Esensi

EMANG APA SIH DAMPAK G20 BUAT ANAK MUDA?

G20, sebuah kerja sama multilateral yang tahun ini Indonesia kebagian jadi presidency-nya. Di tengah berita naiknya BBM, minyak goreng, PPN, dan demo, apakah G20 bisa mencuri perhatian diskusi politik anak muda Indonesia?

title

FROYONION.COM - Tahun ini, Indonesia mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Konferensi G20 adalah kerja sama multilateral yang melibatkan 20 anggota yang berisikan Argentina, Australia, Brazil, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Korea Selatan, Meksiko, Rusia, Saudi Arabia, Afrika Selatan, Turki, Britania Raya, Amerika Serikat, dan Uni Eropa. 

Kalo dilihat dari anggotanya G20 ini nggak hanya melibatkan negara-negara maju, tapi juga negara-negara berkembang, hingga organisasi antar-pemerintah seperti Uni Eropa. Berawal dari tahun 1999, G20 dibentuk untuk menjadi wadah diskusi para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara untuk berunding tentang permasalahan perekonomian global. 

Nah tahun ini, KTT G20 akan diadakan di Indonesia tepatnya pada 15 November 2022 di Bali. Kalo lo lagi jalan-jalan ke luar dan lihat banner atau spanduk G20, mungkin lo bingung kenapa udah banyak spanduk tapi ternyata acaranya masih lama. 

Itu karena sebelum KTT G20 diadakan, ada banyak diskusi, pertemuan, perundingan, dan acara-acara lainnya yang diadakan demi menentukan poin-poin penting yang bakal dirundingkan di KTT G20 nanti. Untuk tahun ini, temanya adalah Recover Together, Recover Stronger. 

Isu-isu yang diprioritaskan adalah Global Health Architecture, Digital Transformation, dan Sustainable Energy Transition. 

Kalo udah paham G20 itu apaan, terus apakah kita sebagai anak muda Indonesia harus ngikutin perkembangannyajuga? 

HADIR DI TENGAH CHAOS-NYA INDONESIA

Emang serangkaian acara G20 ini diadakan di tengah kondisi Indonesia yang nggak lagi baik-baik aja. Pertama tentu saja masih di tengah pandemi. Kita merasakan sendiri gimana pandemi yang udah lebih dari dua tahun ini merubah hidup kita terutama di bidang kesehatan.

Walaupun sekarang persebaran kasus Covid-19 udah jauh menurun dan dosis vaksin yang didistribusikan meningkat, tetep aja dampak pandemi ini masih kita rasakan. Seperti merambat ke bidang ekonomi, politik, hingga sosial. 

BACA JUGA: KENAPA ANAK MUDA JANGAN SAMPAI BUTA DAN CUEK SAMA POLITIK?

Kedua, baru-baru ini kita tahu harga minyak goreng dan bahan bakar minyak juga naik. Harga minyak goreng yang naik sempet bikin ‘hebring’ masyarakat sampe rebutan ngantri beli minyak goreng di mini market. Belom lagi harga BBM yang juga naik dan akhirnya kedua hal ini jadi salah satu pemicu utama demo mahasiswa pada Senin, 11 April 2022 lalu. 

Ketiga, nggak mau ketinggalan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) juga naik jadi 11%. Bikin semua hal di negara ini akhirnya jadi naik juga. Nggak usah jauh-jauh, harga paket internet sampe harga mie instan di warung langganan kita aja naik. 

Sebegitu banyaknya permasalahan yang harus kita hadapi yang tentunya butuh solusi yang pasti. Maka, ada banyak hal untuk bisa menghasilkan solusi tersebut. Salah satunya lewat G20 ini. 

ISU PRIORITAS YANG LEKAT SAMA TREN

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tiga prioritas isu yang didiskusikan di G20 sangat melekat pada kondisi global saat ini. Dalam bidang kesehatan, G20 memfokuskan pada pembangunan infrastruktur kesehatan dan persiapan negara dalam menghadapi situasi setelah pandemi berakhir. 

Artinya, bakal ada kabar baik nih kalau bentar lagi pandemi bakal berakhir. Kalau pandemi berakhir, kehidupan kita juga bakal balik lagi jadi normal. Nggak perlu pake masker ke mana-mana, nggak parno kalo keluar rumah, dan bisa dateng ke acara-acara rame kayak konser. Hehehe. Tapi yang terpenting, penanganan Covid-19 diharapkan akan jauh lebih baik setelah ditemukan solusinya di KTT G20 ini. 

Topik kedua tentang transformasi digital, kalo yang ini udah pasti akan sangat berdampak ke anak muda Indonesia. Soalnya, topik ini juga berkaitan dengan penerapan teknologi pada bisnis termasuk UMKM. Ngeliat tren anak muda Indonesia yang banyak yang berbisnis sendiri, tentunya penting banget untuk keep up sama perkembangan teknologi. 

Penerapan digitalisasi di bidang ekonomi bisa memajukan ekonomi dan kualitas sumber daya manusia kita juga. Kalo negara jadi makin canggih, kita juga yang merasakan dampaknya. Siapa tahu ke depannya bisa jualan lewat metaverse kan? 

BACA JUGA: MENGULIK KONSEP METAVERSE: APA SIH YANG SPESIAL DARI KEHADIRAN ‘DUNIA BUATAN’ INI?

Ketiga, G20 juga ngebahas tentang penggunaan energi terbarukan. Nah yang ini malah bisa jadi kabar baik buat lo yang demo kenaikan harga bensin. Karena kalo dari KTT G20 ini kemudian bisa menciptakan bensin baru yang berasal dari energi terbarukan, kita jadi punya pilihan untuk pake bahan bakar yang lebih ramah lingkungan. 

Pemilihan prioritas isu di G20 ini adalah hal yang lekat sama apa yang anak muda Indonesia jalani. Kalo udah ngeliat urgensinya, nggak ada salahnya untuk kita cari tahu lebih dalem tentang G20 ini. Supaya nanti waktu hasil konferensinya udah keluar, kita bisa jadi paham mengapa solusi tersebut bisa menjadi jawaban atas permasalahan-permasalahan tadi. (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Content writer Froyonion, tukang nulisnya Bang Roy dan supplier permen kantor