Esensi

GENGSI NGAMBIL MAKANAN YANG NYISA SATU, KEBIASAAN ATAU ETIKA?

Ambil nggak, ya? Tapi kalo nggak diambil sayang. Diambil, takut dibilang maruk.

title

FROYONION.COM - Kalian pernah nggak pas lagi nongkrong bareng temen sambil makan-makan, terus liat wadah makanannya ada nyisa satu potong? Biasanya apa yang bakal lo lakuin? Pasti salah satu dari kita bakal ngedorong yang lainnya buat ngambil sisa makanan terakhir tersebut, kan? 

Kebanyakan dari kita bakal jaim buat ngambilnya, padahal dalem hati sih pengin. Sampai-sampai makanan tersebut jadi dingin atau bahkan melempem tapi tetap aja masih dianggurin. Kalo di Palembang, orang yang nggak mau ngabisin sisa makanannya bakal disebut “Uong Palembang”. Gue juga nggak tau apa alesan di balik penamaan ini, mungkin salah satu ciri khas orang Palembang yang emang gengsian wkwk. Kalo di daerah lo gimana, Civs? 

Beda lagi nih kalo di negara China. Di China, nyisain sedikit makanan di piring merupakan salah satu bentuk kesopanan. Soalnya kalo makanan yang disuguhkan habis, artinya lo menganggap si tuan rumah nggak sanggup nyiapin makanan yang cukup buat lo. 

Ternyata, perilaku seperti ini merupakan contoh budaya komunikasi pasif yang kebanyakan dimiliki oleh orang Asia, Civs. Alasannya macem-macem, bisa jadi lo ngerasa nggak enak atau gengsi, yang lain belum kebagian, takut dibilang maruk, sampai males ngeberesinnya. Hayoloh kelakuan siapa, nih?

1. MALU/GENGSI

Alasan utama udah pasti malu/gengsi ya, Civs. Yaa biasalah namanya juga orang Indonesia yekan. Malu-malu tapi mau, apalagi cwk. 

Kalo ngumpulnya sama temen-temen yang udah akrab sih nggak masalah. Tapi kalo lagi ngumpul sama orang yang nggak terlalu akrab, pasti langsung jaim tapi mikir, “Ambil nggak, ya? Tapi kalo nggak diambil, makanannya sayang. Diambil takut dikira maruk.”

Ujung-ujungnya malah nggak jadi diambil, tapi abis itu nyesel keburu diambil orang lain.

2. TAKUT YANG LAIN BELUM KEBAGIAN

Ada beberapa orang yang emang udah kebiasaan nyisain satu makanan. Alasannya bukan karena gengsi atau malu, tapi mau mempersilakan teman lainnya, siapa tau masih ada yang belum kebagian. Tapi ternyata malah semuanya pada begini, sampai lah tuh si makanan jadi dingin dan kesemutan.

3. MALES NYUCI PIRING/BERESIN

Di suatu circle pertemanan, pasti tiap makan-makan ada peraturan “siapa yang makannya paling belakangan, dia yang beresin,” bener nggak?

Nah karena alesan ini, kita jadi nggak ada yang mau ngambil sisa potongan terakhir. Emang dasar ye cwk-cwk.

4. COBA BERSIKAP ASERTIF

Kalo nggak enakan atau malu jadi alesan lo nyisain makannya, artinya lo harus belajar untuk bersikap asertif, Civs. 

Asertif sendiri merupakan sebuah komunikasi untuk menyampaikan apa yang lo inginkan, rasakan, dan pikiran terhadap orang lain dengan tetap menjaga hak dan perasaan pihak lain. Fungsi dari komunikasi asertif ini sendiri adalah supaya lo bisa percaya diri dalam mengekspresikan perasaan dan kebutuhan lo.

Nah, dalam kasus ini, kalo lo masih ngerasa laper, nggak ada salahnya kalo lo yang ngabisin sisa makanan. Apalagi sejatinya, sisa satu potong makanan tersebut memang disediakan untuk dihabiskan, bukan? Jadi nggak usah ngerasa nggak enakan, kalo mau ya ambil aja. 

Komunikasi ini juga sebenernya berguna banget dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam berkomunikasi secara profesional dalam pekerjaan. Memiliki sikap ini artinya lo punya mutual respect untuk diri lo sendiri dan juga orang lain. Minimnya komunikasi bisa membuat hubungan lo dengan rekan kerja jadi nggak transparan. Jadi, dengan komunikasi asertif ini, lo bisa leluasa mengekspresikan diri tanpa melupakan perasaan orang lain. 

Kalo lo sendiri tipe gengsian atau gas pol ambil aja, Civs? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Annisa Paramadina Rahmi

Mahasiswa nyambi freelancer