Esensi

APA BENER GENERASI Z SUSAH CARI KERJA?

Cari kerja sekarang susah, PHK besar-besaran dilakukan perusahaan besar. Belum lagi tahun 2023 katanya bakal ada resesi. Generasi Z makin susah cari kerja, terus gimana? Nah cara-cara ini mungkin bisa lo terapkan, Civs!

title

FROYONION.COM - Usai pandemi pertumbuhan ekonomi Indonesia mulai naik Civs ke level sebelum pandemi yakni sekitar 5 persen. Tapi, pertumbuhan positif ini nihil bahkan nggak banyak menciptakan tenaga kerja. Malah yang ada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), angka pengangguran Indonesia per Agustus 2022 mencapai 8,42 juta. Jumlah ini meningkat sekitar 20.000 jika dibandingkan Februari 2022 yang tercatat 8,40 juta.

Pada periode tersebut, tingkat angka pengangguran juga meningkat dari 5,83% per Februari 2022 menjadi 5,86% per Agustus 2022.

GENERASI Z SUSAH CARI KERJA

Ini jadi kabar buruk untuk para kalian generasi Z. Setelah lulus mungkin lo bisa senang-senang sebentar, tapi lo mulai sadar dan menerima kenyataan kalo generasi Z bakal susah cari kerja.

Lo nggak bisa mengesampingkan fakta terbaru bahwa banyak perusahaan besar merumahkan karyawan sekarang, Twitter sudah mem-PHK 11.000 karyawan, Shopee Indonesia, Gojek Tokopedia PHK 1.300 karyawan dan terakhir Ruangguru.

Ya, saingan kalian tambah banyak dan lebih berpengalaman.

Perusahaan juga sudah mulai berpikir di tengah ‘badai’ ini harus bisa bertahan dengan tenaga kerja yang minim. Mereka mencoba efisiensi dan menggunakan tenaga kerja yang diperlukan.

Belum lagi Gen Z yang mungkin kurang pengalaman dan keterampilan. Makin deh bakal susah cari pekerjaan.

LO HARUS KREATIF

Tapi lo punya keunggulan. Lo masih muda dan punya banyak energi dan masih bisa bereksperimen dengan berbagai kemungkinan. Ini yang jadi senjata rahasia Generasi Z buat menghadapi masalah di depan.

Kalo nggak pengen susah cari kerja, coba mulai menemukan passion dan kemampuan terbaik lo di bidang apa. Jangan sampe lo terjebak dengan pekerjaan administrasi dan mudah dikendalikan oleh banyak orang. Gen Z terkenal kreatif untuk mencari peluang-peluang lain ke depan.

Kunci Gen Z bertahan hidup di era saat ini adalah menjadi kreatif.

Lo bisa belajar dari berbagai platform yang tersebar di internet. Mulai dari yang berbayar sampai yang gratis. Ini bakal berguna buat memberikan pengetahuan dan nambah skill lo sekaligus kesempatan bersaing di tempat kerja.

ALASAN LO HARUS KREATIF

Menjadi kreatif juga banyak manfaatnya Civs, tentu bakal membantu lo ke depannya. Sebuah riset dari Scientific American article, menemukan ‘kreatifitas’ bisa bikin panjang umur.

Alasan di baliknya adalah kreativitas membuat saraf otak kita bekerja lebih baik. Menurut penelitian James Clear, ketika manusia berpikir kreatif, hal itu juga mengurangi pikiran negatif, mengurangi stres, dan berujung pada kesehatan yang lebih baik.

Menjadi orang yang kreatif memungkinkan kita untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang lebih baik. Nggak peduli apa masalahnya.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa orang-orang kreatif lebih mudah beradaptasi dengan banyak masalah hidup karena mereka selalu dapat menemukan solusinya.

Lo juga mesti tau bahwa orang kreatif cenderung lebih siap menghadapi segala risiko. Orang kreatif biasanya sadar dan menerima bahwa kegagalan adalah bagian dari proses.

COBA JADI PEKERJA LEPAS

Kalo belum kepikiran, mungkin ini bisa jadi solusi, peluang freelance itu cukup terbuka dan menjanjikan penghasilan yang lebih besar. Apalagi kalo lo memiliki kemampuan mumpuni, lo bisa menuntut pembayaran yang lebih tinggi ketimbang bekerja ‘ikut orang’.

Pekerja lepas dapat menetapkan harga sendiri untuk pekerjaan mereka, itulah sebabnya mereka dapat memperoleh penghasilan 2 hingga 3 kali lebih banyak daripada karyawan biasa.

Lo akan bebas berkreasi dalam menentukan bentuk kerjasama/negosiasi gaji yang diharapkan untuk mengoptimalkan pendapatan. Semakin cepat proyek selesai, semakin cepat uang datang, dan lo bisa mendapatkan uang kapan aja. Nggak kayak di perusahaan, ada potongan penghasilan.

Freelancer bebas dari jam kantor (09.00 – 17.00), tapi bukan berarti nggak bekerja ya. Kadang bisa bekerja lebih dari 8 jam sehari, kadang hanya 3 jam sehari. Jam kerja lebih fleksibel karena diatur sendiri.

Selama lo pandai mengatur waktu, lo dapat mengalokasikan banyak waktu untuk kehidupan lo. Dari segi lokasi, kita bisa bekerja dimana saja, baik itu di rumah, di warung kopi atau di pantai, asalkan kita memiliki fasilitas untuk itu.

Memang, freelancer nggak dapat gaji bulanan seperti karyawan perusahaan atau swasta. Namun lo akan punya banyak waktu untuk pengembangan diri.

Lo juga bisa mengembangkan karir freelance di beberapa situs percaya ini Civs, mengutip niagahoster, berikut daftar website freelance Indonesia dan internasional:

1.    Projects.co.id

Di sini lo bisa menemukan berbagai jenis pekerjaan freelance dari berbagai bidang. Seperti layanan programming, design, media sosial, audio/video, dan jasa tulis.

Nggak cuma itu, kalo lo ingin menjual berbagai produk digital yang lo buat sendiri, seperti ebook, template website, atau produk digital lainnya, lo bisa mencoba situs ini.

2.    Sribulancer

Nggak jauh beda sama Projects.co.id, semua jenis pekerjaan bisa lo temukan di sini. Misal jasa pembuatan website, desain grafis sampai jasa tulis menulis juga ada.

Sribulancer juga merupakan salah satu situs freelance pertama yang menawarkan pembayaran transfer bank. Jadi sangat cocok untuk warga negara Indonesia yang kebanyakan tidak memiliki kartu kredit.

3.    Sribu

Sribu atau SribuDesign adalah situs web gratis Indonesia yang masih di bawah manajemen yang sama dengan Sribulancer.

Namun, berbeda dengan Sribulancer yang menawarkan berbagai layanan freelance, Sribu hanya berfokus pada freelance di bidang desain grafis. Jadi website freelance ini cocok untuk para desainer grafis pemula maupun profesional.

4.    Fiverr

Fiverr ini mempunyai cara kerja yang kebalik dengan berbagai kebanyakan situs freelance yang ada. Biasanya, di situs freelance lain, klien memposting pengumuman mencari pekerja lepas. Tapi di Fiverr, para pekerja lepas yang memposting pengumuman mencari klien.

Sistem di Fiverr ini unik. Lo nggak perlu melamar atau mempromosikan satu per satu pengumuman yang dibuka oleh klien. Lo tinggal membuat pengumuman dan mendapat klien yang tepat.

5.    UpWork

Upwork jadi salah satu situs freelance terbesar nih, Civs. Di sini ada lebih dari 12 juta pencari kerja dan 3 juta klien. Dengan banyaknya peluang di sini, lo nggak perlu khawatir, lo bakal dengan mudah dapat klien.

Di Upwork, sistem pembayaran bisa berupa hitungan per jam atau per proyek selesai. Dengan demikian, fleksibilitas diberikan kepada pencari kerja dan pencari layanan.

Upwork juga menawarkan berbagai fitur yang dapat menunjang karir freelance lo.

6.    Guru

Guru ini didirikan sejak tahun 2001 dan telah menjadi salah satu situs freelance terbaik di dunia.

Di sini, pencari kerja dan pencari layanan diharuskan membuat profil mereka sendiri. Setelah mereka cocok dengan profil masing-masing, baru deh pekerjaan bisa lo mulai. 

Di platform ini, lo bakal disajikan pekerjaan baru setiap hari, jadi lo mesti sering memeriksa situs freelance biar up to date. Lo juga bisa mencari pekerjaan berdasarkan lokasi, kategori, atau metode pembayaran berdasarkan jam atau proyek.

Nah gimana Civs menarik kan? Oiya satu lagi lo juga bisa banget jadi kontributor di Froyonion. Kalo lo bisa nulis dengan gaya bahasa anak muda terus konten lo menarik, bisa banget ditayangkan di sini.

Siapa tau tulisan lo lolos dan dipublikasi, bisa jadi solusi Civs di tengah kesulitan cari kerja hehe. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Abdurrahman Rabbani

Cuma buruh tinta yang banyak cita-cita.