasti akan merasa sulit untuk fit in ke lingkungan baru. Ada banyak hal yang  harus lo perhatikan dan lo sesuaikan supaya bisa membaur dengan lingkungan baru  lo. Apalagi di Indonesia, yang punya banyak daerah dan beragam kebudayaan. Lo  harus mulai menyesuaikan diri dari bahasa yang akan lo gunakan untuk  berkomunikasi hingga norma yang berlaku dan harus lo taati di lingkungan baru  terserbut. Untuk itu, lo perlu peka dan tidak acuh. 

Lo bisa mulai dengan menyapa tetangga lo. Nggak perlu kasih buah tangan yang  ribet-ribet, bahkan nggak ngasih juga nggak apa-apa. Seenggaknya, ketika lo  dateng ke lingkungan baru, lo berusaha untuk memperkenalkan diri lo ke lingkungan  baru lo. Jadi, lo nggak keliatan misterius atau mencurigakan dan yang penting,  kehadiran lo dapat dirasakan!  

Lo juga perlu basa-basi ke tetangga lo, hal-hal dasar seperti nama dan pekerjaan  (atau sekolah/kuliah di mana kalau tetangga lo masih mahasiswa/pelajar) bisa jadi  hal yang lo tanyakan saat basa-basi dengan tetangga lo.  

Nggak cuma itu, lo juga perlu peka dengan lingkungan sekitar lo. Ketika lo melihat  hal yang nggak wajar atau nggak seharusnya, lo bisa datengin orang yang  bersangkutan dan membantu meluruskan masalahnya. 

Dengan lo peka dengan lingkungan dan orang-orang di sekitar lo, lo juga akan  mendapatkan balasan perhatian yang sama!  

JANGAN SUNGKAN UNTUK MINTA TOLONG!  

Manusia adalah makhluk sosial, makanya lo nggak usah sungkan buat minta tolong  ke orang lain!  

Lo bisa bayangin kan gimana Kotaro hidup tanpa orang tua? Di saat anak di usianya  masih perlu banyak dibantu untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dan  dikenalkan dengan banyak hal di dunia, dia harus melewatinya sendiri. Tapi, Kotaro  nggak sungkan buat minta tolong. Kotaro tidak segan untuk meminta bantuan  tetangganya dalam berbagai hal.  

Lo juga perlu buat nggak sungkan untuk minta bantuan. Nggak perlu malu buat  meminta bantuan, karena itu adalah hal yang wajar! 

SERING BERKABAR SAMA KELUARGA! 

Buat lo yang ngerantau, pastikan lo selalu bertukar kabar ke keluarga lo. Ceritain  apa yang mau lo ceritain dan sampaikan apa yang keluarga lo harus ketahui tentang  keadaan lo. Karena mau gimanapun, keluarga adalah support system utama lo dan  keluarga lah yang akan selalu khawatirin lo. Jangan sampe lo menyesal di kemudian  hari karena lo asyik dan fokus untuk mengejar mimpi lo sendiri.  

Hidup sendiri bukan berarti lo ngejalanin semuanya sendiri, lo masih punya keluarga  atau temen deket yang bisa lo ajak buat melangkah bersama!  

Kurang lebih itu adalah hal-hal yang bisa lo lakukan saat memulai hidup sendiri.  Jadi, udah yakin buat hidup sendiri?  

Gue harap, apapun keputusan yang bakal lo ambil, lo bisa menjalaninya dengan  baik dan maksimal. Dalam perjalanan hidup sendiri, gue yakin bakal ada banyak ups  and downs-nya, tapi gue berharap dari perjalanan itu lo bisa berkembang dan jadi  lebih kuat dan bisa jadi versi diri lo yang lebih baik dari hari ke hari! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Arvy

Musisi kamar mandi, suka Reality Club dan 1975