Esensi

DENGERIN LAGU SEDIH TERNYATA BIKIN LO SENENG

Emang sih waktu kita lagi sedih, lagi galau, suasana hati pasti nggak mendukung denger lagu-lagu ceria. Kita akan milih tenggelam dalam kesedihan dengerin lagu galau. Nah, cara ini nggak salah Civs. Dengerin lagu galau waktu lo sedih, ternyata malah bikin lo seneng.

title

FROYONION.COM - Setuju nggak lagu Calum Scott yang judulnya You Are The Reason dan A Change Of Heart nya The 1975 adalah lagu sedih? hehe.

Ternyata lagu sedih membangkitkan perasaan yang nggak mudah diungkapkan dengan kata-kata, Civs. Bahkan kesukaan terhadap lagu-lagu sedih sebenarnya tidaklah jelas. Biasanya, kesedihan adalah perasaan yang mungkin dihindari. 

Dua peneliti dari Freie Universitat Berlin, Jerman melakukan penelitian terhadap 770 orang yang diminta dengerin lagu sedih. Dampaknya luar biasa, dengerin lagu sedih bisa membangkitkan emosi positif lo seperti kedamaian dan kelembutan. 

Selain itu, lagu sedih punya potensi untuk ngatur mood dan emosi negatif, juga memberikan lo hiburan. Secara nggak langsung, dengerin lagu sedih mainin peran buat kebahagiaan lo Civs.

DENGER LAGU SEDIH BIKIN PERASAAN LO TERGERAK

Di sisi lain, alasan orang-orang menikmati lagu sedih karena lagu itu ‘mengunggah’. Waktu lo dengerin lagu sedih ada perasaan yang disebut kama muta, istilah Sansekerta yang berarti ‘tergerak oleh cinta’. Perasaan tergerak ini bisa seperti rasa tenang, rasa merinding, luapan emosi, kehangatan di dada, dan kegembiraan.

Kenapa merasa tergerak?

Perasaan tergerak ini datang dari perasaan lo yang tiba-tiba merasa lebih dekat dengan orang lain. Biasanya orang yang punya empati tinggi, waktu dengerin lagu sedih gampang banget merasa tergerak hehe.

Lo pasti pernah kan dengerin lagu sedih sambil chatting sama gebetan lo, ada perasaan yang nggak bisa lo jelasin pake kata-kata kan? Nah ini reaksi atas lagu sedih melihat bagaimana perasaan orang lain. 

Pada saat itu, lo berbagi pengalaman emosional dengan orang lain. Rasa berbagi meningkatkan perasaan tergerak dan memicu perasaan nyaman dan memiliki.

Selain itu, musik-musik ini bisa berperan sebagai pengganti sosial. Musik sedih bisa berperan sebagai teman imajiner yang kasih lo dukungan dan empati, misal ketika lo merasa kehilangan.

Perasaan tergerak juga bisa muncul dari kenangan atau momen penting dalam hidup. Bisa jadi lo menikmati musik karena nostalgia.

Fakta baru bilang, ketika lo dengerin musik sedih, ternyata nggak 100% bener-bener ngerasa lagi sedih, malah sedihnya sekitar 25% aja. Sisanya lo mengalami emosi lain seperti nostalgia.

BENAR-BENAR MEMAHAMI KESEDIHAN

Pandangan lain, bisa jadi lagu sedih kurang enak didengar karena bikin sedih atau bikin seseorang nostalgia. Tapi lagu-lagu ini dianggap enak didengar karena punya lirik yang indah.

Maka itu, kesedihan bisa saja terjadi bersamaan dengan keindahan. Melihat keindahan moral memang memancing perasaan lo yang lagi rapuh jadi terangkat.

Misalkan ketika lo lagi dengerin lagu-lagu Adele. Lagu Adele punya lirik lagu yang bikin lo memaknai sesuatu kan? Adele mengambil pengalaman hidup yang sulit dan membantu lo memahaminya.

Inilah yang banyak dilakukan seni tragis. Dibutuhkan rasa sakit dan penderitaan dan kesedihan dunia, lalu memberinya makna.

Lagu Adele jadi punya arti yang berbeda bagi masing-masing dari kita. Ketika lo dengerin lagu sedih, biasa aja lo pengen berefleksi jadi bagian darinya atau sekedar bersantai. Atau lo dengerin itu untuk memaknai keindahan, dapet kenyamanan, atau mengenang sesuatu.

Kalo kata pakar hubungan, Susan Winter, bahwa mendengarkan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Adele bisa membantu kita bangkit.

“Adele menyadari bahwa cinta merupakan hadiah yang bertahan lama. Tetapi lirik lagunya juga berisi ungkapan terima kasih dan harapan agar mantan pasangan kita berbahagia di hidupnya yang baru meskipun tanpa kita,” kata Winter.

Winter bilang, merasakan hikmah dari kesedihan yang kita alami juga bisa membantu kita lebih tenang dan lebih mudah beranjak ke babak baru.

“Dengan mendengarkan lagu-lagu yang positif dan gembira, kebahagiaan pun akan meningkat,” ujarnya.

JANGAN DENGERIN TERLALU LAMA

Meski dengerin lagu sedih bikin lo punya perasaan lebih nyaman, sebaiknya jangan terlalu lama dengerin lagu galau. Ketika lo udah merasa lebih baik, segera dengarkan lagu-lagu yang lebih ceria.

Kalo kata Dr. Brian Primack dari Universitas Pittsburgh ketika seseorang terlalu dalam dan lama merenung sambil dengerin musik sedih, bisa memicu ingatan sedih dan pikiran negatif. 

Bahkan tingkat mendengarkan musik sedih yang tinggi bisa memicu depresi.

Dari semua media, ternyata hanya musik yang menunjukkan hubungan yang signifikan dengan peningkatan risiko depresi. Selain jenis musik, durasi dengerin dan lirik lagunya juga bisa jadi pemicu depresi.

Jadi, ada baiknya lo membatasi momen sedih lo, kemudian segera mengganti playlist dengan lagu-lagu ceria Civs. (*/)

BACA JUGA: TERDISTRAKSI LIRIK ‘BERTEMU DI BELANGA’ DI LAGU TULUS ‘HATI-HATI DI JALAN’

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Abdurrahman Rabbani

Cuma buruh tinta yang banyak cita-cita.