Esensi

EMANG SEGITU PENTINGNYA BARE NECESSITIES DALAM HUBUNGAN?

Kamu pasti pernah dengar soal bare necessities di setiap hubungan itu penting lho. Tapi sebenarnya apa sih guna dan pengaruhnya buat hubungan asmara kalian?

title

FROYONION.COM - Sekarang udah banyak banget istilah dalam percintaan yang perlu kalian tahu. Selain biar tidak FOMO, salah satunya juga biar hubungan asmara kalian dengan pasangan lebih sehat. Nah satu di antara istilahnya adalah bare necessities. 

Bare necessities atau yang lebih dikenal bare minimum itu adalah kondisi di mana seseorang melakukan hal-hal yang sebenarnya wajar dilakukan oleh setiap manusia. Contoh sederhana dari bare necessities adalah bersikap dan berkata sopan kepada orang yang baru ditemui, tidak menyela pembicaraan orang yang sedang menjelaskan, atau berkomitmen dengan hubungan yang sedang dijalani sekarang ini alias tidak selingkuh. 

Sebenarnya hal-hal itu sudah sepatutnya dilakukan oleh banyak orang kan? Namun, entah mengapa hal yang sederhana ini jadi terlihat spesial di mata sebagian orang yang mungkin tidak pernah mengalaminya sehingga menjadi overrated. Seperti ketika kalian sedang nge-date dengan cowok, lalu dia yang membayar semuanya, hal itu menjadi sangat spesial buat kalian. 

Bare necessities
Ilustrasi pasangan. (Photo credit: Pablo Heimplatz)

Bagi sebagian orang, cowok yang membayar first date pertama kali adalah hal yang wajar. Tetapi berbeda halnya jika kalian baru pertama kali mengalaminya dan itu menjadi sangat istimewa. Kalian pun menganggap kalau cowok itu berbeda dari cowok lainnya yang kalian temui sebelumnya. 

Meski begitu, setiap orang punya versi bare necessities-nya masing-masing. Jadi kalau kalian merasa cowok yang bayarin semuanya saat first date itu biasa aja, beda lagi dengan orang yang merasa kalau cowok seperti itu sudah 'langka' sekarang ini. 

tidak heran kalau bare necessities bisa dianggap sebagai unsur yang harus ada ketika memilih atau sedang berhubungan dengan seseorang. Tapi apakah segitu pentingnya bare necessities itu?

BACA JUGA: CINTA TIDAK CUKUP: MENGAPA KECOCOKAN FINANSIAL HARUS JADI PRIORITAS DALAM PENCARIAN PASANGAN

SEBAGAI PENENTU STANDAR HUBUNGAN

Jujur deh, siapa sih yang tidak pengen bahagia ketika menjalani sebuah hubungan cinta dengan seseorang? Tapi kebahagiaan tidak tiba-tiba datang begitu saja, sebab ada usaha yang harus kamu jalani untuk mendapatkan kebahagiaan itu. Salah satunya dengan menetapkan standar pasangan seperti apa yang kamu inginkan. 

Dilansir Marriage, bare necessities adalah sebuah standar minimal yang setidaknya harus dipenuhi oleh calon pasangan atau pasanganmu saat menjalani hubungan. tidak perlu terlalu banyak atau bingung untuk menentukan standar yang tepat untukmu. Yang penting kalian jangan berharap terlalu banyak, cukup carilah pasangan yang membuatmu bahagia dan merasa puas. 

Intinya, tidak ada standar tinggi atau rendah ketika kalian harus menetapkan bare necessities dalam suatu hubungan versi kalian. Setidaknya, kalian harus mampu menilai dan memilih pasangan seperti apa yang kalian butuhkan saat menjalin asmara. Jangan terlalu muluk juga dan terlalu menuntut. 

Untuk membantumu menentukan standar versi kamu, ketika kamu ingin berhubungan dengan seseorang, cobalah amati apakah mereka sudah memenuhi bare necessities dalam hubungan berikut ini: 

1. Berbagi Cinta

Ketika kalian sedang menjalani sebuah hubungan, jangan sampai hanya cinta bertepuk sebelah tangan ya. Kalian dan pasangan semestinya saling memberikan dan mendapatkan cinta. Sebab esensi dari menjalin asmara adalah timbal balik alias mencintai dan dicintai. 

2. Komitmen

Kalian pasti berharap bisa mendapatkan pasangan yang setia. Tapi setia itu adalah sebuah bare minimum yang memang harus dimiliki setiap orang yang menjalani hubungan. Loyalitas adalah aturan yang paling dasar yang tidak perlu diucapkan lagi dan itu harusnya tanpa paksaan sih. 

3. Kesetaraan

Bukan sesuatu yang spesial kalau kamu diperlakukan setara oleh calon pasangan atau pasanganmu. Sebab, memang seharusnya setiap manusia itu setara tanpa membeda-bedakan. Cinta itu ketika kalian berdua melakukan usaha yang sama untuk membuat hubungan itu berhasil. 

4. Mendukung Minatmu

Gairah dan tujuan adalah fondasi inti dari kepribadian kamu. Jika kamu tidak diberi ruang untuk mengembangkan diri sama pasanganmu, sebaiknya tinggalkan dia. Mendukung minat kamu adalah sesuatu yang harus pasangan kamu lakukan sebab hidupmu tetap milikmu, bukan miliknya. 

5. Akuntabilitas

Konflik adalah hal yang wajar ketika menjalani hubungan. Ketika pasanganmu bersikap adil saat konflik dan mengakui kesalahan saat mereka memang salah, itu adalah kesadaran diri. Bukan sesuatu yang spesial, tetapi memang bare minimum yang harus dimiliki setiap orang. 

BACA JUGA: KENAPA ORANG MENYEMATKAN NAMA PASANGAN DI BIO MEDSOS?

LEBIH DARI SEKADAR MINIMAL

Lima hal sebelumnya adalah bare necessities yang memang harus ada pada setiap orang, bukan hanya calon pasanganmu ya, tapi yang harus ada pada dirimu juga lho. Namun, kalau pasanganmu atau kamu hanya melakukan minimum saja, tentu belum bisa dikatakan kalau hubungan kalian akan berbeda dengan yang lain. 

Dikutip Harness Magazine, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat hubungan kalian diisi bukan hanya sekadar 'minimal' saja. Pasangan yang sehat itu adalah mengetahui batasan kalian alias pasanganmu bahwa kamu juga seorang individu yang perlu berkembang. 

Kemudian pasangan yang punya empati, ia bisa menempatkan dirinya untuk lebih memahami apa yang sedang kamu alami. Selain itu, pasangan yang juga mau terlibat dengan hobi atau aktivitas dari pasangannya, adalah sesuatu nilai plus. Sebab ia mau melakukan hal-hal untuk bisa terhubung dengan pasangannya. 

Tak hanya itu, pasangan yang sehat juga mau mengenal teman dan keluarga. Bukan cuma mengenal, dia yang mau berusaha untuk dekat dengan melakukan berbagai kegiatan bersama keluarga adalah nilai plus. Artinya pasanganmu punya tujuan melangkah lebih jauh dan bukan hanya sekadar minimum saja. 

Meski begitu, memang tidak mudah untuk menemukan seseorang yang mungkin lebih dari 'minimum' sekarang ini. Tapi, sebelum kalian mencari pasangan sesuai dengan standar yang kalian inginkan, paling tidak kalian juga harus meng-upgrade diri setidaknya lebih dari bare necessities yang banyak diyakini orang. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dian Rosalina

Penulis, Ibu-ibu, dan pecinta kucing yang suka bakso.