Esensi

KENAPA ORANG MENYEMATKAN NAMA PASANGAN DI BIO MEDSOS?

Untuk mengetahui seseorang masih single atau udah taken biasanya bisa kita liat dari bio medsosnya. Adakah nama pasangannya? Kalo kebanyakan orang mencantumkan hal tersebut, pertanyaannya: Apa sih alasan yang mendasarinya?

title

FROYONION.COM - Siapa sih hari gini yang nggak main media sosial? Rasanya hampir setiap orang memiliki akun pada platform komunikasi jarak jauh dan berbagi informasi itu. Nah, seperti yang udah dipahami, sebelum mengakses medianya, di awal kita perlu membuat akun.

Caranya terbilang mudah. Cukup dengan menuliskan nama, alamat e-mail, ataupun nomor kontak yang dimiliki. Selanjutnya, kita tinggal mengunggah foto profil dan mengisi biodata singkat atau sering dikenal dengan sebutan bio, yang secara umum menggambarkan apa, siapa, atau bagaimana diri kita.

Pertanyaan yang muncul kemudian, kenapa orang yang nggak berstatus single cenderung menuliskan atau menyematkan nama pasangannya di bio medsos? Bahkan ada juga yang mencantumkannya nggak cuma di satu platform doang. Kira-kira, kenapa ya?

Menurut seseorang yang enggan disebutkan namanya, dia memilih untuk menyematkan nama pasangannya karena disuruh oleh pasangannya dan pasangannya sendiri yang menulis sendiri di bio. 

Kalo ada yang nanya “Lo sendiri, nyantumin nggak?”, ya ada juga sih di beberapa platform. Alasannya? Lebih ke kepengen aja sih. Tidak ada yang memaksa atau bukan sebagai bentuk eksistensi.

Berikut beberapa alasan yang mendorong sebagian orang untuk menuliskan nama pasangan di bio medsosnya, di antaranya:

Pengakuan

Alasan pertama nih, biasanya sebagai bentuk penghargaan pada pasangannya. Atau dengan kata lain menjadi pembuktian bahwa kehadiran BF or GF-nya diakui. Selain itu, ada pula yang mungkin ingin diakui dan dihargai bahwa dirinya dan pasangannya sudah tidak jomblo lagi. Makanya “pelakor” dan “pebinor” harus jauh-jauh setelah liat bio medsosnya.

Rasa bangga

Ada pula yang mencantumkan nama pasangan di bio medsos karena merasa bangga akan pasangannya. Misal karena keren, berwawasan luas, baik hati, tidak sombong dan juga rajin menabung. Bentuk dari rasa syukur dan kebanggaannya itu, dituangkan melalui bio media sosialnya.

Ungkapan kebahagiaan

Sejalan dengan bentuk kebanggaan kita kepada pasangan, dengan menuliskan namanya di bio medsos, dapat juga sebagai ungkapan kebahagiaan atas hari-hari yang dijalani bersama pasangan.

Pencegahan hal-hal yang tidak diinginkan

Supaya pasangannya nggak ‘macem-macem’, menyematkan nama satu sama lain di bio bisa jadi salah satu opsi nih. Hal ini dapat mengurangi atau meminimalisir kecurangan dalam hubungan.

Menghargai

Selain itu, ada lho orang yang menuliskan nama doi di bio karena menghargai pasangannya tersebut. Dia kan udah pasang tuh, masa kita enggak yakan… Begitulah kurang lebih.

Personal branding

Beberapa orang memang mengemas akun media sosialnya supaya terlihat sweet ataupun romantis. Maka dari itu, untuk mendukung personal brandingnya tersebut, menuliskan nama pasangan dirasa perlu. 

Perlu diingat bahwa, menuliskan atau menyematkan nama pasangan di bio media sosial perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti: mendiskusikannya terlebih dahulu dengan pasangan supaya sama-sama nyaman dan tidak ada keterpaksaan, menyesuaikan dengan konten yang biasa dibagikan alias it’s okay kalau untuk kebutuhan personal branding, dan yang nggak kalah penting, kita perlu tau batasan untuk hal apa saja (bersama pasangan) yang akan diunggah.

Jangan sampai merugikan di kemudian hari. Tentunya, setiap orang punya alasan masing-masing untuk menuliskan nama pasangan di bio atau nggak. setiap orang tau kebutuhan dan keinginannya masing-masing, jadi apapun pilihannya, mari kita saling menghargai aja ya! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Desprianti Barkah

Communication Enthusiast | Content Writer