Books

7 REKOMENDASI NOVEL GENRE FANTASI YANG BIKIN KALIAN LUPA SAMA REALITA

Novel genre fantasi yang imajinatif selalu berhasil bikin pembacanya terpukau sama jalan cerita, karakter dan penggambaran dunianya. Cek rekomendasi novel fantasi di bawah ini, deh!

title

FROYONION.COM - Salah satu genre novel yang banyak diminati adalah fantasi. Sesuai namanya, genre ini akan membawa para pembacanya ke dunia imajiner yang berisi hal-hal di luar nalar, tapi diramu secara menarik dan adiktif. 

Beberapa judul novel fantasi yang pasti pernah kalian dengar di antaranya adalah Harry Potter, Lord of the Rings, A Song of Ice and Fire dan The Hunger Games. Selain judul-judul di atas, masih ada beberapa judul novel fantasi lain yang nggak kalah bikin terpaku sama ceritanya. Yuk, simak rekomendasinya berikut ini. 

1. ELANTRIS (2005) 

Elantris dulunya adalah ibukota Arelon yang begitu indah dan dipenuhi oleh makhluk dengan kekuatan super. Namun, 10 tahun lalu sihir Elantris mendadak menghilang dan wabah penyakit misterius tersebar dari kota itu. Elantris kini menjadi kota mati yang terasing dan tampak menyeramkan. 

Putra Mahkota Raoden menjadi salah satu korban dari wabah misterius Elantris. Ia lalu diasingkan untuk tinggal di kota mati tersebut. Perjuangannya untuk bertahan hidup di kota itu membawanya ke serangkaian kejadian yang akan menguak misteri Elantris dan membawa harapan bagi Arelon. 

Apa yang membuatnya menarik? Elantris menghadirkan world-building alias penggambaran dunia yang sempurna, membuat kita merasa sedang berada di dalamnya. Selain itu, novelnya juga berformat stand alone alias langsung tamat dalam satu buku. Cocok buat kalian yang males baca buku series terlalu panjang. 

BACA JUGA: 3 ALASAN KENAPA HARUS BACA NOVEL FENOMENAL GADIS KRETEK 

2. A DARKER SHADE OF MAGIC (2015) 

Trilogi A Darker Shade of Magic mengisahkan Kell, seorang penyihir yang mampu berperjalanan di antara empat London paralel: Red London tempatnya tinggal yang makmur akan sihir, Grey London yang membosankan, White London yang perlahan mati akibat pertarungan sihir dan Black London yang lama nggak dibicarakan. 

Saat sebuah token dari Black London tiba-tiba muncul, Kell harus mengembalikannya sebelum kehancuran datang ke Red London. Bersama Lila, seorang manusia dari Grey London, Kell berpacu dengan waktu supaya London yang dicintainya bisa tetap menjadi rumahnya. 

Apa yang membuatnya menarik? Gambaran sihir di sini berbeda dari novel dengan unsur magic kebanyakan. Karakterisasinya kuat dan menarik. Nggak akan sulit bagi kita untuk jatuh cinta sama tokoh-tokohnya dan ingin terus mengikuti kisahnya. 

3. THE LUNAR CHRONICLES (2012) 

Hidup Cinder, seorang cyborg sekaligus mekanik berubah saat ia memperbaiki unit milik Pangeran Kaito. Ia menyadari bahwa dirinya lebih dari seorang cyborg dan mungkin saja merupakan kunci dari perang tak berkesudahan antara Bumi dan Luna. 

Tetralogi ini merupakan penceritaan kembali dari empat dongeng klasik Disney: Cinderella, The Red Riding Hood, Rapunzel dan Snow White. Tiap buku fokus mengisahkan satu karakter yang saling berkesinambungan satu sama lain. 

Apa yang membuatnya menarik? Kalau kalian adalah penggemar Disney Princess, bayangkan empat Princess dipertemukan dalam satu cerita dan bekerjasama untuk mengalahkan musuh yang sama. Karakter-karakternya terbilang beragam dan bikin kisahnya jadi lebih menarik. 

4. RED RISING (2014) 

Jauh di masa depan, manusia telah menghuni planet-planet lain, bulan dan asteroid di penjuru galaksi. Di Bulan, koloni manusia terbagi dalam kasta-kasta sesuai warna. Merah sebagai kasta terendah hidup di bawah tanah dan dipekerjakan untuk menambang mineral guna pembangunan dataran Bulan. 

Darrow, seorang penambang Merah suatu hari menyadari selama ini kastanya dibohongi. Peradaban di Bulan sudah sangat maju dan kaumnya diperah untuk bekerja demi keuntungan kasta-kasta lain. Ia lalu menyamar sebagai Emas, kasta tertinggi dan menyusup ke akademi militer mereka guna membalas dendam. 

Apa yang membuatnya menarik? Bayangkan gabungan antara The Hunger Games dan Game of Thrones namun settingnya berpindah ke luar angkasa. Seperti itulah Red Rising! Penuh dengan action seru, drama yang menarik sampai tambahan romance membuat keseluruhan kisahnya nggak membosankan untuk diikuti. 

BACA JUGA:

NOVEL ‘NANTI KITA CERITA HARI INI’ RINGAN TAPI INSPIRATIF BUAT ANAK MUDA 

5. TRILOGI DAEVABAD (2017) 

Terdiri dari tiga buku: City of Brass, Kingdom of Copper dan Empire of Gold, trilogi ini mengisahkan Nahri, seorang gadis jalanan di Mesir yang secara tak sengaja memanggil Dara, jin berusia ribuan tahun. Dara lalu membawanya ke Daevabad, Kota Tembaga tempat tinggal enam suku jin. 

Nahri mulai belajar menguasai kemampuan menyembuhkan yang didapat dari mendiang ibunya, yang ternyata memiliki sejarah di Daevabad. Semakin jauh masuk ke dunia Daevabad, semakin Nahri menyadari adanya jaringan politik istana yang berbahaya. 

Apa yang membuatnya menarik? Penggambaran dunianya tampak sangat nyata, terutama budaya Mesir yang diangkat jadi latar belakang kisahnya. Tiga bukunya sama-sama tebal, tapi dijamin bikin betah bacanya karena tensi ceritanya bisa dijaga dari awal sampai akhir.

6. ILLUMINAE (2015) 

Kady baru saja minta putus dari pacarnya, Ezra, pagi tadi. Siang harinya, planet tempat tinggalnya mendapat serangan invasi. Di tengah gempuran misil, ledakan bom dan kehancuran, Kady dan Ezra terpaksa bekerjasama untuk bisa menuju pesawat evakuasi. 

Nggak cukup sampai di situ, menyebar wabah mematikan yang bermutasi dan menyerang sistem AI di pesawat mereka. Kini Kady menyadari satu-satunya orang yang bisa membantunya adalah sang mantan pacar yang baru saja disumpahi nggak akan diajaknya bicara lagi. 

Apa yang membuatnya menarik? Novel ini nggak terdiri dari paragraf demi paragraf seperti novel kebanyakan. Kisahnya dibangun dari serangkaian dokumen mulai dari hasil wawancara, dialog di internet, laporan kamera pengawas dan lain-lain. Format yang unik ini akan membuat kita terjaga semalaman untuk terus membacanya. 

7. SIX OF CROWS (2015) 

Sudah nonton Shadow and Bone di Netflix? Kisahnya diadaptasi dari dua series novel berbeda yang terjadi di universe yang sama: Six of Crows dan Shadow and Bone. Six of Crows berpusat pada kisah Kaz Brekker dan gengnya untuk menyelesaikan misi berbahaya demi bertahan hidup di Ketterdam. 

Petualangan Kaz nggak selamanya mulus karena anggota gengnya terdiri dari sekumpulan orang-orang buangan yang cenderung berbahaya. Selain menyelesaikan misi, mereka harus terlebih dahulu menyelesaikan masalah pribadi masing-masing yang bisa membahayakan anggota lainnya. 

Apa yang membuatnya menarik? Karakter dari keenam Crows digarap dengan sangat baik. Alur maju mundur membuat pembaca bisa memahami keputusan yang diambil tokoh-tokohnya. Ada banyak quotes menarik yang cocok dibuat caption Instagram. 

BACA JUGA: REVIEW LITTLE PRINCE: NOVEL TIPIS, FILOSOFIS, MASTERPIECE 

Nah, itu dia rekomendasi beberapa novel fantasi yang dijamin akan membuat kalian terus melanjutkan ke halaman selanjutnya. Selamat membaca! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read