Trends

PEMAIN NBA PAKE BATIK KHAS BLITAR DI PREGAME FITS: BUKAN SEKEDAR OVERPROUD

Justin Holiday, pemain basket dari tim Sacramento Kings memposting foto dirinya pake batik untuk pregame fits NBA. Banyak netizen Indonesia yang komentar di postingan Justin, apakah ini masih tergolong tindakan yang ‘overproud’?

title

FROYONION.COM - Salah satu pemain basket NBA yaitu Justin Holiday belakangan ini menggemparkan netizen Indonesia, Civs. Justin yang sekarang membela tim Sacramento Kings ini sempat mengunggah foto dirinya yang lagi memakai batik tulis khas Blitar untuk jadi pre-game fits di salah satu pertandingan ketika ia masih membela Indiana Pacers.

NBA emang erat kaitannya sama dunia fashion. Biasanya, sebelum pertandingan dimulai, para pemain ini berjalan layaknya fashion model di koridor stadion untuk masuk ke ruang ganti pemain. Di momen ini, Justin Holiday memakai batik pesanannya dari pasangan suami istri pengrajin batik tulis asal Blitar, yaitu Yogi Rosdianta dan Santika.

Ke depannya, batik tulis khas Blitar buatan Yogi bakal jadi souvenir NBA juga, Civs.

Foto tangkapan layar komentar netizen terhadap batik blitar yang dipakai pemain NBA
Komentar-komentar bangga netizen Indonesia. (Sumber: Instagram @justholla7)

Lewat posting-an Justin Holiday beberapa waktu lalu, banyak komentar-komentar netizen asal Indonesia yang bilang bangga kalo batik lokal bisa dipake sama figur atlet NBA.

Foto tangkapan layar instagram story yogi rosdianta tentang batik blitar
Batik khusus Justin Holiday buatan Yogi Rosdianta. (Sumber: Instagram @justholla7)

Berhubung Justin Holiday termasuk ke dalam ‘paket’ pertukaran pemain antara Indiana Pacers dan Sacramento Kings sesaat setelah doi upload foto pake batik, Yogi menerangkan bahwa pembuatan batik khusus Justin Holiday bakal menunggu informasi dan keterangan lebih lanjut dari sang pemain.

Akibat dari viralnya unggahan Justin Holiday, Yogi mengakui banyak orang luar kota yang memesan batik buatannya.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memberikan pernyataan bangga terhadap batik khas Blitar yang udah dipakai pemain NBA di Amerika.

“Semoga usai dipakai kondangan dan jalan-jalan oleh pebasket NBA, roster Indiana Pacers, Justin Holiday, Batik Tulis Blitar - Jawa Timur semakin terkenal dan mendunia. Yang masih pakai batik printing, yuk beli batik buatan tangan-tangan terampil pembatik Jawa Timur,” jelas Khofifah lewat unggahan Instagram feed-nya.

Selain Khofifah, ada sosok analis basket asal Indonesia yaitu Rocky Padila yang juga saling mention di Instagram story sama Justin Holiday.

foto tangkapan layar instagram story rocky padila tentang batik khas blitar di NBA
Komentar Justin Holiday terhadap story Rocky Padila. (Sumber: Instagram @justholla7)

Nah, beberapa pernyataan dan komentar masyarakat Indonesia ini bukan sekedar overproud, Civs. Pengenalan budaya dan warisan lokal secara luas terhadap masyarakat dunia itu memang perlu dilakukan. Terlepas komentar positif apapun yang diberikan netizen kita di unggahan Justin Holiday.

Siapapun figur yang memakai batik Indonesia di luar negeri, tentunya akan memberikan dampak positif yang besar bagi para pegiat batik di Indonesia. Harapannya, hal yang udah dilakukan sama Justin Holiday bisa memberikan awareness ke para pemain NBA lainnya supaya nantinya bisa cobain pake batik khas Indonesia juga. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.