Kreatif

PERPUSTAKAAN SUPER COZY DI SURABAYA, C2O LIBRARY & COLLABTIVE

Sebuah perpustakan yang sangat nyaman bagi setiap pengunjungnya, serasa sedang membaca buku atau mengerjakan tugas di rumah sendiri yang begitu teduh.

title

FROYONION.COM - Sebuah perpustakaan beralamat di jalan Doktor Cipto nomor 22, Dr. Soetomo, Tegalsari, Surabaya bernama C2O Library & Collabtive. 

Perpustakaan ini berwujud sebuah rumah yang diselimuti banyak tanaman terutama tanaman merambat di beberapa sisi maupun sudut rumah, memiliki dua lantai, di lantai satu digunakan sebagai perpustakaan dan di lantai dua dimanfaatkan sebagai working space.

Perpustakaan yang berdiri sejak pertengahan tahun 2008 ini selalu eksis bagi masyarakat Surabaya sampai saat ini karena memang belum banyak ruang literasi yang ada di Surabaya seperti C2O Library & Collabtive.

Suasana dalam perpustakaan C20 yang berkonsep swalayan. (Foto: Dok. pribadi penulis)
Suasana dalam perpustakaan C20 yang berkonsep swalayan. (Foto: Dok. pribadi penulis)

CREATIVE SPACE ANAK MUDA

Di lantai satu saat masuk rumah dari pelataran depan yang digunakan sebagai tempat parkir, pengunjung akan disambut oleh penjaga perpustakaan dengan ramah yang duduk di meja kasir serta ribuan buku di raknya masing-masing tertata rapi seolah-olah ikut menyambut semua pengunjung. 

Masuk lagi, ada ruang semi outdoor untuk membaca, mengerjakan tugas atau hanya sekadar nongkrong dan menghargai pengunjung lain. 

Masuk ke belakang ada ruang indoor yang fungsi utamanya sama seperti ruang semi outdoor dan dimanfaatkan sebagai ruang jika ada event yang diadakan di C2O Library & Collabtive misalnya workshop, diskusi atau yang lainnya. 

Yang terakhir di ruang paling belakang perpustakaan adalah dapur C2O, semua pengunjung bisa memesan berbagai macam olahan minuman mulai dari tujuh ribu rupiah saja, meliputi kopi, teh, bunga telang dan lainnya, di sebelah kanan dapur juga ada toilet.

Sebelum pandemi Covid-19 dulu di dapur C2O juga menyediakan berbagai makanan seperti spaghetti dan nasi bunga telang, tetapi di masa peralihan menuju endemi kemarin hingga saat tulisan ini dibuat, dapur C2O kembali dibuka dengan menyajikan menu minuman saja, belum menyajikan menu makanan lagi. Menariknya, di dapur C2O bisa melakukan isi ulang atau refill air mineral secara gratis jika pengunjung membawa botol sendiri.

Di lantai dua disewakan untuk coworking space, setiap pengunjung yang ingin menggunakannya cukup mengeluarkan uang sebesar tiga puluh lima ribu rupiah saja dan dapat menggunakannya sampai jam operasional C2O Library & Collabtive selesai di hari tersebut. 

BACA JUGA: VIN AUTISM GALLERY, COFFEE SHOP ESTETIK DI SURABAYA DENGAN GALERI SENI YANG UNIK DAN KEREN!

Salah satu sudut perpustakaan C20. (Foto: Dok. pribadi penulis)
Salah satu sudut perpustakaan C20. (Foto: Dok. pribadi penulis)

Selain itu pengunjung juga dapat menggunakan wifi secara gratis serta ada refill teh dan kopi sepuasnya dengan catatan setelah minum dibereskan sendiri. Cocok sekali buat mahasiswa atau anak sekolah yang ingin mengerjakan tugas di luar rumah.

Selain ada penjaga perpustakaan dan dapur, di C2O Library & Collabtive ada Betmen dan Fifi, sepasang kucing yang juga menghuni di sana. Di perpustakaan ini juga menjual buku lho, jadi tidak hanya meminjamkan buku.

KONSEP SWALAYAN

Di C2O Library & Collabtive ini menerapkan sistem self service, jadi setelah minuman yang dipesan dari dapur C2O habis atau pengunjung akan meninggalkan perpustakaan harus membereskan gelas bekas minumannya masing-masing di tempat yang telah disediakan oleh pengelola C2O Library & Collabtive.

Tidak hanya berlaku untuk gelas bekas minuman, bagi pengunjung yang membaca di perpustakaan C2O ini juga setelah selesai membaca untuk menaruh buku di troli dekat dengan meja penjaga perpustakaan yang telah disediakan bukan dikembalikan di rak seperti saat mengambil.

Untuk mahasiswa atau pekerja WFA, tersedia meja dan kursi untuk fokus memeras otak. (Foto: Dok. pribadi penulis)
Untuk mahasiswa atau pekerja WFA, tersedia meja dan kursi untuk fokus memeras otak. (Foto: Dok. pribadi penulis)

Berada di tengah kota Surabaya yang dekat dengan area perkantoran dan kampus menjadikan C2O Library & Collabtive tempat yang sering dikunjungi untuk rehat sejenak sembari menikmati suasana perpustakaan yang teduh, mengerjakan tugas, membaca buku, menyelesaikan pekerjaan atau bahkan hanya nongkrong bersama kawan-kawan. 

C2O Library & Collabtive sangat direkomendasikan untuk semua kalangan dan segala usia untuk berkunjung atau hanya sekadar menikmati olahan bunga telang sembari bermain dengan Betmen dan Fifi, kucing penghuni C2O Library & Collabtive ini. 

Tampilan gerbang depan C20 yang menyambut pengunjung. (Foto: Dok. pribadi penulis)
Tampilan gerbang depan C20 yang menyambut pengunjung. (Foto: Dok. pribadi penulis)

Menurut Arya, salah seorang pengunjung di C2O Library & Collabtive ini dirinya sering berkunjung untuk mencari bahan bacaan karena memang koleksi buku yang ada di perpustakaan cukup lengkap serta dapat menunjang dirinya dalam berkontemplasi ketika akan menciptakan karya seni.

C2O Library & Collabtive ini buka setiap hari Selasa sampai Minggu dari pukul 11 siang sampai pukul 9 malam dan libur di hari Senin, dibuka untuk siapa pun yang hendak membaca atau rehat sejenak dari sibuknya kota Surabaya. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Imam Luqman

Mahasiswa Sastra Indonesia tingkat akhir di salah satu kampus negeri di Surabaya, anggota masyarakat urban di Surabaya dan aktif di kesenian teater dan film pendek