Viral

MAT RONA, SEORANG DRIVER KREATIF YANG VIRAL LEWAT POSTINGANNYA DI LINKEDIN

Menjadi seorang pencari kerja emang nggak mudah. Tapi, seorang truck driver asal Indramayu mendadak jadi viral di LinkedIn, karena surat lamaran terbuka dan CV kreatifnya yang mengundang banyak dukungan dari netizen.

title

Seorang driver asal Indramayu bernama Mat Rona sempat jadi perbincangan hangat di sosial media. Dirinya mem-posting surat lamaran kerja secara terbuka untuk posisi supir truk dan operator alat berat di platform berbagi informasi di dunia kerja, yaitu LinkedIn.

Dalam posting-an itu, Mat Rona menjelaskan kalo dirinya merupakan lulusan SD dan mencantumkan pengalamannya menjadi supir dan operator alat berat di beberapa perusahaan sejak tahun 2013. 

“Dengan segala rasa hormat, saya memohon informasi kepada Bapak / Ibu pimpinan jika ada yang membutuhkan tenaga / skill, saya bersedia ikut bekerja sebagai apapun asal bisa kerja. Saya sudah dua bulan tidak bekerja, hampir setiap hari berkeliling mencari pekerjaan di Jakarta dan tak pernah mendapatkan informasi kerja,” tulis Mat Rona.

Surat terbukanya ini pun langsung menuai banyak komentar positif dan dukungan dari banyak orang. Mat Rona juga mencantumkan CV-nya agar lebih jelas dan menarik. Nggak sedikit yang memberikan informasi bahkan menawarkan pekerjaan secara langsung kepada Mat Rona di posting-annya tersebut.

CV Mat Rona yang dicantumkannya di LinkedIn.
CV Mat Rona yang dicantumkannya di LinkedIn. (Sumber: LinkedIn Mat Rona)

 

Ada juga orang yang memberikan saran ke Mat Rona untuk memperbaiki CV-nya supaya bisa lebih informatif bagi HRD. Dirinya menjelaskan untuk saat ini proses pembuatan CV masih menggunakan sistem copy paste di HP, dan dirinya juga masih mempelajari cara menggunakan aplikasi pembuatan CV itu.

Menurut artikel yang dipublikasi oleh Kompas.com, hingga tanggal 24 Maret 2020 kemarin, Mat Rona masih belum mendapatkan pekerjaan, dirinya masih ada di tahap pengajuan lamaran.

Meskipun begitu, Mat Rona merasa antusias dan bahagia karena banyak orang yang mendukung dirinya untuk mendapatkan pekerjaan secepatnya.

Cara kreatif seorang driver ini bisa menjadi contoh yang baik bagi teman-teman pencari kerja lainnya – utamanya bagi sesama driver. Bahwa kerja keras dan keinginan yang tinggi untuk mau terus belajar dan melek digital menjadi hal yang dibutuhkan di era digital seperti sekarang.

Dirinya yang memang masih belajar dalam membuat CV, lalu memanfaatkan platform LinkedIn sebagai alat dalam mencari pekerjaan dirasa menjadi usaha cukup tepat. Semoga kreativitasnya dalam mencari pekerjaan ini membuahkan hasil yang manis! (*/)

BACA JUGA: “CARA KREATIF MASYARAKAT SIAK BUAT GALAKKAN KESADARAN LINGKUNGAN”

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.