Kreatif

PENA HITAM: SISI GARANG SENI RUPA MALANG

Hitam belum tentu hitam, kata yang cocok bagi Penahitam sebuah studio seni di Batu Malang dengan karya-karya gelapnya, dan berkarya lewat keresahan yang mereka alami, simak aja civs seberapa dark-nya mereka ini!

title

FROYONION.COM- Civs, menurut gue sangat mudah untuk menjadi seorang yang terlihat mengintimidasi. Cukup ambil t-shirt hitam dengan beberapa grafik tengkorak, dan tingkat menakutkan lo segera meningkat. Sesederhana itu. 

Begitu juga dengan konsep dark arts dari Penahitam yang sering dikaitkan sebagai simbol kegelapan, ketakutan, dan teror. Hal yang salah dengan asosiasi itu adalah bahwa hal itu sering merendahkan, dan tentu saja menstereotipkan orang yang memakai grafik serta seniman yang membuat karya seni. Sebagian orang mengaitkan orang-orang yang memiliki tato dengan hal-hal buruk atau suram. 

Faktanya adalah asumsi ini tentu saja, kurang benar. Sifat manusia adalah masalah yang kompleks, dan perspektif yang dangkal adalah perspektif yang mendasarkan penilaian dari kesan pertama. 

Hal inilah saat ekspresi mengambil alih, keinginan pribadi yang ditekan dalam sistem, akan dikeluarkan secara terbuka melalui ekspresi artistik. Sesuatu yang sepenuhnya oleh seniman, keinginan yang ditekan diekspresikan secara bebas dan indah.

(Sumber foto:Triyasa)
(Sumber foto:Triyasa)

TEMPAT PARA SENIMAN DARK ARTS

Penahitam adalah webzine atau kolektif yang berbasis di Batu Malang, yang didirikan oleh Rio Krisma dan Didi Suryawan atau dikenal juga sebagai Painsugar, pada tanggal 21 Januari 2010. 

"Pada mulanya, kami menggemari seni menggambar dan mengadakan pameran karya di sebuah warung kopi di daerah Malang," ungkap Rio.  

Fanzine ini kemudian berkembang menjadi fanzine seni yang paling disegani di Indonesia. 

Awal mulanya adalah sebagai pameran, yang bertujuan untuk menengahi dark art ke posisi yang lebih terhormat, dan ternyata ada banyak seniman yang memiliki visi dan misi yang sama.

Ketika Penahitam memutuskan untuk membuat grup Facebook, antusiasme terhadap bidang seni ini meroket, mendapatkan lebih dari 8000 anggota dari seluruh Indonesia. 

Grup Facebook dipenuhi dengan kiriman artis. Grup ini menjadi tempat bagi para seniman untuk memamerkan  karya seni mereka dan dihargai serta dikritik oleh anggota kelompok, yang mencakup beberapa seniman paling terkenal di Indonesia seperti Arian 13, Indra Morgan, dan Riyandi Karuniawan.

Melihat bagaimana grup Facebook telah menumbuhkan suasana yang produktif, Didi Painsugar dan Rio Krisma dengan para anggota pena hitam, memutuskan untuk membawa "Penahitam" lebih jauh. 

Saat itulah fanzine Pena Hitam lahir. Seperti banyak masalah pertama, ada beberapa isu di sana-sini, tetapi juga menunjukkan potensi Penahitam sebagai fanzine

Kini, Penahitam telah menerbitkan edisi keempatnya, dan sedang didistribusikan di 8 kota besar di Indonesia.

Di dalam studio, seni yang dibingkai oleh sesama seniman memenuhi dinding mereka. 

"Penahitam diawali dengan cita-cita untuk berkreasi, berbagi, bersenang-senang, dan mendapatkan teman baru. Bahkan jika orang mendiskriminasi jenis seni yang kita lakukan, kita tidak terlalu peduli. Yang penting bagi saya adalah para seniman terus melakukan seni," jelas Painsugar

Sikap semacam ini dibagikan di antara grup, dengan mereka memilih tema untuk setiap edisi berdasarkan diskusi grup Facebook.

BACA JUGA: PAMERAN TEKS KOCLOJC [73]: PENANDA DIBUKANYA RUANG BERKESENIAN BARU DI SIDOARJO

PERGERAKAN PENA HITAM

Art space Penahitam terbuka untuk dikunjungi, tempat keduanya biasanya mengajak orang untuk menikmati karya seni juga mini bar yang berada di basement

Rutinitas Penahitam sendiri terdiri dari menciptakan event menggambar bersama dengan mendatangkan pemateri yang kredibel, pameran (art exhibition) seni rupa dan juga membuat karya seni untuk band-band seperti Efek Rumah Kaca dan Seringai.

Dengan hanya dua orang menggambar, tata letak, menulis hingga mencetak, semangat DIY (do it yourself) juga merupakan karakteristik utama dari zine karena ini benar-benar proyek yang didorong oleh gairah. 

Situs Penahitam juga memiliki halaman yang mencantumkan acara lokal DIY. 

"Kancah kesenian Malang sangat mirip dengan kota-kota lain di Indonesia, kadang-kadang skittish tapi terkadang lambat. Penahitam bertujuan untuk membuat adegan menjadi lebih hidup, dan kami melakukannya murni berdasarkan pengabdian dan komitmen kami", jelas Rio.  

Mereka juga telah merilis barang dagangan seperti kemeja, poster dan kalender yang dicetak layar, serta buku catatan untuk membantu mendanai zine.

Bahkan dengan usaha mereka, mereka masih menghadapi masalah khas adegan DIY. 

"Beberapa orang mengatakan zine kami terlalu halus, terlalu mewah dan barang-barang. Kami tidak terlalu peduli dengan komentar itu, kami berharap dapat berbagi dengan para kritikus kami alasan di balik tampilan zine yang dipoles,” ungkap Painsugar.

Penahitam juga terlibat dalam banyak kegiatan. Mereka telah mengadakan lokakarya menggambar, berpartisipasi dalam zine fest, pertemuan kelompok offline, serta mengadakan sesi menggambar dengan anak-anak dari lingkungan di sekitar studio mereka – kebalikan dari seorang seniman dari jenis mereka yang diperkirakan akan dilakukan. Mereka mengubah garasi mereka menjadi bengkel studio tempat anak-anak tetangga dapat bermain dan menggambar.

"Itu hanya program spontan kami, kami berpikir dalam hati mengapa kami tidak mengadakan sesi dengan anak-anak lokal? Ini akan menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Namun, terkadang bertentangan dengan jadwal kami, dan itu telah ditunda untuk beberapa waktu. Saat ini kami sedang membuat rencana baru yang mudah-mudahan akan membantu kami menciptakan program yang lebih baik serta meningkatkan zine kami," ungkap Painsugar.

Novandrio Adam, anggota Penahitam mengatakan bahwa sejak menjadi anggota dan mengikuti aktivitas Penahitam mungkin di mata orang awam, mereka memandang orang Penahitam ini orang nggak nggenah karena banyak tatonya, gondrong, pakai atributnya punk dari situ orang awam pasti menilainya buruk. 

Tapi kalau kita sendiri sudah mengikuti proses dan mengetahui apa di balik semua itu pasti langsung kagum. Itu karena pada internalnya sendiri Penahitam itu mempunyai budaya positif yang mungkin di luar sana orang awam tidak memilikinya, seperti toleransi tinggi maupun beda usia, ras, selera, pendapat, semuanya sama rata dan sama-sama belajar. (*/)

BACA JUGA: SENIMAN JALANAN DARBOTZ BERSAMA HP INDONESIA ADAKAN PELATIHAN BAGI 20 ANAK MUDA JAKARTA

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Orazah

Mahasiswa aktif tapi bukan aktivis, hobi menulis dan membaca kalua lagi pengen. Freelancer top up diamond game mobile, kadang juga kerja serabutan jadi volunteer penerima dana prakerja.