Viral

MENGULIK LEBIH DALAM TREN FASHION “BLOKE CORE” YANG LAGI VIRAL DI TIKTOK

Sebuah tren fesyen bernama ‘Bloke Core’ sedang happening dan hangat diperbincangkan oleh warganet di TikTok. Apa sebenarnya tren ini? Simak selengkapnya, Civs.

title

FROYONION.COM - Dunia kreatif anak muda yang semakin inovatif dan informatif dengan internet menjadikan segalanya mudah dan cepat tersampaikan, fesyen bloke core ini juga termasuk salah satunya. 

Tren fesyen bloke core mungkin juga bisa menjadi salah satu inspirasi buat lo untuk mencoba eksplorasi dan bisa menambah referensi buat lo untuk bergaya lebih simpel, santai tapi tetep pengen terlihat sporty.

Kalo lo perhatiin belakangan ini FYP di TikTok banyak banget konten kreator membahas dan ikut menirukan sebuah trend wave yang digandrungi kawula muda Indonesia bahkan dunia yaitu tren fesyen yang bernama bloke core. Tapi tau nggak si lo tren ini apa? 

Sebenarnya tren ini bermula dari tren fesyen yang ada di platform Tiktok yang disebut dengan ‘Fashion Tok’ yang awalnya dimulai dan diperkenalkan oleh seorang konten kreator yang bernama Brandon Huntley di platform tersebut.

Di setiap unggahan video TikTok-nya ia sering mengenakan style yang unik dan cukup simpel yaitu dengan ciri khasnya yang menggunakan jersey football yang dipadukan dengan celana jeans atau chinos regular dan sepatu casual

Kalo dilihat dari look bloke core ini memang terlihat simple dan casual, tapi inilah sebenarnya tujuan dan esensi dari style tersebut.

Foto Brandon Huntley [ sumber https://i.kym-cdn.com/photos/images/original/002/351/674/03f.png ]
Foto Brandon Huntley [ sumber https://i.kym-cdn.com/photos/images/original/002/351/674/03f.png ]

Meskipun style bloke core ini bisa dibilang nggak terlepas dari style ‘scumbro’ trend casual wear yang berhasil dibawa oleh aktor seniman terkemuka Amerika Serikat yaitu Jonah Hill dan Pete Davidson. 

Kemudian malah baru-baru ini style tersebut kembali mencuat di permukaan dan mulai digandrungi oleh para anak muda indonesia dan menjadi tren baru di tahun 2022 ini, serta tentu juga mempengaruhi pada pergerakan dunia fashion khususnya ‘fashion tok’ tadi.

Foto Jonah Hill mengenakan jersey basket [Foto; Pinterest]
Foto Jonah Hill mengenakan jersey basket [Foto; Pinterest]

Memang nggak bisa dipungkiri bahwa sekilas outfit bloke core ini hampir terlihat mirip seperti mengadopsi style dari subculture kelompok fans sepak bola yaitu casual hooligans. Namun, apakah iya? 

[Foto; Pinterest]
[Foto; Pinterest]

Sebenarnya jika kita lihat lebih detail lagi sebenarnya nggak loh, malah style casual hooligans sendiri dalam berpakaian nggak pernah menggunakan atribut logo atau jersey yang menunjukan identitas mereka saat menonton sepak bola atau saat berpakaian, karena tujuannya yaitu untuk penyamaran dalam kerumunan dan menghindari kejaran aparat apabila saat terjadi kerusuhan di stadion. 

Ya memang, walaupun ada beberapa parts yang terlihat sama dengan style hooligans yaitu contohnya pada bagian pinggang ke bawah yang menjadikan look bloke core ini hampir sama dengan outfit style hooligans seperti misalnya dengan memadupadankan celana regular jeans dan sepatu adidas samba og, atau menggunakan short pants dengan sepatu adidas casual dan produk-produk casual sporty lain seperti brand Kappa, Lacoste, dll. Hanya saja yang membedakan antara tren bloke core dengan style lain yakni style bloke core biasanya menggunakan jersey bola/olahraga.

Tapi ya balik lagi ke diri kita serta referensi tentang style tersebut karena menurut gue  dalam seni fashion maupun hal apapun yang berbau seni nggak ada sesuatu batasan yang pakem, misal style bloke core harus menggunakan jersey bola atau style tersebut harus pake sepatu Adidas, dan lain-lain. 

Kalo memang lo pengen mencoba dan bereksplorasi dengan cara lo sendiri yaitu dengan mix and match with your jersey ya silakan aja. Mungkin dengan jersey basket atau mungkin jersey tim futsal favorit lo, misalkan. Asalkan kalo dipake cocok aja si. Jadi kalo kalian pengen cobain style atau tren ini dengan versi lo sendiri ya fine aja, asalkan nggak menghilangkan sense dari style itu sendiri.

Kalo dilihat secara look style block core ini memang terkesan santai dan sederhana namun tetap tidak menghilangkan unsur sporty di dalamnya. Outfit ini sangat cocok untuk lo yang males ribet dan suka dengan gaya santai tapi sporty. Lo bisa coba berpakaian dengan style bloke core ini buat pergi nongkrong santai di cafe, nonton bola/nobar bola atau lo juga bisa coba style ini hanya buat sekadar pergi ke minimarket/mall juga oke.

Nah, jadi gimana, Civs? Apa kalian tertarik mencoba tren fesyen bloke core ini?

Comment below! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Tegar Widodo

Freelancer