Esensi

INDUSTRI KREATIF: DEFINISI DAN JENIS-JENISNYA YANG PERLU LO KETAHUI (BAGIAN 2)

Mungkin lo familiar dengan istilah “industri kreatif”, tapi lo tahu enggak sih apa definisi dari industri kreatif itu sendiri, dan apa saja jenis-jenisnya?

title

FROYONION.COM - Definisi singkat dari industri kreatif adalah  industri yang digerakkan oleh karya-karya kreatif, seperti lukisan, pakaian, makanan, dan tarian. Industri kreatif disebut juga dengan ekonomi kreatif atau industri budaya. Perlu diketahui bahwa sebetulnya jenis-jenis industri kreatif ini bisa dibilang tidaklah terbatas, sebagaimana kreativitas manusia.

Pada artikel “Industri Kreatif: Definisi dan Jenis-jenisnya yang Perlu Lo Ketahui (Bagan 1)”, telah disebutkan 7 jenis industri kreatif yang tentu lo anak muda sudah familiar. Misalnya industri kreatif jenis desain, periklanan dan arsitektur. Terdapat juga industri kreatif jenis musik, film dan kuliner.

Televisi dan radio pun turut hadir sebagai jenis industri kreatif pilihan anak muda di bidang penyiaran. Di bawah ini bakalan ada sejumlah sub-sektor atau jenis-jenis industri kreatif lainnya, antara lain:

1. Fesyen

Industri kreatif jenis fesyen ini termasuk yang paling tren saat ini. Bahkan anak remaja atau seumuran SD-SMP sudah mencoba untuk melek fesyen. Namun, menjadi profesional di bidang ini tentu tidaklah mudah dan butuh perjuangan. Lo harus banyak membuat karya dan memiliki portofolio supaya diakui di bidang ini. Tentunya lo harus memiliki taste yang bagus di bidang fesyen.

2. Kerajinan tangan

Industri kreatif jenis kerajinan tangan kalau dilihat-lihat rasanya belum termasuk yang diminati oleh anak muda. Kesenian membuat tembikar, gelas teh, dan semacamnya masih dinilai jadi hal yang sulit dilakukan dan membutuhkan keuletan. Namun, hal inilah yang bikin seni kerajinan tangan jadi bernilai.

3. Seni pertunjukan

Industri kreatif jenis seni pertunjukan sebetulnya bisa diakses oleh berbagai tingkat ekonomi. Seni pertunjukan bisa lo tonton dan tersedia dari yang harganya paling murah, sekitar 10 ribu rupiah, sampai yang harganya ratusan ribu. Di beberapa daerah, misalnya Solo, pemain wayang orang adalah Pegawai Negeri Sipil alias PNS.

4. Penerbitan buku

Industri kreatif jenis penerbitan buku termasuk masih yang banyak diminati. Walaupun zaman serba digital dan novel sudah bisa dibaca melalui ebook, banyak yang masih menyukai aroma buku yang khas ketika sedang membaca. Menulis dan menerbitkan buku pun saat ini masih dinilai sebagai kegiatan positif, sekaligus dapat membuat penulisnya memiliki nilai lebih di mata pengikutnya.

5. Video game

Industri kreatif jenis video game merupakan industri idola anak muda. Mengapa demikian? Bermain video game selama masa pandemi menjadi hobi favorit anak muda. Mereka kebanyakan bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya sekadar memainkan video gameEvent besar industri video game pun sampai saat ini terhitung selalu ramai oleh audiens yang berasal dari berbagai kalangan usia.

6. Pengembangan software

Industri kreatif jenis pengembangan software berkaitan dengan teknologi. Lo yang ingin bergabung dengan industri ini kudu jago ngitung dan melakukan analisis. Enggak heran kalau gaji mereka yang bergabung dengan industri ini bisa dibilang cukup oke karena membutuhkan otak yang encer.

7. Riset dan pengembangan

Industri kreatif jenis riset dan pengembangan adalah industri kreatif yang bergerak di bidang keilmuan. Lo yang ingin bergabung di bidang ini harus kreatif dan inovatif. Bidang ini menawarkan penemuan yang berlandaskan  ilmu pengetahuan dan teknologi, yang dapat memenuhi kebutuhan pasar.

Bekerja di industri kreatif memang seru karena lo jadi bisa terus kreatif lantaran bekerja bersama orang kreatif lainnya. Dari sekian banyaknya jenis industri kreatif yang disebutin di atas, industri kreatif mana yang bikin lo tertarik buat bergabung, Civs? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung