Beauty

JANGAN ASAL BELI, CATAT 5 INGREDIENTS TERBAIK UNTUK ANTI-AGING

Kalau kamu sedang mencari skincare anti-aging, sebelum membeli, ada baiknya cari tau dulu kandungan apa saja yang harus ada di dalamnya, jangan asal beli! Psst, ada rekomendasi produknya juga lho, baca sampai akhir ya.

title

FROYONION.COM - Persoalan skincare memang sulit untuk disederhanakan karena kebutuhan tiap orangnya pasti berbeda-beda, disesuaikan dengan jenis, kondisi kulit, serta usia kita. 

Nah, sudahkah kamu mencari tau apa kebutuhan kulitmu saat ini? 

Kalau usiamu memasuki 25 tahun ke atas, itu tandanya kamu mulai memerlukan skincare yang berfokus pada age-delay atau anti-aging.

Memasuki masa penuaan, kondisi kulit akan mengalami perubahan seperti munculnya kerutan, kendur, hingga flek hitam. Memang sih, menjadi tua adalah suatu fase yang normal, namun bukan berarti kamu menjadi abai dalam merawat kesehatan terutama kesehatan kulit.

BACA JUGA: MENGENAL PERBEDAAN SERUM, ESSENCE, DAN AMPOULE DALAM DUNIA SKINCARE

Dalam mencegah atau memperlambat efek penuaan kulit, selain dengan menjalani pola hidup yang sehat, kamu juga bisa mulai memakai produk skincare yang difokuskan untuk anti-aging.

Melihat kemampuan anti-aging skincare product dalam mencegah penuaan kulit, tak jarang ingredients yang terkandung membuat harganya jadi lebih mahal dibanding yang lain, padahal tidak semua kandungan di dalamnya benar-benar kita perlukan.

5 INGREDIENTS TERBAIK UNTUK ANTI-AGING MENURUT DERMATOLOGIS

Untuk mengetahui ingredients apa saja sih yang sebenarnya kita perlukan untuk memulai perawatan anti-aging, simak informasi di bawah ini!

1. SUN PROTECTION FACTOR (SPF)

Dalam sebuah video, Dr.Dray, seorang dermatologis, menjelaskan bahaya sinar radiasi matahari untuk kulit, yaitu dapat menyebabkan kerusakan dan memicu penuaan dini. Bukan hanya sinar matahari langsung ketika kamu keluar rumah, tapi juga yang terpancar melalui jendela. 

Dalam prosesnya, sinar UV dari matahari bisa menaikkan produksi enzim matrix metalloproteinases pada kulit, dan akan mendegradasi atau menurunkan level kolagen kulit yang menyebabkan timbulnya kerutan dan fine lines.

Di sini lah SPF berperan penting. SPF dapat digunakan untuk melindungi kulitmu dari kerusakan dan masalah yang ditimbulkan sinar radiasi matahari. Umumnya ingredients ini bisa kamu temukan di sunscreen, namun juga dapat kamu temukan pada makeup product seperti foundation.

Rekomendasi produk: Azarine Hydramax-C Sunscreen Serum SPF50 PA++++, Skin Aqua UV Moisture Milk SPF50, dan Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA++++.

2. GLYCOLIC ACID

Apakah kamu pernah melakukan eksfoliasi atau chemical peeling? Kalau iya, kemungkinan besar kamu sudah bersentuhan dengan ingredients yang satu ini. 

Sama seperti malic acidlactic acid, dan citric acidglycolic acid juga masih masuk ke dalam golongan alpha hydroxy acid (AHA). Mereka adalah senyawa kimia yang membantu dalam proses eksfoliasi. 

Glycolic Acid berperan untuk melarutkan ‘lem’ yang merekatkan sel-sel dalam kulit. Perannya itu bisa membantu mempercepat pergantian kulit dan pengelupasan sel kulit mati dari permukaan. 

BACA JUGA: 5 REKOMENDASI SKINCARE LOKAL YANG PAS DI KANTONG ANAK MUDA

Penumpukkan sel kulit mati akan membuat tekstur kulit menjadi kasar dan kusam. Sehingga, pembersihan secara rutin dengan eksfoliasi bisa membantu permukaan kulit menjadi lebih bersih. Ketika kulit kamu bersih, maka penggunaan produk lain bisa menjadi lebih maksimal karena produk bisa terserap sempurna. 

Dengan dosis dan pemakaian yang tepat, kulit akan terasa lebih halus dan terhidrasi, bahkan untuk pemakaian jangka panjang bisa menyamarkan kerutan akibat produksi kolagen dalam tubuh yang ikut meningkat. 

Rekomendasi produk: PIXI Glow Tonic, SOMETHINC Glow Maker AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner, dan Nacific AHA BHA Serum.

3. NIACINAMIDE

Tanpa kita sadari, sebenarnya sinar UV bersifat oksidatif dan dapat menghasilkan radikal bebas. Bahayanya, radikal bebas ini akan terakumulasi di dalam kulit dan dapat memicu terjadinya penuaan dini, kerusakan sel, hingga kanker kulit.

Serem juga ya? Tapi jangan khawatir, ada senyawa-senyawa yang memiliki peran untuk mencegah atau memperlambat kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas, salah satunya adalah niacinamide. Selain tugasnya itu, pemakaian niacinamide juga dapat membantu meredakan kemerahan dan hyperpigmentation pada kulit. 

Rekomendasi produk: Whitelab Intense Brightning Serum, Avoskin Serum (Azeclair 10%, Kombucha 3%, Niacinamide 2,5%), dan Aubree Skin Niacinamide Booster.

4. RETINOL

Retinol adalah active ingredients yang paling digadang-gadangkan, walaupun sampai saati ini, masih sering terjadi perdebatan dalam penggunaannya. 

Retinol juga merupakan salah satu zat yang masuk dalam golongan vitamin A. Vitamin A sendiri mempunyai banyak manfaat untuk kulit, diantaranya memperbaiki sel kulit yang rusak, membantu mengurangi kerutan, memperlambat penuaan dini, dan melindungi kulit dari kerusakan lain yang disebabkan oleh sinar UV. 

Walaupun memiliki segudang manfaat, penggunaan retinol tidak bisa sembarang. Ada beberapa orang dengan kondisi tertentu yang tidak dianjurkan untuk memakainya. Selain itu, dalam penggunaan retinol dianjurkan untuk dimulai dari dosis yang paling rendah agar kulit tidak kaget serta untuk mengurangi efek samping pemakaian.

Rekomendasi produk: Avoskin Miraculous Retinol Ampoule, Skintific Gentle-A Retinol Renewal Serum, dan Whitelab Retinol Treatment Serum.

5. HYALURONIC ACID

Secara alamiah, hyaluronic acid diproduksi di dalam tubuh kita. Namun, dengan pertambahan usia, pasokan hyaluronic acid akan berkurang dan bisa menyebabkan dehidrasi serta memicu munculnya keriput. Untuk itu, kita membutuhkan hyaluronic acid tambahan yang bisa didapatkan melalui produk skincare atau mengonsumsi makanan tertentu.

Hyaluronic acid sendiri bertugas untuk memberikan hidrasi atau kelembaban dengan cara mengunci kandungan air yang ada di kulit kita.

Kulit sehat yang terhidrasi akan terlihat lebih kenyal dan lebih cerah. Sedangkan sebaliknya, kulit yang tidak tidak terhidrasi dengan baik akan terlihat kering, kasar, kusam, hingga kemerahan. Bukan cuma tidak enak dipandang mata, tapi dehidrasi pada kulit juga bisa membahayakan kulit kita seperti gatal-gatal hingga menyebabkan luka atau lecet.

Rekomendasi produk: True To Skin Multi Hyaluronic Hydrating Serum, Avoskin Ultimate Hyaluron Hyacross 3%+ Greentea, dan Something HYALUronic9+Advanced+B5 Serum. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

E. Nur Badriah

Seorang taurus dan babu dari seekor kucing persia