Viral

LIVE DI TIKTOK BISA DAPET 35 JUTA DALAM SEBULAN, GIMANA SIH CARANYA?

Twit dari akun bernama @gibranhuzaifah bilang kalo tukang cukur langgananannya bisa dapetin Rp35 juta dari live di TikTok dalam sebulan. Kok bisa ya?

title

FROYONION.COM - Cari penghasilan tambahan lewat sosial media jadi hal yang cukup umum di zaman sekarang. Beberapa waktu lalu, ada satu tweet yang cukup viral yang menceritakan tentang pengalaman seorang pekerja tech startup yang diajarin seluk beluk ‘TikTok live’ sama tukang cukur rambutnya. 

Katanya, mamang tukang cukur rambutnya ini bisa menghasilkan kurang lebih Rp35 juta per bulan cuma dengan nyanyi-nyanyi dan ngobrol sama penonton di TikToknya dari jam 8 sampai jam 12 malam, menggiurkan banget kan ya?

Nah, kalo penghasilan bisa sampai 2 digit per bulan dari live doang, pastinya bikin banyak orang makin penasaran dan tergiur buat ikutan ya.

Terus, hal apa sih yang harus dilakukan supaya bisa dapet penghasilan sebesar itu?

KASIH GIMMICK DULU GAIS

Pertama-tama, setidaknya lo harus punya 1000 followers dulu untuk bisa live di TikTok, Civs. Era yang apa-apa serba viral kayak sekarang, gue rasa untuk meraih 1000 followers itu masih terhitung mudah. Lo cukup upload beberapa video yang tap in ke musik yang lagi viral, ikutin tren, dan mungkin aja 1000 followers pertama bisa diraih di 1–2 bulan pertama.

Nah, kalo persyaratannya udah terpenuhi, di bulan selanjutnya opsi live bakal muncul di akun TikTok lo. Tapi, sebelum lo nge-live, lebih baik lo kasih gimmick dulu berupa video pengantar sebelum live.

Biasanya, akun-akun yang suka live kegiatan absurd ini selalu kasih konten berupa video perkenalan, kayak ngejelasin kegiatan apa yang mau dia lakukan, dan kalo kita (sebagai audience) penasaran, kita bisa langsung nonton live di akun TikTok-nya.

Video pengantar dan video live kalo bisa di-upload di waktu bersamaan, Civs.

Jadi, kalo video pengantarnya masuk FYP, kemungkinan besar live lo bakal jadi rame, dan itu tentunya jadi hal bagus karena semakin memperbesar peluang lo untuk disawer atau di-gift sama audience lo.

CARI KEBIASAAN YANG NICHE

Nah, sama kayak akun mamang tukang cukur yang jago nyanyi, lo juga kudu punya satu kebiasaan yang unik, menarik, dan spesifik buat penonton nikmati.

Cara pertamanya adalah menemukan hobi atau sesuatu hal yang lo jago, nggak harus sesuatu yang berguna banget, yang penting menghibur.

Ada banyak banget contohnya, kalo lo sering bulak-balik buka TikTok, lock HP, 5 detik kemudian buka TikTok lagi, pasti udah nggak asing sama akun yang sering live sambil ngupasin cangkang telur, atau akun yang sering live sambil ngitungin beras.

Lo bisa contoh beberapa kegiatan absurd kayak gitu. Misalnya, lo bisa live nyanyi sambil mukbang makan pare, atau bisa juga menggambar sambil keramas di kamar mandi. Kuncinya, semakin absurd, maka semakin menarik dan mengundang orang-orang untuk ikutan nonton live lo, dan peluang lo untuk dapet saweran jadi makin tinggi.

BUAT AUDIENCE RELA KASIH GIFT YANG MAHAL

Dari sekian banyak akun absurd yang live di TikTok, mayoritas di antaranya demen banget ngelakuin hal ‘gila’ demi saweran yang bernilai fantastis.

Contohnya, ada orang yang rela mandi lumpur selama berjam-jam demi ‘menghibur’ audience-nya. Tanpa disangka-sangka, live kayak beginian bisa mendatangkan saweran yang nilainya gokil.

Contohnya ada gift ‘Singa’ dan ‘TikTok Universe’, yang masing-masing nilainya kalo dikonversikan jadi rupiah adalah sebesar Rp2.1 juta dan Rp2.5 juta.

Tapi, di samping nilai saweran yang fantastis itu, gue nggak menyarankan lo untuk ngelakuin hal yang membahayakan nyawa dan kesehatan, apalagi membahayakan orang lain ya, Civs. Terlebih, sekarang berkembang sebuah hashtag ‘#STOPGIFTORANGMALESKERJA’ dan ‘#STOPGIFTPENGANGGURAN’.

Kalo lo mau mencoba peruntungan untuk bikin live di TikTok, lebih baik lakukan kegiatan yang menghibur tanpa perlu mengorbankan kesehatan fisik dan mental. Semangat dan selamat mencoba! (*/)

BACA JUGA: FENOMENA NONTON FILM BAJAKAN DI TIKTOK: KALO ADA YANG GRATIS, KENAPA MESTI BAYAR?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.