Esensi

ALASAN KENAPA ANGGOTA YANG FREE RIDER HARUS 'DIMUSNAHKAN'

Tiap disuruh kerja kelompok bawaanya cuma males, males, dan males. Gimana enggak? Abisnya pasti ada aja yang jadi free rider, alias nggak kerja tapi numpang mampang doang. Nggak cuma di kalangan pelajar ternyata, sampe kerja juga ada.

title

Dulu zaman kuliah ada beberapa hal yang bisa bikin mood gue untuk menikmati masa-masa kuliah jadi ambruk. Pertama ujan di saat ada kelas. Rasanya males banget buat jalan ke kelas kalau ujan. Pengennya diem aja di kosan sambil kemulan. Untung-untung kalo ada yang nemenin (eh).

Kedua, kalo dosen tiba-tiba ngumumin kelas ditiadakan padahal gue udah nunggu setengah jam. Kayak kezel aja gitu, kenapa nggak bilang dari hari sebelumnya atau satu jam sebelum gapapa deh. Udah ditunggu lama malah nggak dateng. Yang nungguin kan juga manusia, punya rasa dan hati.

Ketiga, kalo ada tugas kelompok. Sumpah mager banget kalo ada tugas kelompok, apalagi kalau anggota kelompoknya random atau dipilihin sama dosen. Bukannya nggak mau bersosialisasi, masalahnya pasti nanti ada aja yang jadi free rider. Makan ati dah itu kalau harus ngurusin anggota model begitu.

Buat yang belom familiar sama sebutan free rider, itu adalah sebutan yang digunain buat anggota kelompok yang kagak ada kerjanya, kalopun kerja pasti cuma seupil, ada aja alesannya buat nggak ikut ngerjain, dan cuma numpang nama di makalah atau muka waktu presentasi. 

Model anggota kayak begini banyak bentukannya. Mulai dari yang kelihatannya cupu dan pendiem, sampe ciwi-ciwi selebgram yang nggak mau ngampus kalau nggak dandan. Bahkan temen deket juga bisa kok jadi free rider dengan sejuta alesan yang nggak masuk akal. 

Karena populasi free rider yang nggak bisa diduga-duga tapi selalu ada ini, gue jadi males banget kalau ada kerja kelompok. Sebenernya kerja kelompok ada banyak manfaatnya sih. Kayak nambah temen, belajar kerja sama, memimpin, dan sebagainya. Gue bakal enjoy kerja kelompok kalau anggotanya mau kerja semua. Kalo ada yang modelan free rider mah, mending gue kerjain sendiri.

Berkaca dari pengalaman kuliah gue selama 3 tahun, inilah alasan kenapa orang yang free rider mending ke laut aja dan gimana cara ngadepinnya.

ALASANNYA KARENA…

Pertama pasti bikin darah tinggi. Kehidupan ini udah sulit, rasanya makin dipersulit kalau kerja sama orang yang nggak bisa diajak kompromi. Namanya aja udah tugas kelompok, harusnya dikerjain bareng-bareng kan? Kalo mau numpang nama sama muka doang, jadi anggota DPR aja lo (ehem). 

Bayangin aja, lo udah susah payah nyelesain tugas ini demi masa depan lo tapi ada satu orang yang rasanya ngehalangin lo buat lulus dengan mulus. Apalagi alesannya aneh-aneh. Dari pengalaman gue, ada yang nggak ikut kerja kelompok karena lagi galau abis putus sama pacarnya. 

Masalah hati emang bikin mood turun, tapi kalo besokannya udah hari pengumpulan, masa iya dia nggak mau kontribusi dikit. 

Ada juga tugas kelompok yang emang berat banget dan mengharuskan semua untuk berpikir. Tapi ada nih satu temen gue yang nggak mau mikir, tapi nyogok kita dengan beliin konsumsi. Yang satu ini usahanya agak beda sih. Agak membantu juga karena mikir bikin perut laper. 

Tapi gimana yak, kalo dia sempet beliin makanan kenapa bantuin mikir nggak sempet? Lagian, jatah ngasi makanan kan bagiannya mama-mama baik hati yang kalo ada temen anaknya dateng, snack yang dikasi bejibun. 

Kalo mau berkelit,”Semua orang kan punya kesibukan masing-masing. Kerjaan gue nggak kerja kelompok doang!”, udah nggak relevan, bray. Soalnya fenomena free rider ini ternyata juga ada di dunia kerja. 

Nggak terjadi di tempat gue bekerja, tapi temen gue punya cerita menarik soal ini. Bekerja di perusahaan besar ternyata nggak seindah yang kita kira, loh. Mungkin kalo lo liat temen lo yang kerja di gedung tinggi, masuk pake lanyard Coach, sepatunya pantofel tiap hari, pasti kesannya kayak keren banget.

Tapi di baliknya, ternyata banyak juga bau busuk yang berusaha ditutupi. Pernah ada suatu proyek yang emang lumayan sulit. Alhasil temen gue ini, sebut saja Wahyu, bekerja sebaik mungkin supaya tugas dia bisa beres. Setelah berbulan-bulan ngerjain proyek ini, tibalah saatnya untuk dia lapor ke atasannya.

Abis ngeliat kerjaan si Wahyu, atasannya ini terkesima sama kerjaan temen gue yang emang flawless banget. Tapi pujian itu ternyata cuma sogokan semata supaya Wahyu ikhlas kalau nantinya dikhianati. Abisnya, waktu presentasiin proyek, atasan si Wahyu dengan bangga bilang kalo itu kerjaan dia.

Kan kampret!

Inilah bukti kalo fenomena free rider ternyata masih ada sampe kerja sekalipun. Kalo gini ceritanya, solusinya bakal bergantung dengan bagaimana kita bersikap. 

CARA NGADEPIN ORANG YANG FREE RIDER

Kalo lo termasuk orang yang panjang usus (sabar) mungkin ikhlas bisa jadi solusi paling sehat. Ikhlas bukan berarti pasrah ya. Kalo hal ini terjadi menimpa diri lo, mungkin langkah pertama adalah untuk berdamai dengan keadaan. Mikirnya mungkin orang yang free rider ini hidupnya sulit banget sampe belom bisa berkontribusi.

Kalo cara tadi dirasa kurang cocok sama kepribadian lo, apalagi yang berjiwa Leo, Taurus, Scorpio, dan Sagitarius, mungkin ngelabrak orangnya langsung lebih cocok buat lo. Tapi jangan langsung main labrak tanpa dasar ya. Pastiin dan kumpulin dulu bukti-bukti kalau emang dia free rider. Dengan begini emosi yang lo luapkan bisa jadi lebih mendasar. 

Labraknya lo sesuain sama gaya lo aja. Kalo lo demen yang langsung tatap muka, bisa lo ajak ribut langsung. Kalo lo lebih demen yang tipe ngelabrak tapi lembut, bisa lo chat atau telfon. Luapin semuanya di situ biar nggak jadi penyakit baut diri lo sendiri.

Cara ketiga adalah favorit gue, yaitu diam-diam laporin ke yang berwenang. Cara ini paling ampuh gue lakuin waktu masa kuliah. Kalo ada temen yang free rider, gue diemin aja. Kalo nggak mau kerja ya udah, mau kerja ya sok mangga. Tapi kalo sampe akhir tugas atau proyek dia nggak ada perubahan, gue bakal laporin dia ke dosen. Biar dosen aja yang berdiskresi buat kasi dia nilai berapa.

Keempat juga sering gue lakuin. Apalagi kalo gue udah gedek banget. Cara keempat dan paling mujarab menurut gue adalah hapus namanya dari dokumentasi tugas. Misal lo ada tugas makalah, hapus aja namanya dari makalah. Kaget pasti dia kayak kesetrum sutet. Cuman gue saranin jangan sering-sering ngelakuin ini kalo lo nggak mau dimusuhin seangkatan ya.

Nah, keempat cara itu bisa lo pilih menurut level kekeselan lo sama temen yang free rider. Cuma gue nggak yakin deh ini ampuh buat lo lakuin di dunia kerja. Karena kalo protes salah, nggak protes juga salah. Mending kalo tempat kerja lo ada yang kayak begini, coba omongin baik-baik aja. Kalo nggak mempan juga, dah mending resign aja. Nggak sehat buat kesehatan jiwa lo.

Kalo menurut lo orang yang free rider enaknya diapain nih? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.