Trends

SUPAYA KELAS DARING NGGAK GARING DAN BIKIN PENING

Daripada nyoret-nyoret layar Zoom, protes supaya kelasnya buruan bubar, apalagi sampe isengin gurunya, mending lakuin ini aja deh ya dik-adik.

title

FROYONION.COM Semua berawal saat sekolah dan kampus diliburin 2 minggu pada Maret 2020. Semuanya pada hura-hura karena libur panjang dan nggak harus ngerjain PR tiap hari. Apalagi nggak perlu ketemu guru atau dosen killer yang masuk ke kelasnya aja bisa bikin keringet dingin kayak nahan berak.

Tapi ternyata libur makin panjang, saking panjangnya keterusan sampe setahun lebih. Jadilah sampe sekarang semua pada masih sekolah online. Fenomena sekolah daring yang cuma butuh gadget dan nampang di video call awalnya masih sedep tuh. Bangun tidur tinggal ngesot ke meja, buka laptop, join kelas sambil diem-diem makan, nonton YouTube, bahkan masih sempet nge-war bareng guild. 

Tapi lama-kelamaan, kayaknya adik-adik ini makin bosen ya. Rasanya gatel banget pengen ketemu temen, main ‘bentengan’ di jam istirahat, nongkrong di cafe sambil ngerjain tugas, atau mungkin juga kangen suasana ruang kelas yang dipenuhi segudang cerita. 

Mungkin karena bosen ini, akhir-akhir ini banyak video beredar di sosial media tentang nggak lazimnya kelakuan anak jaman sekarang. 

Kalian penikmat TikTok terutama yang cuma nonton tanpa bikin video, mungkin juga pernah liat video yang diunggah sama akun @shabarajaa yang videonya bisa kamu tonton di sini. Dari video tersebut tampak situasi kelas daring dimana gurunya lagi asik-asik jelasin. Tiba-tiba di tengah pelajaran ada salah satu anak dengan display name ‘X ATPH 2_BRAIN NAFIS ARRAIN’ (nama apaan sih ini??) yang heboh bener ngerusuhin suasana belajar.

Mulai dari nyorat-nyoret layar Zoom pakai fitur annotation yang bikin PPT gurunya jadi ketutupan coretan dia. Gak cuma itu tapi dia juga berani ngomong “Pak atuh pak bubar Zoom na meuni lila-lila teuing,” yang artinya “Pak ayo buruan bubar Zoomnya lama banget sih,”. Begitu ditegur masih bisa guyon dengan bilang khilaf dan ngaku-ngaku Satpol PP (ini gue nggak nemu sih lucunya di mana). 

Walaupun muncul dugaan kalau dia penyusup yang iseng masuk ke kelas orang lain, jelas apa yang dia lakuin nggak ada sopan-sopannya sama sekali. Interupsi orang yang lagi ngomong aja udah nggak sopan, apalagi sampe ngisengin guru yang lagi ngajar. Selain bikin suasana kelas daring jadi nggak kondusif, dia juga bikin citra anak zaman sekarang ikut kelihatan nakal. 

Tapi, emang bener ya anak jaman now kurang ajar?

ADA APA DENGAN GEN Z?

Sejumlah omongan dan desas-desus miring soal generasi Z (kelahiran 1995-2010) udah menyebar dan sayangnya mayoritas sih buruk. 

Ada yang bilang gen Z nggak tahu sopan santun karena lebih milih untuk ceplas-ceplos bilang apa yang mereka rasain dan pikirin. Ditambah lagi karena mereka lahir di masa internet dan digitalisasi merajalela, untuk beradaptasi dengan sosial media adalah hal kecil. 

Sayangnya karena sekarang semuanya serba daring, cara generasi Z untuk berpendapat jadi bisa dibilang ngawur. Merasa semua orang di sosial media adalah ‘teman dekat’ karena kedekatannya yang memang menjadi tujuan dari sosial media itu sendiri, membuat mereka lupa akan batasan-batasan yang seharusnya tetap ada. 

Makanya nggak heran kalau banyak komentar-komentar kurang sopan yang ditemukan di sosial media adalah salah satu produk gagal generasi Z (ya walaupun ada juga sih para millenials dan bahkan boomers yang ikut-ikutan). 

Memang ada bejibun faktor yang bikin gen Z bisa punya ciri khas yang kurang elok ini. Tapi menurut pemikiran gue, ada satu faktor unik yang mungkin jarang kepikiran juga sama kalian.

GEN Z NGGAK MELEWATI MASA SURAT-MENYURAT

Para boomers dan millennials pasti melewati masa-masa harus kirim surat dan menunggu balasan yang bisa berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Paling deg-degan sih biasanya kalau nungguin kabar dari pujaan hati, bahkan bisa lebih deg-degan dibanding nunggu balasan kabar dari orang tua di kampung. 

Masa-masa surat-menyurat yang tentunya butuh skill menulis ini sayangnya nggak dirasakan sama anak gen Z. Padahal kemampuan untuk bisa mengutarakan perasaan dan pendapat lewat tulisan itu sama sekali nggak mudah loh. Ada proses berpikir yang jauh lebih panjang saat seseorang ingin menulis surat, keterlibatan perasaan untuk sabar menunggu dan tidak terburu-buru, juga tentunya keahlian memilih rangkaian kalimat yang bisa mewakilkan perasaannya. 

Semua ini bisa jadi terlewatkan di masa digital waktu semua orang bisa bales chat sesingkat mungkin. Paling mentok surat-menyurat zaman sekarang ya pakai email yang kebanyakan untuk urusan profesional, bukan sehari-hari. 

Tahun 2017 lalu di Ubud, Bali, diselenggarakan acara Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) yang mencoba nge-recall lagi masa-masa kejayaan surat-menyurat. Dilansir dari Rappler, Emilie Zoey Baker, seorang penyair asal Australia yang juga menjadi MC dalam acara tersebut berkata, “Di dunia modern semuanya serba instan, tidak ada lagi keinginan menunggu akan sesuatu. Sedangkan dengan berkorespondensi, kita belajar seni menunggu dan kerinduan akan menerima balasan”. 

Romantisme surat-menyurat jadi pondasi yang cukup mempengaruhi cara generasi bapak-ibu kita berkomunikasi. Sayangnya begitu anak-anak mereka lahir, gen Z, tren surat-menyurat mulai luntur dan nggak jadi salah satu ajang mengasah keterampilan berkomunikasi dalam tulisan buat mereka. 

Jadinya ya gen Z cenderung cas-cis-cus aja kalau menulis, dalam hal ini berkomentar dan berpendapat di sosial media, tanpa memikirkan ulang dampak dari perilaku mereka. Di sisi lain gen Z punya kelebihan untuk berani mengemukakan pendapat, walau tentunya cara berpendapatnya masih harus diasah. 

SARAN BUAT KALIAN YANG KURKER SELAMA KELAS DARING

Setelah paham kenapa gen Z kadang jempol dan mulutnya kayak keran bocor, gak afdol rasanya kalau belum kasih solusi. 

Sekarang buat kalian yang lagi baca dan kebetulan lagi sekolah daring juga, gue ada beberapa tips supaya kalian bisa mengalihkan energi berlebihan yang kalian punya supaya bisa dipake buat hal-hal positif.

Kalo di kelas, ya belajar. Gue paham kok bosen dan lelah banget belajar daring. Tapi coba bener-bener fokus untuk belajar selama kelas. Sesederhana buka kamera juga bisa bikin lo lebih ngerasa di kelas kok. Gue juga paham pasti rasanya males banget buka kamera, apalagi kalo nggak ada temen yang nampakin muka juga. Tapi percaya deh, guru atau dosen kalian akan sangat berterima kasih kalau kalian mau buka kamera. Mereka bakal ngerasa nggak sekedar ngomong sama layar doang dan nggak ngerasa sendiri.

Juga masukan buat para pengajar, mengajar hanya untuk formalitas belaka sama sekali bukan jawaban untuk meredakan perilaku murid yang kadang kurang ajar. Berinovasi dengan cara mengajar jadi lebih interaktif dan seru juga jadi salah satu PR Anda. Kalau cuma sekedar share PPT saja, murid dijamin cepet bosen, pak/ bu. Boleh kok sekali-kali diselingi dengan nonton film yang berhubungan sama materi, kasih tugas yang lebih seru dibanding merangkum, dan sharing cerita-cerita receh selama kelas supaya nggak garing. 

Kedua, temuin cara belajar yang paling cocok buat lo. Kalau lo cocoknya dengerin penjelasan, yaudah coba rekam materi kelasnya. Kalau lo cocoknya nulis catetan aesthetic, ya udah coba nyatet selama kelas dan hias buku catetan lo. Kalau lo ga cocok dengerin guru dan males nyatet, mungkin lo butuh eksperimen langsung. 

“Gue salah satu orang yang kalau belajar butuh praktek langsung. Makanya gue selalu cari cara buat bikin belajar itu lebih fun sesuai yang gue mau. Misal kalau lagi belajar Bahasa Indonesia, gue coba ambil novel di rumah dan baca novel itu. Misal lagi materi nemuin inti paragraf, yaudah gue coba cari tuh inti dari paragraf dari novel yang gue baca,” jelas Reza, anak kelas 11 SMA yang juga struggling sama kelas daring. 

Terakhir, cari hobi. Anak-anak zaman sekarang kalau dilihat-lihat keren-keren loh hobinya. Ada anak 12 tahun yang udah bisa ngedit video sekelas editor profesional. Dari yang tadinya cuma hobi, bisa dikembangin jadi skill yang bisa ngehasilin duit. 

Lo mungkin juga bisa cari-cari hobi yang tentunya positif. Gambar, nulis, nyanyi, nari, main game bahkan koleksi photo card idol juga bisa kok jadi hobi yang positif. Temukan apa yang lo senengin dan arahkan sisa energi lo untuk mengembangkan hobi itu. Kalau dipikir-pikir bahkan MLM jauh lebih menguntungkan kan dibanding ngerusuhin kelas? 

Intinya ada banyak cara bikin belajar daring jadi lebih menyenangkan dan itu semua juga bergantung sama kemauan lo untuk belajar. Bosen sama rutinitas daring yang gitu-gitu aja boleh kok. Tapi melampiaskannya dengan cara ngisengin guru yang ngajar sama sekali bukan cara yang elegan. (*/Grace)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.